Bhurloka: Mengungkap Keberadaan Roh Jahat (Nirjiva) di Bali

2 years ago
Sumber: CIAYO Comics/ Bhurloka

Bhurloka.

Menyambut Halloween yang akan tiba sebentar lagi, memang pas waktunya buat ngebahas segala sesuatu yang bersifat horor atau alam gaib. Ya, Halloween memang kurang populer di Indonesia, namun tema horor selalu sukses mengundang perhatian masyarakat Indonesia.

Kali ini penulis akan me-review salah satu komik horor dari situs baca komik online gratis Indonesia, CIAYO Comics yang berjudul Bhurloka. Masyarakat Bali pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata Bhurloka. Bhurloka dalam komik ini dapat diartikan sebagai alam bawah.

Komik bergenre horor-thriller karya Ai Shuma ini menggunakan latar tempat Bali. Di balik pesona keindahan alam Bali, Ai Shuma sukses mengambil sisi horor Bali untuk dijadikan cerita. Penulis sendiri sebagai penggemar cerita horor pun dibuat terhanyut dengan alur cerita yang ditawarkan.

Sumber: CIAYO Comics/ Bhurloka

Sumber: CIAYO Comics/Bhurloka

Di komik ini, pembaca akan dikenalkan dengan sosok pemeran utama yang bernama Indriya. Sesuai dengan sinopsisnya, Indriya merupakan  perempuan berusia 26 tahun yang memiliki kelebihan spiritual. Ditemani oleh Lingga, Indriya menghadapi kasus demi kasus untuk membasmi Nirjiva (roh jahat) dan menguak tragedi kasus kematian ibunya 15 tahun lalu yang dipercaya kuat berhubungan dengan Nirjiva yang bernama Getih.

Lingga. Sumber: CIAYO Comics/Bhurloka

Lingga. Sumber: CIAYO Comics/Bhurloka

Awal episode, dikisahkan kasus bunuh diri berantai yang berawal dari kelakuan korban yang tidak wajar. Sebelum bunuh diri, korban dengan balutan baju tradisional biasanya akan menari terlebih dahulu sembari bersenandung. Tak lama setelah itu, korban baru menjatuhkan dirinya dari gedung bahkan ada yang gantung diri.

Melihat kasus berantai ini, polisi pun tak ayal mulai curiga, bahwa kejadian ini bukan berada di ranah mereka. Mereka pun meminta bantuan kepada Indriya dan Lingga untuk mengungkap kasus ini. Namun, karena pengalaman buruk yang dialami Indriya terkait dengan polisi, Lingga pun sempat tak setuju membantu mereka karena khawatir kejadian buruk tersebut akan terulang.

Apa ini ulah Nirjiva?!. Sumber: Lingga. Sumber: CIAYO Comics/Bhurloka

Apa ini ulah Nirjiva?!. Sumber: Lingga. Sumber: CIAYO Comics/Bhurloka

Indriya semakin tak bisa diam, ketika adiknya yang bernama Clara hampir menjadi korban bunuh diri tak wajar ini. Kira-kira siapa di balik kasus bunuh diri berantai ini? Apakah Nirjiva lah pelakunya? Dan apa yang membuat Nirjiva melakukan semua ini? Apakah Indriya berhasil memburu Nirjiva sembari mengungkap tragedi kematian ibunya 15 tahun lalu?

Apa ini ulah Nirjiva?!. Sumber: Lingga. Sumber: CIAYO Comics/Bhurloka

Apa ini ulah Nirjiva?!. Sumber: Lingga. Sumber: CIAYO Comics/Bhurloka

Hal yang menurut penulis juga menarik dalam komik ini adalah kita akan sering disuguhi dengan adegan adat istiadat, keseharian, kebiasaan orang Bali serta kearifan lokal yang ditampilkan dalam komik ini. Buat kalian yang penasaran dengan komik ini, bro sis bisa baca langsung komiknya di CIAYO Comics atau klik tautan di bawah ini.

BHURLOKA

Selamat membaca komik ini dan berikan komentar-mu yang guys!

About Author

Steffi CIAYO

Steffi CIAYO

“All life is an experiment. The more experiments you make the better.” —Ralph Waldo Emerson

Comments

Most
Popular

reiwa kamen rider

Reiwa: Era Baru Jepang dan Dampaknya Pada Kamen Rider

Era Reiwa menyongsong menggantikan era Heisei Jepang. Akan ada banyak hal yang berubah, salah satunya adalah serial Kame.. more

Inktober

Inktober 2017 Sepi? Ini Kata Para Artist

Selain merayakan hari Sumpah Pemuda dan Halloween, buat para penggambar (artist) pasti tau sama Inktober. Sudah diadakan.. more

(Sumber: ultimumvitae.com)

Yuk! Intip Fakta dan Sejarah Penggunaan Emoticon

Kalau kamu pengguna aplikasi messenger di smartphone, pasti kamu udah gak asing lagi dengan yang namanya emoticon dan st.. more

Google Play Indonesia Games Contest 2017

Final Google Play Indonesia Games Contest berlangsung pada Rabu, 26 April 2017 yang bertempat di The Warehouse, Plaza In.. more

Sumber: youtube.com

Jika “The Expendables” Adalah Film Kelas A, Maka “Showdown in Manila” Adalah Film Kelas B

Memang terlalu jahat jika membandingkan Showdown in Manila ini dengan salah satu dari The Expendables... more