Yo-Kai Watch World Menjiplak Game Pokemon GO?

2 months ago
00-d-yo-kai-watch-world

Walaupun bukanlah game pertama yang memanfaatkan “Location-Based” dan “AR/Augmented Reality” di smartphone masa kini (karena ada game berjudul Ingress dan beberapa judul game lain) namun “Pokemon GO” kadung dikenal sebagai game yang memanfaatkan dua aspek tadi ke dalam game smartphone.

Karena menggunakan citra Pokemon, tentu saja game Pokemon GO dapat diterima baik oleh fans Pokemon Nintendo maupun gamers casual biasa yang memanfaatkan waktu luang dengan bermain game di smartphone masing-masing.

Awalnya berjalan ‘naik turun’ dalam popularitas (sempat booming di awal-awal rilis hingga kemudian hype-nya menurun tajam di belakang-belakang) tapi Pokemon GO tetap bisa dianggap sebagai barometer masa kini sebuah game yang memanfaatkan fitur Location-Based, Augmented Reality dan Monster Breeding / Compete ke dalam satu paket.

Baca Juga: Pokemon GO Adalah Sebuah Penistaan

pokemon go

Pokemon paling populer di dunia: Pikachu! Sumber: PokemonGoHub

Pokemon GO malah memiliki spin-off “PokeLand”, dimana hal ini jadi terasa lucu karena pada dasarnya Pokemon GO adalah game spin-off dari game Pokemon yang ada di platform gaming Nintendo sebelumnya.

Sementara Yo-Kai Watch merupakan IP yang berbeda dan bisa dibilang merupakan rival/saingan untuk IP Pokemon.

Baca Juga: Pokeland: Game Pokemon untuk Smartphone

yo-kai watch

Yo-Kai Watch. Sumber: YouTube

Yo-Kai Watch merupakan IP yang bercerita soal makhluk halus Jepang populer: Yokai. Desain unyu dan menggemaskan dari Yo-Kai Watch seakan-akan menghilangkan citra Yokai sebagai makhluk dunia gaib yang menyeramkan. Dalam hal itu Yo-Kai Watch melakukan tugasnya sedikit lebih baik daripada “GeGeGe no Kitaro” yang juga mengangkat tema Yokai di dunia manusia.

Plus, Yo-Kai Watch banyak mengadopsi pop culture yang sedang trending di dunia manusia seperti tablet, smartphone dan smartwatch; yang juga jadi tema kisah di Yo-Kai Watch.

IP yang memiliki game di Nintendo 3DS ini sekarang juga punya game smartphone seperti halnya Pokemon dengan Pokemon GO. Judul dari game smartphone Yo-Kai Watch tersebut adalah “Yo-Kai Watch World”.

Terdengar sederhana dan to the point.

Baca Juga: Yo-Kai Watch : Dunia Arwah Jepang Jadi Unyu Dan Gemesin

yo-kai watch world

Karakter Yo-Kai Watch tak kalah imut dari Pokemon. Sumber: APKMode

Jika di Pokemon GO tujuan pemain adalah mencari dan menangkap Pokemon yang tersebar di berbagai lokasi dunia nyata dengan kamera smartphone mereka, maka Yo-Kai Watch World (sudah bisa ditebak) akan memiliki premise yang sama. Yaitu menangkap Yo-Kai yang berkeliaran di dunia manusia dengan kamera smartphone pemain.

Berdasarkan deskripsi yang diberikan oleh Level-5 dan GungHo Online Entertainment (sebagai developer/publisher) di keterangan toko online Google Play StoreApple Apps Store, game Yo-Kai Watch World memiliki beberapa fitur menarik.

Berbagai Fitur Menarik Yo-Kai Watch World

Kamu adalah tokoh utama dalam petualangan seru berkeliling Jepang.

Ada banyak Yo-Kai keren yang berasal dari IP “Yo-Kai Watch” seperti Jibanyan & Komasan muncul di sekeliling kamu! Cari mereka dan lengkapi koleksi Yo-Kai Encyclopedia dengan berkeliling lokasi yang ada di seantero Jepang.

Cari para Yo-Kai dengan fitur “Search” di peta.

Berdasarkan lokasi, akan muncul Yo-Kai yang berbeda-beda di lokasi yang berbeda-beda pula. Jadi pastikan kalau kamu selalu menyalakan fitur “Search” jika sedang berada di sebuah lokasi baru.

Perhatikan layar smartphone kamu untuk mendeteksi kehadiran Yo-Kai.

Saat Yo-Kai terdeteksi di “Search”, tap/klik icon mereka yang ada di layar smartphone. Dengan melakukan itu maka kamu dapat melihat Yo-Kai yang tertangkap kamera dan kamu harus pastikan Yo-Kai itu tidak kabur dari sergapanmu.

yo-kai watch world iklan

Iklan digital Yo-Kai Watch World. Sumber: QooApp

Bertarung dengan para Yo-Kai melalui kendali mudah dan sederhana.

Yo-Kai tidak akan langsung menyerah begitu saja untuk ditangkap! Kamu harus bertarung lebih dulu agar mereka masuk ke dalam koleksimu. Sistem semi-otomatis akan memudahkan kamu untuk mendapatkan Yo-Kai yang dilawan. Bertemanlah dengan Yo-Kai yang sudah di dapat dan kamu dapat memanfaatkan kekuatan mereka saat melawan Yo-Kai lain yang lebih kuat lagi.

Menanam pohon Yo-Kai, tandai lokasi kekuasaanmu.

Pemain Yo-Kai Watch World dapat menanam pohon Yo-Kai di berbagai lokasi. Yo-Kai biasa berkumpul di sekitar pohon ini, dan bisa jadi penanda ataupun pemancing pemain lain untuk datang dan mencoba mengadu Yo-Kai mereka dengan Yo-Kai kamu.

Bermain sesukamu tanpa batasan.

Pemain Yo-Kai Watch World dapat bermain kapan saja dan dimana saja tanpa harus terikat lokasi maupun waktu bermain. Lokasi permainan adalah seluruh area yang ada di negara Jepang; berhubung game ini baru hanya tersedia di Jepang saja.

Karena masih bersifat lokal maka kamu yang ingin memainkan Yo-Kai Watch World tapi berada di luar negara Jepang masih harus sabar menunggu sampai pihak Level-5 dan GungHo merilis game ini secara resmi di pasaran internasional. Kita tunggu saja!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Bagaimana Rasanya Kalau Idola Kita Ternyata Mantan Pria Yakuza?

Back Street Girls: Saat Idolamu adalah mantan pria Yakuza. Kira-kira seperti apa, ya?.. more

Sumber: Duniaku.net

Breaking News: CIAYO Corp Akan Garap Komik, Game, dan Film Animasi Vandaria Saga

Melanjutkan pengumuman tentang logo baru CIAYO Corp,langkah strategis perdana yang dilakukan oleh CIAYO Corp ini adalah .. more

00-d-menjaga-kesehatan

Jadi Komikus Bukan Alasan Untuk Tidak Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan tubuh jadi kewajiban semua orang, termasuk author komik dan pelaku industri kreatif lainnya... more

Ajin

Review Film Live-Action Ajin-Demi Human: Aksi Berbalut Persepsi tentang Kebenaran

Ajin, adalah sebutan bagi para makhluk setengah manusia, atau bisa disebut juga Demi-Human. Ajin ditemukan 26 tahun lalu.. more

Internet Café? Hotel? Keduanya benar. Sumber gambar: xperience.link

Warnet di Akihabara Jepang yang Lebih Mirip Hotel daripada Internet Café

Di wilayah Akihabara Jepang, ada internet café (alias warnet) yang bisa berfungsi sebagai hostel/hotel mini untuk turis.. more