Yuk Kenali Kepribadianmu Dari Gaya Penulisanmu!

2 years ago

Kamu pasti gak sadar kalo ternyata selama ini kepribadian bisa dinilai dari gaya penulisannya. Walau di era internet seperti sekarang, kita lebih banyak ‘menulis’ dengan keyboard, tapi mustahil untuk sama sekali tidak pernah menulis dengan tangan kita sendiri.

Kita lebih sering menggunakan ini untuk menulis? (Sumber gambar: androidpolice.com)

Kita lebih sering menggunakan ini untuk menulis. Iya kan? (Sumber gambar: androidpolice.com)

Sejak kecil, seorang anak normalnya mulai belajar menulis dengan tangan. Nah, di saat itu lah, setiap anak mulai mempunyai gaya menulis masing-masing. Dan secara gak langsung gaya penulisan tersebutlah yang memperlihatkan seperti apa kepribadian mereka. Hal ini bersifat alamiah, kepribadian yang ada dalam diri manusia adalah sesuatu hal permanen dan tidak bisa dicegah, diubah maupun ditukar. Dan kepribadian itu dapat terlihat dari tulisan tangan seseorang

Sebelumnya perlu diingat, bahwa tulisan ini bukan sebuah jurnal sains, jadi jangan dianggap sebagai acuan keilmuan ya. Dilansir dari penelitian “National Pen Company” di Amerika Serikat yang pernah diterbitkan di website Dailymail UK pada tanggal 29 Juli 2013. Berikut merupakan jenis-jenis kepribadian berdasarkan gaya penulisan.

1. Tulisan tangan yang condong miring ke kanan.

Pemilik tulisan tangan  ini bisa dikatakan sebagai pribadi yang ‘open-minded’. Orang ini mudah mengungkapkan perasaan yang dia rasakan saat itu. Karakter sangat menarik perhatian karena sifatnya yang ‘rame’ dan sociable.

2. Tulisan tangan yang miring ke arah kiri.

Nah, pemilik tulisan tangan model ini adalah kebalikannya dari tulisan tangan yang miring ke kanan. Pemilik tulisan tangan ini disebut sebagai pribadi yang lebih menyukai bekerja secara solo/sendirian, karakter yang sulit untuk bersosialisasi dan mengungkapkan perasaan yang ada di hatinya. Cenderung lebih tertutup. Apa yang ia ingin katakan biasanya hanya dipendam saja karena ia takut apa yang ia katakan akan menganggu orang lain.

3. Tulisan tangan yang tegak lurus

Kamu pemilik tulisan model ini? Maka kamu (mungkin) seseorang yang overthinking dan hanya bertindak secara logis ketimbang memakai perasaan. Dan karena itulah, kamu lebih tidak mudah untuk terbuka soal perasaan di dalam hati. Segala sesuatu harus dipikirkan secara matang-matang sebelum bertindak. Bahkan gak heran, kalau pemilik tulisan ini cenderung mempunyai skenario sendiri di otaknya berupa prediksi dan apa reaksi orang-orang jika melakukan hal ini atau itu.

Model tulisan tangan miring. (Sumber gambar: dailymail.co.uk)

Model tulisan tangan miring. (Sumber gambar: dailymail.co.uk)

4. Tulisan tangan yang model “menyambung berdekatan”

Tulisan tangan seperti ini, konon menunjukkan kalau pemiliknya lebih berpikir secara logis. Biasanya, mereka menilai sesuatu/seseorang berdasarkan pengalaman yang dia miliki. Atau berdasarkan fakta-fakta yang ia rasa tepat.

Bagaimana dengan tulisan tangan yang terpisah-pisah?

Tentu tidak mengherankan kalau tulisan tangan model ini berlawanan dengan model yang “menyambung” tadi. Orang dengan tulisan model begini biasanya merupakan pribadi yang imajinatif, lebih sering mengikuti intuisi ketimbang nalarnya, serta memiliki sifat impulsif alias gampang meledak-ledak.

Jarak spasi antar tulisan. (Sumber gambar: dailymail.co.uk)

Jarak spasi antar tulisan. (Sumber gambar: dailymail.co.uk)

1. Model tulisan tangan yang  ditekan secara penuh.

Ini menunjukkan kalau kamu adalah sosok yang ambisius dalam mengejar sesuatu yang diidamkan. Anda juga tidak suka menyembunyikan perasaan Anda yang sesungguhnya. All out!

2. Tulisan tangan orang yang menggunakan tenaga secukupnya saat dilakukan.

Karakter orang yang melakukan tulisan tangan seperti ini adalah ambisius namun easy going. Tidak ngotot, tapi juga tidak akan let go pada sesuatu yang sudah dibidik untuk diraih.

3. Tulisan tangan yang nyaris tidak menggunakan tenaga tekanan pada permukaan yang ditulis.

Orang yang menulis seperti ini hampir pasti memiliki karakter terbalik dari yang menulis dengan cara ditekan kuat. Orang seperti ini biasanya introvert, pemalu, dan juga akan menghindari kondisi situasi yang melibatkan “tampilan emosi”.

Tekanan pada tulisan tangan. (Sumber gambar: dailymail.co.uk)

Tekanan pada tulisan tangan. (Sumber gambar: dailymail.co.uk)

4. Terakhir, jenis tulisan tangan yang dilakukan dengan penuh tekanan serta tanda baca.

Hampir mirip dengan model tulisan yang dilakukan dengan tekanan penuh. Pemilik teknik menulis seperti ini memiliki kecenderungan sifat yang emosional serta agak obsesif akan sesuatu yang dia inginkan.

Menarik bukan?

Gimana, kamu termasuk tipe yang mana? (Sumber:honlapkeszites)

Gimana, kamu termasuk tipe yang mana? (Sumber:honlapkeszites)

Kepribadian seseorang memang mustahil  jika dapat diketahui dengan hanya melihat dari model tulisan tangan saja. Ada banyak parameter lain, yang lebih scientific dan akurat. Tapi gak ada salahnya kamu ambil selembar kertas dan pen. Coba tulis satu paragraf mengenai kejadian yang dialami sejak bangun tidur hingga saat ini. Cocokan gaya penulisan mu dengan kepribadian diatas. Gimana? Apa hasilnya? Sharing yuk.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sabrina – Chapter 1: Clubbing di Tengah Kota

Malam itu ia bertemu Intan di salah satu club di tengah kota. Patung kuda terpajang di atap gerbang, sebagai ikon club i.. more

Devilman Crybaby: Ketika Iblis Dilawan dengan Kekuatan Iblis

Memperingati 50 tahun karir Go Nagai, anime terbaru Devilman hadir di Netflix. Keras, sadis, dan penuh twist!.. more

00-ide-d

Muncul Ide Baru, Seonggok Ide Lama Diselingkuhi. Ide Lama: “Aku Tuh Nggak Bisa Diginiin!”

Sedang menggarap satu ide tapi kemudian langsung menggarap ide baru lainnya, sementara ide lama ditinggalkan begitu saja.. more

00-steins-gate-0

Steins;Gate 0: Sekuel Yang lebih Gelap dan Menegangkan

Di Steins;Gate 0, Okabe Rintaro harus bertemu kembali dengan Makise Kurisu yang sudah mati. Kuris hidup kembali sebagai .. more

CIAYO Pictures

CIAYO Games dan Niji Games Berkolaborasi dalam Sebuah Games (Spoiler Alert)

Pada tangggal 15 September 2017, CIAYO Games bertemu dengan Niji Games untuk melakukan kolaborasi. Kedatangan Tim CIAYO .. more