Yu Yu Hakusho Rilis Anime Baru dan Blu-ray Collection

2 days ago

Yu Yu Hakusho, buat saya, merupakan shonen manga dan anime legendaris dan inspiratif.

Diciptakan oleh mangaka senior Yoshihiro Togashi (yang juga pencipta manga dan anime keren lainnya: Hunter x Hunter), suami dari mangaka terkenal Naoko Takeuchi (Sailor Moon) ini sukses meramu sebuah kisah supranatural, komedi serta aksi yang digemari para pembaca shonen manga.

Manga Yu Yu Hakusho dirilis bulan Desember 1990 sampai Juli 1994. Tidak begitu lama dan banyak; hanya terdiri dari 175 chapter/bab di majalah komik Shueisha Weekly Shonen Jump dengan 19 volume tankobon alias buku cetak.

yu yu hakusho

Sumber: Asahi

Apa yang membuat komik aksi untuk anak cowok ini keren?

Buat saya, desain karakter memegang peranan penting. Di Yu Yu Hakusho, tokoh utamanya merupakan ‘preman sekolahan’ yang punya karakteristik menarik. Urameshi Yusuke (tidak) dapat digolongkan ke dalam kelompok preman yang biasa melakukan hal-hal negatif. Dia memang bandel luar biasa (merokok, bolos sekolah, berantem) namun Yusuke juga punya sisi lembut yang humanis: dia tidak melawan saat ‘dihajar’ oleh teman masa kecil, (yang jelas merupakan love interest) Keiko, serta rela mati gara-gara menyelamatkan seorang anak kecil dari ditabrak mobil.

Mati saat berbuat kebaikan. Sumber: Wikia

Mati saat berbuat kebaikan. Sumber: Wikia

Karena aksi heroiknya itu Urameshi Yusuke mati muda. Dan menyebabkan pihak penguasa langit (melalui Botan, ‘Messenger/Grim Reaper’ dari putra Raja Neraka Koenma-sama) memberikan Yusuke kesempatan untuk hidup kembali dan menjadi ‘detektif dunia alam roh’ di atas dunia manusia.

Anime Yu Yu Hakusho didapuk menjadi anime terbaik kedua di tahun 1993 setelah Sailor Moon (yang merupakan karya istrinya, namun saat itu mereka belum menikah) oleh Animage Anime Grand Prix. Baru di tahun 1994 dan 1995 anime ini meraih penghargaan tertinggi tersebut.

Manga/Anime shonen berpengaruh. Sumber: TechnoBuffalo

Manga/Anime shonen berpengaruh. Sumber: TechnoBuffalo

Sementara di Amerika Serikat, anime ini juga digemari oleh para penggemar anime shonen Jepang. Seperti pujian dari Anime Insider yang menempatkan Yu Yu Hakusho sebagai anime action-adventure terbaik kedua versi mereka. Kebanyakan pujian ditujukan pada performa keren seiyuu/dubber, muatan komedi yang ideal serta aksi pertempuran keren antar karakter yang seru banget. Anime TV Yu Yu Hakusho sendiri terdiri dari 112 episode yang tayang mulai 1992 hingga 1994. Ada pula OVA 6 episode serta 2 film teatrikal.

Menyambut anniversary Yu Yu Hakusho ke-25 majalah komik Shueisha Weekly Shonen Jump, tempat dimana dulu anime ini di-serialisasi setiap minggu sebelum diterbitkan dalam format buku tersendiri / tankobon, memberikan informasi tentang OVA terbaru Yu Yu Hakusho yang akan ada bersama bundle Blu-ray Box Collection dari anime ini.

Menyambut ulang tahun ke-25. Sumber: Reddit

Menyambut ulang tahun ke-25. Sumber: Reddit

OVA ini akan terdiri dari dua part yang berasal dari ‘bonus chapter’ tankobon volume tujuh. Bagian pertama akan menceritakan tentang awal mula pertemuan dan pertemanan antara Kurama dengan Hiei. Sementara bagian kedua tentang para tokoh utama yang bersatu menghadapi krisis penyanderaan yang terjadi di “Demon World”.

Anime yang dikerjakan oleh Studio Pierrot ini juga kembali mempekerjakan staff-staff lama yang dulu mengerjakan TV anime serta OVA sebelumnya; termasuk sutradara dan penggambar storyboard Noriyuki Abe. Seiyuu klasik karakter-karakter Yu Yu Hakusho juga dipastikan ikut ambil bagian seperti Nozomu Sasaki (sebagai Urameshi Yusuke), Shigeru Chiba (sebagai Kuwabara Kazuma), Megumi Ogata (Kurama) serta Nobuyuki Hiyama (Hiei). Feels yang didapat pastinya akan lebih ‘kena’ dengan keterlibatan para veteran anime ini.

Deretan seiyuu anime Yu Yu Hakusho. Sumber: Me.Me

Deretan seiyuu anime Yu Yu Hakusho. Sumber: Me.Me

Blu-ray set Yu Yu Hakusho akan terdiri dari empat set paket. OVA itu akan disertakan di arc “Spirit Detective” (episode 1-26). Set kedua dari arc “Dark Tournament” terdiri dari 40 episode. Arc ketiga adalah 28 episode dari “Sensui Shinobu”, dan set terakhir akan berasal dari arc “Demon World” sebanyak 18 episode.

Penjualan akan dimulai dari arc pertama pada tanggal 27 Juli 2018 ini. Set kedua dijual mulai 28 Agustus 2018, Set ketiga (dan kemungkinan sekalian dengan set ke empat) dijual mulai 26 September 2018.

Belum diketahui kualitas dari Blu-ray set ini; apakah Remastered atau hanya copy/paste dari versi DVD yang sudah pernah dirilis sebelumnya. Namun empat set Blu-ray Yu Yu Hakusho ini jelas sudah masuk radar banyak fans untuk dibeli dan dikoleksi. Semoga saja harganya tidak terlalu tinggi agar fans lama mau membeli dan fans baru tertarik memiliki set Blu-ray anime legendaris ini.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

(Sumber: Youtube)

Wawancara Eksklusif CIAYO Blog Dengan Demian Aditya Sang Illusionist

Bro sis masih inget dong sama Demian? Pesulap yang sekarang lebih terkenal sebagai Illusionist Indonesia ini, sempat ram.. more

Sejarah Sonic The Hedgehog Terungkap!

Tersembunyi sejak tahun 1991, sejarah Sonic the Hedgehog yang sebenarnya akhirnya terungkap. Ternyata kemunculan perdana.. more

Film berbasis video games. Sumber gambar: ultimatemovierankings.com

Film Berbasis Video Game Yang Sukses di Pasaran

Sudah banyak film berbasis video game yang dibuat oleh sineas film Hollywood. Beberapa ada yang sukses tapi tak sedikit .. more

Komik Lieur-Bolon

Sagus: “Komik Lieur Terinspirasi dari Pengalaman Saya Waktu Kecil”

Kalau di suruh nostalgia masa kecil, bro sis milih pas zaman apa? Kali ini Chika dari CIAYO Blog berhasil ngobrol sama a.. more