Yuk, Nostalgia Bareng Film Kartun Nickelodeon ini!

1 year ago
Nickelodeon. Sumber: idwgames

Dewasa ini stasiun televisi yang menayangkan film kartun sudah sangat jarang, berbeda dengan  awal tahun 2000-an. Film kartun bertebaran di mana-mana. Stasiun televisi seperti Lativi, ANTV dan lainnya, sering sekali menayangkan film kartun di sore hari. Bahkan kita sempat punya channel khusus anak-anak yaitu Spacetoon. Kalau penulis sih dulu sampe rela bangun pagi di hari Minggu demi nungguin kartun Doraemon atau Shinchan yang tayang di salah satu televisi swasta. Dan juga tiap pulang sekolah dan sore hari, penulis biasanya sudah mantengin tv buat nonton film kartun Nickelodeon, misalnya seperti Hey Arnold! Hehe.

Jaman itu, menonton film kartun sudah terbilang menjadi hiburan elektronik satu-satunya. Berbeda dengan jaman sekarang, anak-anak dari kecil saja sudah mantengin Youtube. Bahkan episode yang terlewatkan bisa kita cari di Youtube. Kalau dulu mah boro-boro, rasanya bisa nyesek banget kalau ketinggalan satu episode. Biasanya ga boleh nonton gara-gara harus ngerjain pr, les atau ada ujian.

Nah, di artikel kali ini, penulis mau ngebahas mengenai kartun-kartun yang menemani penulis di masa mudanya. Yuk, kita nostalgia bareng!

Nostalgia film Kartun Nickelodeon

1. The Wild Thornberrys

film kartun Nickelodeon The wild Thornberrys

The Thornberrys. (Sumber: buzzfeed)

Film kartun Nickelodeon di bawah ini menceritakan tentang keluarga nomaden, The Thornberrys. Keluarga pecinta alam ini, pernah ngebuat penulis merengek-rengek ke orang tua buat beli bus rave milik the Thornberrys yang keren banget! Bayangin deh, kita bisa berpindah-pindah region dengan mobil besar, nyaman, yang di dalamnya terdapat dapur, kasur dan toilet! Haha. Selain itu kemampuan Elisa, sang tokoh utama, yang bisa berbicara dengan hewan juga bikin iri.

film kartun Nickelodeon the wild Thornberrys mobil

Isi dalam bus Rave milik the Thornberrys. Sumber: prototypesource

Buat yang sudah lupa, kartun ini menceritakan kisah perjalanan keluarga Thornberrys yang berpetualang ke seluruh dunia untuk membuat film dokumenter satwa liar. Keluarganya terdiri dari Michael sang Ayah, Lisa sang Ibu, serta kakak yang kadang rada nyebelin seperti kakak-kakak di kehidupan nyata, Debbie. Di tengah perjalanannya, keluarga mereka bertemu dengan tarzan kecil yang bernama Donnie dan Darwin, simpanse yang kemudian dipelihara.

2. Hey Arnold!

film kartun Nickelodeon hey arnold

Hey Arnold! (Sumber: theouterhaven)

Here we go, here we go, here we go

Hey Arnold! Arnold!

Hey move it football head!

Arnold!

Theme song yang jazzy ini ikonik banget. Liriknya pun cuma “Hey Arnold, Arnold” doang. Kalau ditanya dari beberapa judul yang penulis beberin, Hey Arnold lah yang menempati urutan teratas di hati penulis. Penulis suka banget dengan watak karakter yang dibentuk di kartun ini. Ceritanya juga banyak mengandung pesan moral, namun sangat enjoyable!

film kartun Nickelodeon hey arnold gerald

Kamar Arnold memang kamar impian banget ya! (Sumber:heyarnold.wikia)

Arnold yang diasuh oleh kakek neneknya ini, punya kamar yang keren banget! Rasanya pengen banget punya kamar sendiri yang atapnya kaca seperti kamar Arnold. Karena kamar Arnold berada di lantai paling atas, jadi saat malam hari, ia biasanya tidur dengan memandang bulan.

film kartun Nickelodeon hey arnold karakter

Karakter-karakter dalam serial kartun Hey Arnold! (Sumber: fanpop)

Jadi meskipun judulnya Hey Arnold, fokus tokoh ga selalu ke Arnold loh, masing-masing karakter punya ceritanya masing-masing. Namun memang, Arnold merupakan tokoh yang sering muncul. Misalnya Helga, perempuan super galak, yang ternyata selama ini memendam perasaan cinta ke Arnold, pura-pura galak, namun sebenarnya posesif dan suka kan? Hihi. Arnold juga mempunyai sahabat dekat yang bernama Gerald. Gerald ini merupakan laki-laki berkulit hitam yang mempunyai rambut aneh yang menyembul ke atas. Selain itu ada juga tokoh Phoebe; temen Helga yang pintar, Harold; si gemuk nan nakal, Lila; saingan Helga, Rhonda; orang kaya yang serba highclass, Eugene, Brian, dan lain-lain.

Baca Juga: Hey Arnold: The Jungle Movie – Ending Bahagia Si Kepala Lonjong

3. Rugrats

film kartun Nickelodeon rugrats

Tommy and the gangs! (Sumber: buzzfeed)

Bayi-bayi populer di tahun 90-an ini memang ngangenin! Saking populer dan bikin kangen, Rugrats sempat dibuatkan versi dewasanya loh, dengan serial kartun yang berjudul All Grown Up di tahun 2001. Tapi aku pribadi masih lebih suka dengan serial Rugrats yang berisikan balita-balita yang punya pertualangan sendiri. Serial ini ngebuat kita ngebayangin bahwa balita punya banyak akal.

film kartun Nickelodeon all grown up

All Grown Up, versi dewasa balita Rugrats! (Sumber: fanpop)

Theme song-nya juga masih terngiang-ngiang di kepala penulis. Nah, jadi di Rugrats, terdapat 5 balita pemeran utama yang  terdiri dari Tommy, sang leader yang pemberani serta sangat menyayangi teman-temannya. Selain itu ada juga Chucky yang memakai kacamata, Phil dan Lil, kembar yang hobinya kotor-kotoran di lumpur, dan suka makan serangga, Kimi dan Dil. Dan yang ikonik adalah Angelica, balita yang paling besar dan merupakan sepupu Tommy. Angelica doyan banget nge-bully dan ngerjain para bayi. Huh

4. Fairly Odd Parents

film kartun Nickelodeon fairly odd parents

Cosmo dan Wanda yang selalu menemani Timmy. (Sumber: fairlyoddparents.wikia)

Timmy Turner, pemeran utama dari film kartun Nickelodeon ini merupakan bocah lelaki berusia 10 tahun. Timmy mempunyai orang tua peri yang bernama Cosmo dan Wanda yang selalu berusaha membuat Timmy bahagia. Oya, Timmy juga punya pengasuh nyebelin yang bernama Vicky.

Sosok Cosmo dan Wanda sering berubah wujud dan menyamar sebagai benda, hewan atau apapun yang bertujuan untuk memantau dan membantu Timmy. Meski berubah wujud, namun, warna khas Cosmo dan Wanda tidak berubah loh. Misalnya Cosmo yang bewarna hijau muda, jika berubah bentuk, pasti ada bagiannya dari wujudnya yang berwarna hijau. Begitu juga dengan Wanda yang bewarna pink.

film kartun Nickelodeon fairly odd parents timmy

Cosmo dan Wanda yang selalu menemani Timmy. (Sumber: fairlyoddparents.wikia)

Fairly Odd Parents pernah dikolaborasikan dengan Jimmy Neutron, loh. Penulis sendiri belum pernah kesampaian nonton versi kolaborasinya. Namun agak sulit dibayangkan deh, soalnya kan Fairly Odd Parents itu 2D sedangkan Jimmy Neutron 3D.

5. The Adventure of Jimmy Neutron

film kartun Nickelodeon jimmy neutron

The Adventure of Jimmy Neutron! Jimmy, Carl and Sheen (Sumber: jimmy neutron wiki)

Anak SD yang jenius dan bisa menciptakan teknologi canggih? Siapa lagi kalau bukan Jimmy Neutron asal Retroville! Kecil-kecil aja sudah punya laboratorium sendiri. Nah, di Jimmy Neutron, Jimmy tidak sendirian. Ia ditemani oleh dua sahabat baiknya, Carl dan Sheen. Merekalah yang sering menjadi ‘kelinci percobaan’ untuk mencoba alat terbarunya Jimmy. Oya, masih ingat juga ga sama Cindy? Saingan Jimmy di kelas yang juga pintar. Meski saling bersaing, sebenarnya mereka saling peduli satu sama lain loh.

film kartun Nickelodeon jimmy neutron pants

Sumber: fanpop

Meski jenius, Jimmy tak jarang mengalami kegagalan. Bahkan tak jarang alat ciptaannya membawa masalah. Dan kalau sudah kepepet untuk mencari ide, hal yang dilakukan Jimmy Neutron adalah fokus sambil berkata “berpikir, berpikir, berpikir”, yang kemudian brain blast!


film kartun Nickelodeon spongebob

Spongebob, salah satu kartun Nickelodeon yang sangat mendominasi di era saat ini. Sumber: trend hunter.

Begitulah sebagian kecil dari banyak film kartun Nickelodeon lainnya yang jaya di masanya. Masih banyak kartun bagus favorit yang gak masuk list penulis seperti Chalk Zone, Betty Toon, Danny Phantom, Cat and Dog, Blue’s Clues, Rocket Power dan lain-lain. Miris ya rasanya melihat siaran jaman sekarang yang lebih didominasi oleh sinetron-sinetron yang kurang mendidik. Betapa beruntungnya generasi kita masih bisa merasakan kartun-kartun berbobot dan mendidik pada jaman lalu.

About Author

Steffi CIAYO

Steffi CIAYO

“All life is an experiment. The more experiments you make the better.” —Ralph Waldo Emerson

Comments

Most
Popular

(Sumber : http://www.skylarpictures.net)

Valentine : Film Superhero Wanita dari Indonesia

Ada kabar gembira nih buat bro sis yang suka sama film superhero. Setelah dimanjakan dengan superhero-superhero dari fil.. more

Ini Dia Komik Strip Paling Viral Selama Juni dan Juli 2017

Komik strip sampai sekarang masih menjadi primadona di dunia maya. Perkembangan dan inovasi komikus strip dan jumlahnya .. more

Sumber: Saint-ism (http://www.saint-ism.com/2012/12/what-exactly-can-you-expect-in-initial-d-5th-stage/)

NGEENG, HATI-HATI! 10 ANIME OTOMOTIF INI BISA MEMACU ADRENALINMU!

Di dalam dunia anime, balapan bukanlah sesuatu yang asing. Baik sekedar balap sepeda di Yowamushi Pedal atau balap Tamiy.. more

00-d-teaser-gundala

Teaser Gundala Terungkap Bersama Pemeran Filmnya!

Abimana Aryasatya, Tara Basro, Bront Palarae, dan Rio Dewanto akan bermain dalam film Gundala. Teaser Gundala tayang per.. more

Pembicara Hebat di BEKRAF Game Prime 2018

Tak hanya menghadirkan berbagai macam game, BEKRAF Game Prime juga bakal membawakan berbagai panel dengan pembicara prof.. more