6 Fakta Menarik The Other Side: Hollows

5 months ago
the other side: hollows

Komik The Other Side: Hollow yang terbit di CIAYO Comics langsung menarik perhatian begitu dirilis. Pasalnya komik tersebut tampil dalam format interaktif dimana pembaca bisa menentukan sendiri ending dari komik tersebut lewat serangkaian pilihan bercabang.

Sebagai komik interaktif pertama dalam kelasnya, ada banyak hal yang harus kamu tahu, baik buat yang belum atau sudah pernah membaca komik ini. Tanpa basa-basi, inilah 6 fakta menarik The Other Side: Hollows yang wajib kamu tahu!

Baca Juga: Tentukan Nasib Gadis Ini di Komik The Other Side: Hollows

Fakta Menarik The Other Side: Hollows

Komik Webtoon Pertama Dengan Format Interaktif

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

The Other Side: Hollows adalah komik interaktif karangan tim author yang terdiri dari Risza Ardiansyah Perdhana (Comic Artist & Story), Aji Wzt (Comic Artist), Herrad Syafrian (Editor In Chief), Nyoenyo (Comic Artist), Snow Rexilium (Writer), dan Tonny Hanggoro (Copywriter).

Seperti sudah disebut di atas, The Other Side: Hollows adalah sebuah komik interaktif, dimana pembaca bisa menentukan sendiri arah cerita serta ending yang akan dicapai. Hingga hari ini, The Other Side: Hollows menjadi komik webtoon pertama yang mengadopsi format interaktif ini! “The Other Side Hollows merupakan komik dengan format webtoon pertama yang dapat berinteraksi dnegan user-nya,” ungkap editor-in-chief Herrad Syafrian.

Terinspirasi Kisah Nyata!

fakta menarik the other side: hollows

Sumber: CIAYO Comics

Percaya atau tidak, cerita The Other Side: Hollows ternyata terinspirasi dari kisah nyata! “Cerita ini ditulis langsung oleh Snow yang menyadur kisah viral tentang penampakan pocong di salah satu halte Trans Jakarta.” Herrad juga menambahkan bahwa format The Other Side: Hollows terinspirasi dari serial buku Goosebumps karya R.L. Stine.

Snow juga membubuhkan pengalaman pribadinya di dalam komik ini. “Waktu SD saya sering pulang malam naik sepeda pancal. Di perjalanan pulang selalu mendengar suara-suara misterius, atau pohon yang bergerak sendiri. Akhirnya dari cerita viral tersebut dan pengalaman pribadi saya, digabung menjadi cerita yang seperti sekarang ini,” jelas Snow.

Bisa Dimainkan di Ponsel dan Komputer

Lewat format komik interaktif, The Other Side: Hollows membuat pembacanya serasa seperti tengah bermain game. Tapi, kamu nggak butuh ponsel atau komputer dengan spesifikasi tinggi untuk membaca komik ini.

Faktanya, kamu hanya perlu ponsel, komputer, atau laptop yang cukup standar untuk bisa membaca The Other Side: Hollows. Menurut Herrad, semua perangkat digital yang mumpuni untuk membaca komik platform CIAYO bias dipakai untuk membaca The Other Side: Hollows.

Punya Dua Rute Berbeda

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Rasanya percuma saja jika membuat komik interaktif tanpa membuat cerita bercabang. Di The Other Side: Hollows, kamu bisa memilih satu dari dua pilihan berbeda untuk menentukan arah cerita komik ini.

“Ada 2 rute cerita, ketika memilih naik bus atau kereta,” ujar Herrad tentang rute cerita dalam The Other Side: Hollows. Setiap pilihan bakal membawamu ke dalam cerita yang berbeda-beda. Memilihlah dengan pertimbangan, karena ending komik ini yang akan dipertaruhkan!

Berbagai Jenis Ending Menanti

Bicara soal ending, dalam komik The Other Side Hollows terdapat berbagai jenis ending. Ending-ending ini bisa kamu capai jika kamu memilih pilihan yang sesuai. Menurut Herrad, ada 3 jenis ending yang bisa diraih: Kamu bisa mendapatkan bad end, normal end, dan good end.

Tanpa membocorkan isi setiap endingnya, kenapa nggak langsung kamu coba saja? Jika sudah mendapatkan satu ending, kamu pun bisa mengulang kembali dari chapter awal jika kamu ingin mendapatkan ending versi lain.

Bukan Komik Interaktif Pertama dan Terakhir

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Setelah The Other Side: Hollows, apa yang bakal hadir di CIAYO Comics ke depannya? Apakah bakal ada komik interaktif lain? Jawabannya adalah, iya!

“Kemungkinan besar iya,” jelas Herrad, “Melihat antusias pembaca setia CIAYO Comics yang tidak henti-hentinya mencoba terus membaca komiknya hingga mendapatkan cerita yang diinginkan.” Jadi pantau terus CIAYO Comics untuk informasi komik terbaru. Siapa tahu salah satunya merupakan komik interaktif yang lebih kompleks lagi dari The Other Side: Hollows!


Itu dia berbagai fakta menarik The Other Side: Hollows. Setelah membacanya, apa kamu semakin tertarik untuk merasakan sendiri pengalaman membaca komik interaktif ini? Yuk baca The Other Side: Hollows di CIAYO Comicsn dan beri tahu di komentar ending apa yang kamu dapat!

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

The Other Side. Sumber: CIAYO Comics

Top 10 Komik Horror di CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 2

Berbeda dengan film horror, kayaknya nge-buat komik horror itu lebih susah deh. Bayangin aja, penulis harus membuat kita.. more

comicgirls-banner

Comic Girls: Suka Duka Gadis Remaja yang Bercita-cita Menjadi Komikus

Comic Girls mengemas kisah perjalanan gadis remaja 15 tahun bernama Kaoruko Moeta yang bercita-cita menjadi komikus terk.. more

00-m-Valthirian-Arc-Hero-School-Story

Agate Akan Rilis Valthirian Arc: Hero School Story Di Switch, PS4, dan PC!

Setelah berkiprah 9 tahun di industri game lokal, developer dan publisher game Agate akan merilis game Valthirian Arc: H.. more

(Sumber: reddit)

Gawat, Mobile Legends Digugat oleh League of Legends!

Game MOBA populer Mobile Legends diduga memplagiat konten game MOBA lain, League of Legends. Bagaimana reaksi mereka?.. more

Logo internasional game sepakbola ciptaan Konami Jepang. Sumber gambar: game-debate.com

Winning Eleven/Pro Evolution Soccer: Game Wajib Sejuta Umat Gamers PS Indonesia

Rasanya tidak akan ada yang komplain jika dikatakan kalau game sepakbola Winning Eleven/WE (atau dalam judul internasion.. more