Yang Terbaik Dan Teburuk Dari Game Jurassic Park

5 months ago

“Welcome to Jurassic Park!”

IP yang satu ini memang fenomenal. Berasal dari novel fiksi ilmiah “Jurassic Park” karangan Michael Crichton yang dibeli hak pembuatan film berdasarkan novelnya (bahkan sebelum novel Jurassic Park terbit di pasaran) oleh Universal Studios, film Jurassic Park menjadi fenomena pop culture dunia yang bertahan sejak era ‘90an. Novel Jurassic Park terbit tahun 1990 dan versi adaptasi film dari novel tersebut dirilis tahun 1993 oleh sutradara kawakan Steven Spielberg.

Jurassic Park kemudian menjelma menjadi sebuah franchise hiburan yang sukses besar. Dengan tema kisah yang cukup kompleks (rekayasa genetika), Jurassic Park tetap bisa menghibur semua golongan. Baik penggemar kisah-kisah fiksi ilmiah maupun penggemar film aksi biasa. Tidak perlu memahami kompleksitas dan kerumitan bagaimana proses penciptaan (atau kloning) berbagai dinosaurus yang ada di Jurassic Park. Tidak harus jadi ilmuwan maupun peneliti genetika. Karena saat mendengar suara T-Rex yang mengaum seram itu, siapapun akan ciut nyalinya.

Adegan legendaris T-Rex Jurassic Park. (Sumber: WLRN)

Layaknya sebuah franchise sukses (seperti misalnya Star Wars), Jurassic Park tentu saja memiliki lini produk lain selain novel dan film. Termasuk video game.

Tentu saja tidak semua video game dari franchise Jurassic Park ini bagus. Ada juga yang jelek. Ada lebih dari 20 judul sejak 1993. Bandingkan dengan film Jurassic Park yang sampai tahun 2018 ini baru berjumlah 5 judul saja.

Perlu diingat kalau penilaian “terbaik ATAU terburuk” selalu merupakan sebuah opini pribadi. Terbaik buat saya tentu saja belum tentu terbaik buat orang lain. Jadi kalau misalnya kamu punya opini berbeda, jangan ragu untuk menuliskannya di bagian komentar.

Yang Terburuk:

Jurassic Park III: The DNA Factor (2001). Platform: Game Boy Advance

Sumber: RomsMania

Mengambil setting Isla Sorna (pulau yang ada di film Jurassic Park II & III), pemain game ini diberikan misi untuk mengumpulkan DNA dinosaurus yang tercecer di sepanjang pulau tersebut akibat jatuh dari pesawat terbang. Game ini tidak lolos dari ‘kutukan’ game yang berasal dari film; kontrol buruk serta aksi yang membosankan.

Video walkthrough

Jurassic Park Interactive (1994). Platform: 3DO

Sumber: GameFAQs

Saya termasuk pemilik console 3DO sejak lama dan pernah memainkan game ini dulu. Dengan menggunakan ‘digitized real character’ yang sedang trending saat itu (seperti di Sega CD kontroversial “Night Trap”), game ini terasa tidak menarik. Gameplay yang asal jadi semakin membuat game ini tidak perlu untuk dimainkan ataupun dikoleksi buat saya saat itu.

Jurassic Park III: Danger Zone (2001). Platform: PC

Sumber: MobyGames

Dengan gameplay ala Board Game dan mendukung pemain hingga 4 orang sekaligus, Jurassic Park III: Danger Zone menampilkan gameplay bertema Jurassic Park dalam format berbagai mini games. Game yang dengan sangat cepat bisa jadi terasa membosankan saat dimainkan.

Video walkthrough

Yang Terbaik:

Warpath: Jurassic Park (1999). Platform: PlayStation

Sumber: LoveROMs

Dirilis dua tahun sebelum film Jurassic Park III, Warpath: Jurassic Park mengambil rute gameplay yang sedang sangat populer di masa itu; yaitu Fighting Game. Tentu jangan dibayangkan gameplay seluwes Street Fighter II atau Mortal Kombat; tapi setidaknya di game ini kita bisa melihat apakah T-Rex mampu mengalahkan Triceratops saat mereka berantem. Tapi itu tentu tergantung kehebatan dari pemain di game ini.

Jurassic Park: Operation Genesis (2003). Platform: PlayStation 2, Xbox & PC

Sumber: NicoBlog

Membangun Jurassic Park kita sendiri dalam gameplay mirip game simulasi sukses seperti “Roller Coaster Tycoon” dengan sebuah kondisi ekstrim: dinosaurus-nya dapat lepas dan mengacau keamanan pengunjung taman. Jurassic Park: Operation Genesis tergolong sukses besar di pasaran; bahkan fans modification dari game ini masih beredar dan dapat ditemukan di internet setelah 15 tahun berlalu.

Jurassic World Evolution (2018). Platform: PlayStation 4, Xbox One & PC

Sumber: GameTyrant

Dari tahun rilis dan platform yang digunakan sudah jelas menunjukkan kalau grafis di game ini akan berkelas ‘current gen’. Mengambil basis premise seperti Jurassic Park: Operation Genesis, game ini tampil keren dengan kualitas grafis tingkat tinggi, efek suara dahsyat dan gameplay yang seru; tentunya jika kamu merupakan penggemar game simulasi ‘membangun sesuatu’.

Jurassic Park: The Game (2011). Platform: PlayStation 3, Xbox One & PC

Sumber: NerdFarm

Dibuat oleh Telltale Games yang juga membuat game dari franchise “The Walking Dead” serta “Batman”, game ini menggunakan  gameplay point-and-click; yang jadi semacam ciri khas game-game dari Telltale Games. Walau situs Metacritic mengatakan kalau game ini “biasa-biasa saja tidak istimewa”, namun Jurassic Park: The Game memberikan sebuah pengalaman seru dalam nuansa seperti khas-nya game dari Telltale Games.

Jadi, yang mana favorit kamu?

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Audiobook Ready Player One. Sumber gambar: kissmywonderwoman.com

Mengupas Trailer Ready Player One yang Seru Banget!

“Ready Player One” sejatinya bukanlah film yang berasal dari video game. Elemen video game di film ini adalah tema. .. more

header alex desktop

Who Killed Captain Alex – Bukti Kalau Film Asyik Bisa Dibuat Dengan Dana Terbatas

Who Killed Captain Alex dibuat dengan budget kurang dari 3 juta Rupiah di Uganda. Meski kualitasnya di bawah rata-rata, .. more

Review anime Mahou Shoujo Site: Seburuk-buruknya manusia, selalu ada yang lebih buruk

Dari puluhan anime yang ditayangkan pada musim semi 2018, ada beberapa anime yang bisa memberikan kesan mendalam kepada .. more

The Great Wave off Kanagawa by Katsushika Hokusai. (Sumber: wikipedia)

The Great Wave off Kanagawa, Karya Seniman Hokusai yang Mendunia

Siapa sih yang gak pernah melihat karya seni dari Katsushika Hokusai yang bernama “The Great Wave off Kanagawa”? Kar.. more

Wotaku Ni Koi Wa Muzukashii / Love is Hard for Otaku. (Sumber: fandompost)

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Otaku dan Anime Wotaku Ni Koi Wa Muzukashii, Love is Hard for Otaku

Wotaku Ni Koi Wa Muzukashii mengisahkan pasangan kantor yang keduanya otaku. Apakah kehidupan otaku bisa harmonis dengan.. more