CIAYO COMICONNECT Tour 2018 Dari Mata Para Crew

3 weeks ago
00-comiconnect-bts

24 November 2018, Gedung Cocowork Filateli menjadi tempat pemberhentian terakhir CIAYO COMICONNECT Tour 2018 yang sebelumnya sudah dilaksanakan di 10 kota di seluruh Indonesia. Persiapan acara sudah direncakan satu bulan sebelumya, ketika panitia inti masih berada di kota lain. Sebagai penutup rangkaian tour, panitia ingin membuat CIAYO COMICONNECT Tour Jakarta 2018 menjadi acara yang istimewa. Tidak hanya edukatif, tapi juga menghibur peserta yang datang.

Gedung Cocowork Filateli dipilih sebagai tempat diselenggarakannya CIAYO COMICONNECT Tour Jakarta 2018 dikarenakan tempat tersebut identic sebagai tempat yang asyik untuk co-working, tempat para komunitas-komunitas industri kreatif seperti Kelompok Pelukis & Penulis Indah (KPPI), Galeri Fotojurnalistik Antara (GFJA), dan Komunitas Perangko beraktivitas. Gedung dengan gaya deco art ini diharapkan bisa membuat  CIAYO COMICONNECT Tour Jakarta 2018 menjadi lebih meriah dan membuat  suasana lebih intim.

Baca Juga: Empat Hal Ini Bikin Kamu Nyesel Nggak Datang ke CIAYO COMICONNECT Tour Jakarta!

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Jauh sebelum acara dimulai, panitia telah melakukan persiapan yang matang. Tamu-tamu yang diundang sebagai pembicara adalah nama-nama besar di industri kreatif Indonesia. Faza Meonk yang terkenal dengan karyanya, Si Juki, Jasmine Surkatty pengarang Komik Gak Jelas yang karyanya terpilih sebagai top 5 IP di Katapel, dan nama-nama besar lainnya. Untuk sesi hiburannya, tim CIAYO mengundang musisi Moneva dan Vadi Akbar. Acara CIAYO COMICONNECT Tour Jakarta 2018 memiliki skala yang lebih besar dibanding  acara sebelumnya, dan ini menjadi tantangan tersendiri bagi tim panitia.

Beberapa jam sebelum acara dimulai, di depan pintu masuk Cocowork Filateli, beberapa staff CIAYO sibuk mempersiapkan registrasi. Di depan meja registrasi terdapat photo booth tempat para peserta acara bisa berfoto. Ketika peserta masuk, mereka akan disambut dengan bantal bean bag dengan warna merah dan hitam yang sudah disusun rapi. DI masing-masing sisi, berderet meja-meja tempat para content creator menjajahkan produk mereka. Di depan, terdapat layar dan panggung tempat Key Speaker berbicara. Lampu sorot panggung menyala. Staff-staff CIAYO terlihat sedang melakukan koordinasi dengan kameramen atau contributor acara. Beberapa dari mereka bahkan menginap  di gedung Cocowork Filateli sehari sebelumnya, melakukan pemeriksaan untuk memastikan semuanya berjalan lancar.

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Saya berinteraksi dengan beberapa staff CIAYO untuk mengetahui bagaimana persiapan mereka dan apa yang mereka rasakan ketika acara berlangsung. Bonaventura Aditya Perdana, selaku social media officer CIAYO terlihat sibuk berkeliling dan berjaga di area photobooth. Sebagai social media officer, dia memastikan adanya interaksi di social media CIAYO. Acara CIAYO COMICONNECT Tour Jakarta 2018 ini adalah pengalaman pertamanya di event besar CIAYO. “Rasanya senang, memang ada kesulitan yang menantang, tapi jujur senang bisa menambah pengalaman,” ungkapnya sembari memegang smartphone yang menjadi senjata utama seorang social media officer.

Rizka Noveranti yang termasuk sebagai panitia dan juga officer CIAYO Blog, ketika ditanya bagaimana perasaannya sebagai panitia COMICONNECT Tour Jakarta 2018, “Rasanya deg-degan kalau acara yang sudah dirancang, tapi tidak sesuai rencana.” Kekhawatiran yang juga dirasakan oleh Meka Medina selaku  editor in chief CIAYO Blog yang bertugas melakukan koordinasi dengan kontributor lepas yang akan membantu mendokumentasikan acara. Dia mengungkapkan kekhawatirannya ketika nara sumber yang rencananya akan diwawancarai belum terlihat di acara. Wajahnya terlihat lega ketika narasumber datang.

Baca Juga: Author Komik Cantik Unjuk Gigi di CIAYO COMICONNECT Tour Jakarta

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Acara COMICONNECT Tour Jakarta 2018 berlangsung meriah dan sukses. Pengunjung yang datang terlihat puas bisa berinteraksi dengan creator yang datang. Acara yang tadinya ditargetkan dihadiri 100 orang ternyata dihadiri jauh lebih banyak. Jumlah peserta yang registrasi mencapai 500 orang. Acara resmi ditutup dengan foto bersama yang diikuti oleh semua peserta.

Acara COMICONNECT Tour Jakarta berakhir pada pukul 20.00. Para peserta sudah meninggalkan area, sementara beberapa panitia terlihat masih sibuk menyelesaikan tugas mereka. Di layar besar yang dipakai untuk acara, mereka menyaksikan dokumenter behind the scene CIAYO COMICONNECT Tour 2018 yang direkam oleh tim dokumentasi.

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Penulis berkesempatan untuk berbincang dengan Rajiv Akram yang berperan sebagai panitia inti CIAYO COMICONNECT Tour 2018 dan Marketing CIAYO Corp yang telah terlibat dari perencanaan hingga eksekusi akhir. Dia telah menjabat berbagai tugas selama masa kepanitiaannya, mulai dari MC, floor director, tim kreatif, dan posisi lainnya. Di sela-sela kesibukannya, Rajiv menyempatkan diri untuk berbagi pengalamannya sebagai panitia.

“Senang ya, bisa jalan-jalan bareng tim, tim juga semakin solid, dan tiap kota ada suka dukanya masing-masing yang berkesan, tapi yang paling duka adalah COMICONNECT Tour Jakarta, karena ini yang terakhir,” ungkapnya. Ketika ditanya apakah ada rencana lain setelah COMICONNECT Tour 2018, “Kalau masih yang terkait COMICONNECT, mudah-mudahan tahun depan ada, kita bisa mengadakan di lebih banyak kota, tapi, nanti aka nada acara yang lebih besar lagi, kalau lancar rencananya kita akan mengadakan CIAYO COMIC CONVENTION, jadi isinya seperti convention, ada pameran segala macam.”

Peserta CIAYO COMICONNECT Tour 2018 berfoto bersama crew dan Vadi Akbar. Sumber: CIAYO Pictures

Peserta CIAYO COMICONNECT Tour 2018 berfoto bersama crew dan Vadi Akbar. Sumber: CIAYO Pictures

Acara COMICONNECT Tour 2018 memang telah berakhir, tapi tim CIAYO telah memiliki rencana untuk mengadakan acara yang lebih ambisius dan lebih besar lagi di tahun mendatang. Penulsi mengucapkan terima kasih kepada tim CIAYO yang memberikan insight dan pengalamannya selama menjadi panitia.

About Author

Barhan

Barhan

Kontributor circle Rimawarna. Senantiasa mencari inspirasi untuk menjadi lebih baik. Sering bolak balik dari Jakarta ke Bekasi.

Comments

Most
Popular

Goblin Slayer - Thumb

Goblin Slayer Anime Tersadis? Tunggu Dulu! Judul-Judul Ini Jauh Lebih Seram

Beberapa waktu terakhir ini kalangan penggemar anime, otaku dan forum-forum anime dunia dihebohkan dengan salah satu TV .. more

00-d-kasane

Film Kasane Tampilkan Adaptasi Manga Thriller Menegangkan

Aktris buruk rupa Kasane mendapatkan lipstik warisan ibunya. Jika ia mencium seseorang dengan lisptik itu, ia bisa mencu.. more

00-d-comiket-94

Mengintip Persiapan Comiket 94, Acara Komik Terbesar di Jepang

Penasaran dengan event komik terbesar di Jepang? Simak behind the scene dari Comiket 94, mulai dari persiapan H-1 hingga.. more

Game Spiderman PS4

Menyambut Game Spider-Man PS4, Ini Dia Game Spider-Man Jaman Dulu!

Game baru Spider-Man segera dirilis untuk PlayStation 4 secara ekslusif. Ini dia daftar game - game Spider-man jaman dul.. more

Dilan 1990

Film Ini Ngalahin Star Wars di Trending Topic

Indonesia kemarin sempat dikagetkan dengan trending topic Twitter yang ada. Ternyata hal ini disebabkan oleh film Dilan .. more