Yayoi Kusama: Polkadot Queen Asal Jepang yang Mendunia

1 year ago
Yayoi Kusama. (Sumber: highsnobiety)

Kalau kamu dengar nama Yayoi Kusama, pasti teringat dengan polkadot. Yap, seniman asal Jepang ini termasuk sebagai salah satu seniman yang paling berpengaruh di dunia loh. Hasil karyanya yang paling unik dan ikonik dikenal penuh dengan motif polkadot, jaring, dan Infinity Rooms. Kusama sudah menghasilkan karya sejak tahun 1950an, dimana pameran seni-nya identik dengan motif menarik dan warna cerah. Kusama selalu memanfaatkan ruang dalam menghasilkan seni-nya. Salah satu karya yang banyak dipuja oleh para penikmat seni ada Infinity Mirror Room, yaitu ruangan dengan tinggi 15 kaki yang setiap sisi temboknya adalah cermin dengan cahaya lampu LED di dalamnya. Disana orang menyaksikan jutaan cahaya lampu yang tersebar ke penjuru ruang, membuat kamu seakan sedang masuk ke dalam ruang tanpa sudut dan batas.

Willamazing, salah satu influencer terkenal berfoto di salah satu ruang seni Yoyoi Kusama. (Sumber: Pale Division)

Willamazing, salah satu influencer terkenal berfoto di salah satu ruang seni Yayoi Kusama. (Sumber: Pale Division)

(Sumber: huffingtonpost.com)

(Sumber: huffingtonpost.com)

Inspirasi dari karya seni buatannya berawal dari halusinasi yang Ia rasakan. Saat itu Kusama melihat kalau segala penjuru ruang yang tampil berbentuk polkadot di dalam matanya. Bersamaan dengan motif polkadot, muncul juga warna-warna cerah dalam pengelihatan. Hal itu yang mendorong Kusama untuk menuangkan apa yang Ia rasakan dan lihat dalam sebuah karya seni, hingga sekarang Ia sudah berumur 88 tahun. Lukisan yang Kusama buat juga merupakan representasi dari ruang, dimana gambar-gambar yang Ia buat merupakan objek yang gak bisa representasikan dengan mudah. Persis seperti elemen yang Kusama selalu gunakan, yaitu ruang tanpa batas maupun sebuah gambaran hasil halusinasi dari dirinya.

(Sumber: visual melt)

(Sumber: visual melt)

(Sumber: artsy.net)

(Sumber: artsy.net)

Kusama bercerita dalam sebuah interview dengan The Wall Street Journal tentang masa kecilnya. Saat kecil Ayahnya sering terlihat dengan wanita lain. Begitu juga dengan sang Ibu yang galak terhadapnya. Di masa-masa ketika Kusama merasa sedih semua hal yang Ia alami, seni-lah yang menemani dirinya. Lewat seni Ia berhasil melewati masa kelam tersebut dan diterima dalam masyarakat. Dan yang lebih penting lagi, Ia gak terdorong untuk melakukan hal buruk saat merasa depresi seperti bunuh diri. Menurut Kusama hasil karyanya juga menggambarkan sebuah rasa takut, yaitu ketakutan akan sex dan laki-laki (sexual phobia).

Faktanya, Yayoi Kusama juga menjalani terapi di rumah sakit jiwa. (Sumber: The Culture Trip)

Faktanya, Yayoi Kusama juga menjalani terapi di rumah sakit jiwa. (Sumber: The Culture Trip)

Pagelaran seni Yayoi Kusama: Life is the Heart of a Rainbow sudah dimulai semenjak 9 Juni lalu sampai 3 September di Asia Tenggara. Rencana yang dimiliki Kusama kedepannya adalah membangun sebuag museum sebagai tempat pameran seni buatannya di Tokyo pada bulan Oktober nanti. Dimana museum itu nantinya akan dibuka selama dua kali dalam setahun bagi penggemar seni aliran Pop dan Minimalis. Nama Yoyoi Kusama juga sudah sangat dikenal oleh seniman di Amerika semenjak sukses berkolaborasi dengan Louis Vuitton di tahun 2012. Pamerannya juga sempat hadir di Jakarta pada tanggal 11 -13 Agustus kemarin. Gimana bro sis? Ada yang sempet mampir ke pamerannya Yayoi kemarin saat digelar di Jakarta?

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Lihat Karakter Anime Favoritmu Bernyanyi Menari Bergembira di 10 Drama Musikal Adaptasi Anime!

Nah, drama musikal ternyata juga pilihan bentuk karya seni yang populer bagi adaptasi anime, umumnya menggabungkan unsur.. more

Soekirman Recehan (CIAYO Comics)

Adegan-Adegan Receh Khas Tukang Parkir Ngeselin

Ada nih komik komedi yang kelakuan tokohnya nggak cuma bikin ketawa, tapi kadang ngeselin. Kayak kelakuan tukang parkir .. more

Sumber: Eze Nkiri

Uwe Boll, Tersangka Utama Gagalnya Adaptasi Film Video Game

Kenapa ada anggapan kalau film adaptasi dari video game selalu jelek? Mungkin alasannya bisa ditanyakan ke sutradara yan.. more

Komik Valiant Berjudul Bloodshot Akan Dibuat Film, Vin Diesel Berkemungkinan Terlibat

Valiant mengumumkan bahwa mereka sudah menjalin kerja sama dengan Sony Pictures untuk memproduksi 5 film yang diadaptasi.. more