CIAYO COMICONNECT Tour Jakarta: Perhentian Terakhir Tur 11 Kota

3 weeks ago
00-comiconnect-2018-report

Acara CIAYO COMICONNECT Tour 2018 memasuki kota terakhir: Jakarta. Karena sebagai penutup, acara yang diadakan di Cocowork Filateli, Jakarta, 24 November 2018 ini menampilkan konsep berbeda dari sebelumnya. Selain author ternama yang mengisi acara setiap sesi dan memberikan edukasi dalam bidang komik dan Intellectual Property (IP), CIAYO COMICONNECT Tour Jakarta menghadirkan hiburan yang disajikan oleh Moneva dan booth yang diisi oleh author dan komunitas.

Dimulai pukul 12 siang, MC Mike, Rajiv, dan Helloditta memperkenalkan CIAYO COMICONNECT Tour yang merupakan rangkaian tur dari CIAYO Comics dalam rangka mengumpulkan komikus berbakat di 11 kota besar yang sudah berlangsung sejak Maret 2018. Setelah lagu pembuka yang dinyanyikan oleh Moneva, pembawa acara memperkenalkan booth yang berada di kiri dan kanan panggung seperti Gula Comic, komunitas Raincity Artholic, Komik Faktap, Komik Ga Jelas, Komikin Ajah, dan yang lainnya. Tidak lupa pula ada booth BBM yang bekerjasama dengan CIAYO Comics dalam mempublikasikan komik.

Baca Juga: CIAYO Comics ComiConnect Tour 2018, Ajang Kumpul dan Berbagi Ilmu Para Kreator Komik

MC sedang menjelaskan tentang CIAYO COMICONNECT Tour (Sumber: CIAYO Pictures)

MC sedang menjelaskan tentang CIAYO COMICONNECT Tour (Sumber: CIAYO Pictures)

Pengisi acara pertama yaitu Faza Meonk. Author komik Si Juki yang film animasinya pernah mengguncang layar lebar bioskop Indonesia ini menceritakan perjuangannya dari awal dalam menciptakan Si Juki. Perjuangan Faza dalam membangun IP miliknya ini mendapat tantangan berat lantaran industri komik di Indonesia belum terbentuk dengan baik. Sulit sekali menembus pangsa pasar komik di Indonesia yang dikuasai oleh manga. Namun, konsistensinya dalam memperkenalkan Si Juki membuat IP miliknya ini diadaptasi hingga ke bentuk animasi.

Faza Meonk berkisah tentang Si Juki (Sumber: CIAYO Pictures)

Faza Meonk berkisah tentang Si Juki (Sumber: CIAYO Pictures)

Di sesi berikutnya, ada empat author cantik yang berkisah tentang perjuangan mereka dalam menjadi author. Helloditta—author Blue Serenade—yang kini disibukkan oleh berbagai kegiatan di CIAYO bertugas sebagai pembawa acara. Adelia Maghfira—author yang dikenal dengan nama Maghfirare—mengisahkan awal mula dirinya terjun di bidang komik dan kesibukannya dengan kuliah hingga Maghfirare jarang update. Author manis ini juga sedang berusaha menggarap komik bertema horror dan psychological thriller.

Baca Juga: Adelia Maghfira: Ciri Khas Komik Indonesia Ada di Cerita

Empat Author Cantik sedang mengisahkan perjuangannya (Sumber: CIAYO Pictures)

Empat Author Cantik sedang mengisahkan perjuangannya (Sumber: CIAYO Pictures)

Devita Krisanti—author Krisanti comic—menceritakan tentang kesulitannya meyakinkan orangtuanya dalam menekuni bidang komik. Pemilihan kuliahnya di luar negeri dan wisudanya yang baru saja dilakukannya bulan lalu menjadi salah satu pembuktian kalau dia bisa bertanggungjawab atas apa yang dilakukannya. Begitupun dengan Komik Krisanti yang masih konsisten digarapnya.

Baca Juga: Devita Krisanti: Kebahagiaan di Balik Kisah Patah Hati

Randy Indrayanto dari Komikin Ajah turut naik ke atas panggung CIAYO COMICONNECT Tour Jakarta. Sumber: CIAYO Comics

Randy Indrayanto dari Komikin Ajah turut naik ke atas panggung CIAYO COMICONNECT Tour Jakarta. Sumber: CIAYO Comics

Jasmine Surkatty—author Komik Ga Jelas—membocorkan ide yang mendasari komik buatannya. Terinspirasi dari kehidupan sehari-hari, mulai dari cerita, penokohan, hingga reaksi para tokohnya dalam menghadapi suatu masalah benar-benar nggak jelas. Dari iseng menggambar di buku catatan sewaktu bosan di kelas, Jasmine membuat versi digital dan dimasukkan ke laman Facebook miliknya.

Booth yang turut memeriahkan acara CIAYO COMICONNECT Tour Jakarta (Sumber: CIAYO Pictures)

Booth yang turut memeriahkan acara CIAYO COMICONNECT Tour Jakarta (Sumber: CIAYO Pictures)

BBM turut hadir dalam rangka kerjasamanya dengan CIAYO Comics (Sumber: CIAYO Pictures)

BBM turut hadir dalam rangka kerjasamanya dengan CIAYO Comics (Sumber: CIAYO Pictures)

Borton Liew—CEO CIAYO Corp.—pun tidak ketinggalan dalam memberikan tanggapannya mengenai Intellectual Property (IP). Setelah selfie dengan salam engage yang dipopulerkannya melalui media sosial miliknya, beliau memberikan pemahaman tentang komik yang juga salah satu produk IP itu sendiri. Salah satu kelebihan IP pun dijelaskan, yaitu memiliki sumber daya tidak terbatas, yaitu ide. Jangan hanya sekadar membuat komik, tetapi untuk membangun IP. Bisnis IP akan jadi bisnis masa depan.

Kemeriahan penonton saat membuat salam Engage (Sumber: CIAYO Pictures)

Kemeriahan penonton saat membuat salam Engage (Sumber: CIAYO Pictures)

Marchella F.P.—founder Generasi 90an—mengisi acara talkshow with Generasi 90an. Terbentuknya IP ini tidak lepas dari media sosialnya yang selalu melemparkan suatu topik tertentu untuk dibahas, mulai dari permainan, kegiatan anak-anak, hingga acara-acara yang populer di tahun 90an. Author cantik ini berharap para pembacanya kembali mengenang masa kanak-kanak mereka yang tumbuh di tahun 90an.

Moneva menghibur peserta dengan berbagai lagu (Sumber: CIAYO Pictures)

Moneva menghibur peserta dengan berbagai lagu (Sumber: CIAYO Pictures)

Selain Moneva yang mengisi hiburan, ada pula Vadi Akbar yang bernyanyi dengan suara merdunya. Bagi peserta yang kelaparan selagi acara pun tidak perlu meninggalkan lokasi karena ada booth makanan dan minuman yang mampu mengobati rasa lapar dan haus. Makanan yang disediakan cukup beragam, mulai dari nasi kuning, nasi goreng seafood, nasi kikil, nasi cumi, dan yang lainnya. Ada pula kopi dan berbagai minuman kemasan lainnya yang bisa dibeli oleh pengunjung. Jika dana terbatas, ada diskon 20% yang bisa didapatkan dengan cara berfoto di photobooth yang ada di samping pintu masuk.

Baca Juga: Empat Hal Ini Bikin Kamu Nyesel Nggak Datang ke CIAYO COMICONNECT Tour Jakarta!

Booth makanan dan minuman, bisa diskon 20% lho! (Sumber: CIAYO Pictures)

Booth makanan dan minuman, bisa diskon 20% lho! (Sumber: CIAYO Pictures)

Dari serangkaian acara yang disajikan, peserta yang membludak tampak sangat puas. Feiruz Rizani—author Imaginarium—menceritakan kesan-kesannya terhadap acara yang berlangsung. Dia berharap, dari adanya CIAYO COMICONNECT Tour yang sudah dilakukan dapat membuat para komikus terhubung satu sama lain. Selain itu, komikus juga tidak terpatok pada suatu genre populer. Seperti Imaginarium yang mengangkat tema penyakit mental, beliau berharap ada pula komikus yang berani mengangkat genre antimainstream yang membuat pembacanya berpikir dan merasa mendapat edukasi, tidak melulu hiburan.

Feiruz Rizani, author Imaginarium, menyempatkan hadir bersama kekasihnya (Sumber: CIAYO Pictures)

Feiruz Rizani, author Imaginarium, menyempatkan hadir bersama kekasihnya (Sumber: CIAYO Pictures)

Kalian yang sudah mendaftar tetapi tidak sempat hadir, pasti menyesal. Kapan lagi bisa mendengarkan para author terkenal bercerita tentang kisah mereka dan memberikan kalian semangat dalam terus berkarya. Makanya, ayo bangkit berkarya dan buat IPmu sendiri! Jangan lupa submisi ke CIAYO Comics sebelum 31 Desember 2018 ya…

About Author

Saya Grad

Saya Grad

Menyukai May’n, anime, dan film Jepang. Bisa dihubungi melalui laman Facebook Saya Grad ataupun Twitter @grad_11

Comments

Most
Popular

Sumber: CIAYO Games

CIAYO Games Segera Rilis Game Perdananya

CIAYO Games yang merupakan divisi game dari CIAYO Comics akan segera merilis mobile game perdananya di Indonesia... more

00-d-anime-baru-ponimu

Koleksi Anime Baru Ponimu Tayang 17 September

Empat judul anime baru Ponimu Indonesia: Canaan, Tari Tari, dan dua film Higashi no Eden bisa ditonton mulai 17 Septembe.. more

Nickelodeon. Sumber: idwgames

Yuk, Nostalgia Bareng Film Kartun Nickelodeon ini!

Mari kembali mengingat berbagai film kartun Nickelodeon yang pernah menghiasi layar kaca Indonesia ini dari pagi hingga .. more

00-d-yato-&-iato

Yato & Iato: Monyet Astronot VS Pemburu Alien

Yato & Iato berkisah tentang... Yato dan Iato. Yato adalah monyet astronot, sementara Iato adalah pemburu alien. Apa jad.. more

Komik Aso (Sumber: CIAYO Comics)

Belajar Berdamai dengan Masa Lalu Bersama Aso

Masa lalu dipandang dengan berbagai cara oleh manusia. Ada yang memandangnya sebagai sebuah mesin waktu dan berharap bis.. more