Yuk, Nostalgia Bareng Kartun-Kartun Jadul Nickelodeon ini!

9 months ago
Nickelodeon. Sumber: idwgames

Dewasa ini stasiun televisi yang menayangkan film kartun sudah sangat jarang, berbeda dengan  awal tahun 2000-an. Film kartun bertebaran di mana-mana. Stasiun televisi seperti Lativi, ANTV dan lainnya, sering sekali menayangkan film kartun di sore hari. Bahkan kita sempat punya channel khusus anak-anak yaitu Spacetoon. Kalau penulis sih dulu sampe rela bangun pagi di hari Minggu demi nungguin kartun Doraemon atau Shinchan yang tayang di salah satu televisi swasta. Dan juga tiap pulang sekolah dan sore hari, penulis biasanya sudah mantengin tv buat nonton film kartun keluaran Nickelodeon, misalnya seperti Hey Arnold! Hehe.

Jaman itu, menonton film kartun sudah terbilang menjadi hiburan elektronik satu-satunya. Berbeda dengan jaman sekarang, anak-anak dari kecil saja sudah mantengin Youtube. Bahkan episode yang terlewatkan bisa kita cari di Youtube. Kalau dulu mah boro-boro, rasanya bisa nyesek banget kalau ketinggalan satu episode. Biasanya ga boleh nonton gara-gara harus ngerjain pr, les atau ada ujian.

Nah, di artikel kali ini, penulis mau ngebahas mengenai kartun-kartun yang menemani penulis di masa mudanya. Yuk, kita nostalgia bareng!

1. The Wild Thornberrys

The Thornberrys. (Sumber: buzzfeed)

The Thornberrys. (Sumber: buzzfeed)

Kartun di bawah ini menceritakan tentang keluarga nomaden, The Thornberrys. Keluarga pecinta alam ini, pernah ngebuat penulis merengek-rengek ke orang tua buat beli bus rave milik the Thornberrys yang keren banget! Bayangin deh, kita bisa berpindah-pindah region dengan mobil besar, nyaman, yang di dalamnya terdapat dapur, kasur dan toilet! Haha. Selain itu kemampuan Elisa, sang tokoh utama, yang bisa berbicara dengan hewan juga bikin iri.

Isi dalam bus Rave milik the Thornberrys. Sumber: prototypesource

Isi dalam bus Rave milik the Thornberrys. Sumber: prototypesource

Buat yang sudah lupa, kartun ini menceritakan kisah perjalanan keluarga Thornberrys yang berpetualang ke seluruh dunia untuk membuat film dokumenter satwa liar. Keluarganya terdiri dari Michael sang Ayah, Lisa sang Ibu, serta kakak yang kadang rada nyebelin seperti kakak-kakak di kehidupan nyata, Debbie. Di tengah perjalanannya, keluarga mereka bertemu dengan tarzan kecil yang bernama Donnie dan Darwin, simpanse yang kemudian dipelihara.

2. Hey Arnold!

Hey Arnold! (Sumber: theouterhaven)

Hey Arnold! (Sumber: theouterhaven)

Here we go, here we go, here we go

Hey Arnold! Arnold!

Hey move it football head!

Arnold!

Theme song yang jazzy ini ikonik banget. Liriknya pun cuma “Hey Arnold, Arnold” doang. Kalau ditanya dari beberapa judul yang penulis beberin, Hey Arnold lah yang menempati urutan teratas di hati penulis. Penulis suka banget dengan watak karakter yang dibentuk di kartun ini. Ceritanya juga banyak mengandung pesan moral, namun sangat enjoyable!

Kamar Arnold memang kamar impian banget ya! (Sumber:heyarnold.wikia)

Kamar Arnold memang kamar impian banget ya! (Sumber:heyarnold.wikia)

Arnold yang diasuh oleh kakek neneknya ini, punya kamar yang keren banget! Rasanya pengen banget punya kamar sendiri yang atapnya kaca seperti kamar Arnold. Karena kamar Arnold berada di lantai paling atas, jadi saat malam hari, ia biasanya tidur dengan memandang bulan.

Karakter-karakter dalam serial kartun Hey Arnold! (Sumber: fanpop)

Karakter-karakter dalam serial kartun Hey Arnold! (Sumber: fanpop)

Jadi meskipun judulnya Hey Arnold, fokus tokoh ga selalu ke Arnold loh, masing-masing karakter punya ceritanya masing-masing. Namun memang, Arnold merupakan tokoh yang sering muncul. Misalnya Helga, perempuan super galak, yang ternyata selama ini memendam perasaan cinta ke Arnold, pura-pura galak, namun sebenarnya posesif dan suka kan? Hihi. Arnold juga mempunyai sahabat dekat yang bernama Gerald. Gerald ini merupakan laki-laki berkulit hitam yang mempunyai rambut aneh yang menyembul ke atas. Selain itu ada juga tokoh Phoebe; temen Helga yang pintar, Harold; si gemuk nan nakal, Lila; saingan Helga, Rhonda; orang kaya yang serba highclass, Eugene, Brian, dan lain-lain.

3. Rugrats

Tommy and the gangs! (Sumber: buzzfeed)

Tommy and the gangs! (Sumber: buzzfeed)

Bayi-bayi populer di tahun 90-an ini memang ngangenin! Saking populer dan bikin kangen, Rugrats sempat dibuatkan versi dewasanya loh, dengan serial kartun yang berjudul All Grown Up di tahun 2001. Tapi aku pribadi masih lebih suka dengan serial Rugrats yang berisikan balita-balita yang punya pertualangan sendiri. Serial ini ngebuat kita ngebayangin bahwa balita punya banyak akal.

All Grown Up, versi dewasa balita Rugrats! (Sumber: fanpop)

All Grown Up, versi dewasa balita Rugrats! (Sumber: fanpop)

Theme song-nya juga masih terngiang-ngiang di kepala penulis. Nah, jadi di Rugrats, terdapat 5 balita pemeran utama yang  terdiri dari Tommy, sang leader yang pemberani serta sangat menyayangi teman-temannya. Selain itu ada juga Chucky yang memakai kacamata, Phil dan Lil, kembar yang hobinya kotor-kotoran di lumpur, dan suka makan serangga, Kimi dan Dil. Dan yang ikonik adalah Angelica, balita yang paling besar dan merupakan sepupu Tommy. Angelica doyan banget nge-bully dan ngerjain para bayi. Huh

4. Fairly Odd Parents

Cosmo dan Wanda yang selalu menemani Timmy. (Sumber: fairlyoddparents.wikia)

Cosmo dan Wanda yang selalu menemani Timmy. (Sumber: fairlyoddparents.wikia)

Timmy Turner, pemeran utama dari serial kartun ini merupakan bocah lelaki berusia 10 tahun. Timmy mempunyai orang tua peri yang bernama Cosmo dan Wanda yang selalu berusaha membuat Timmy bahagia. Oya, Timmy juga punya pengasuh nyebelin yang bernama Vicky.

Sosok Cosmo dan Wanda sering berubah wujud dan menyamar sebagai benda, hewan atau apapun yang bertujuan untuk memantau dan membantu Timmy. Meski berubah wujud, namun, warna khas Cosmo dan Wanda tidak berubah loh. Misalnya Cosmo yang bewarna hijau muda, jika berubah bentuk, pasti ada bagiannya dari wujudnya yang berwarna hijau. Begitu juga dengan Wanda yang bewarna pink.

Cosmo dan Wanda yang selalu menemani Timmy. (Sumber: fairlyoddparents.wikia)

Cosmo dan Wanda yang selalu menemani Timmy. (Sumber: fairlyoddparents.wikia)

Fairly Odd Parents pernah dikolaborasikan dengan Jimmy Neutron, loh. Penulis sendiri belum pernah kesampaian nonton versi kolaborasinya. Namun agak sulit dibayangkan deh, soalnya kan Fairly Odd Parents itu 2D sedangkan Jimmy Neutron 3D.

5. The Adventure of Jimmy Neutron

The Adventure of Jimmy Neutron! Jimmy, Carl and Sheen (Sumber: jimmy neutron wiki)

The Adventure of Jimmy Neutron! Jimmy, Carl and Sheen (Sumber: jimmy neutron wiki)

Anak SD yang jenius dan bisa menciptakan teknologi canggih? Siapa lagi kalau bukan Jimmy Neutron asal Retroville! Kecil-kecil aja sudah punya laboratorium sendiri. Nah, di Jimmy Neutron, Jimmy tidak sendirian. Ia ditemani oleh dua sahabat baiknya, Carl dan Sheen. Merekalah yang sering menjadi ‘kelinci percobaan’ untuk mencoba alat terbarunya Jimmy. Oya, masih ingat juga ga sama Cindy? Saingan Jimmy di kelas yang juga pintar. Meski saling bersaing, sebenarnya mereka saling peduli satu sama lain loh.

Sumber: fanpop

Sumber: fanpop

Meski jenius, Jimmy tak jarang mengalami kegagalan. Bahkan tak jarang alat ciptaannya membawa masalah. Dan kalau sudah kepepet untuk mencari ide, hal yang dilakukan Jimmy Neutron adalah fokus sambil berkata “berpikir, berpikir, berpikir”, yang kemudian brain blast!

Spongebob, salah satu kartun nickelodeon yang sangat mendominasi di era saat ini. Sumber: trend hunter

Spongebob, salah satu kartun Nickelodeon yang sangat mendominasi di era saat ini. Sumber: trend hunter.

Begitulah sebagian kecil dari banyak kartun populer lainnya yang jaya di masanya. Masih banyak kartun bagus favorit yang gak masuk list penulis seperti Chalk Zone, Betty Toon, Danny Phantom, Cat and Dog, Blue’s Clues, Rocket Power dan lain-lain. Miris ya rasanya melihat siaran jaman sekarang yang lebih didominasi oleh sinetron-sinetron yang kurang mendidik. Betapa beruntungnya generasi kita masih bisa merasakan kartun-kartun berbobot dan mendidik pada jaman lalu.

About Author

Steffi CIAYO

Steffi CIAYO

“All life is an experiment. The more experiments you make the better.” —Ralph Waldo Emerson

Comments

Most
Popular

00-d-the-last-kickers

The Last Kickers: Momen Menegangkan Timnas Sepak Bola Indonesia!

The Last Kickers menampilkan perjuangan berat Indonesia di ajang sepak bola AFF CUP 2020. Dengan catatan harus menang, W.. more

Sumber: fr.ign.com

Lagi Cari Tema Komik yang Asik? Cobain Deh Tema Komik Anti-Mainstream ini!

Kalau kamu merasa bingung dan mumet pikirannya saat menentukan tema yang akan di pakai, cobain deh bikin komik dengan me.. more

00-d-garudayana

Garudayana: Kisah Perwayangan Dalam Kemasan Unik Dan Segar

Dunia pewayangan Arcapada geger! Kinara, si gadis pemburu harta karun menemukan telur emas Garuda yang legendaris. Pihak.. more

Trigger Junkie - CIAYO Comics

Trigger Junkie: Kenalan Sama Wanda, Yuk!

Buat yang suka baca Trigger Junkie, pasti kenal sama Wanda. Yuk, kenalan lebih lanjut!.. more

Sebenarnya, Apa Sih Peran ‘Anti-Hero’ Dalam Sebuah Cerita Komik? [Part 2]

Kalau kita lihat sekilas, karakter anti-hero akan terlihat seperti orang jahat yang berlaku baik. Kebanyakan memang sepe.. more