Siap Ikut CIAYO Comics Challenge Vol. 3? Baca Dulu Aturan Mainnya!

3 months ago
00 d CIAYO Comics Challenge Vol. 3

Sebelumnya sudah diberitakan bahwa CIAYO Comics akan mengadakan CIAYO Comics Challenge Vol. 3. Kompetisi komik ketiga dari platform webcomic lokal ini bakal mempertemukan para author komik dari seluruh Indonesia, untuk bersaing menciptakan komik mini series dan one shot terbaik.

Mengusung tema REDISCOVER, CIAYO Comics Challenge Vol. 3 bakal memperebutkan hadiah dengan nilai mencapai lebih dari 450 juta Rupiah! Beragam hadiah diperebutkan, mulai dari uang tunai, komputer, drawing tablet, konsol game, hingga sepeda motor!

01-intro

Teruntuk para author dan challenger yang hendak mengikuti CIAYO Comics Challenge Vol. 3, ada baiknya menyimak aturan main dari challenge komik ini. Seperti apa aturan mainnya? Ada 5 poin penting yang harus diperhatikan sebelum challenger melakukan submit komik mini series dan one shot. Apa saja kelima poin tersebut? Yuk disimak baik-baik!

1. Sesuaikan Tema Komik!

02-a

Baik komik mini series dan one shot dalam CIAYO Comics Challenge Vol. 3, keduanya harus mengusung tema yang sama, yakni REDISCOVER. CIAYO Blog sudah pernah mengulas makna dari REDISCOVER, yang bisa dibaca di sini. Bagaimana challenger menerjemahkan makna dari tema REDISCOVER, tentu semuanya tergantung challenger sendiri. Yang pasti, twist dan plot yang nggak umum bakal menjadi nilai plus dalam penjurian, selama masih berada dalam koridor tema REDISCOVER.

2. Pastikan Genre-nya Cocok!

03-b

Setelah menemukan ide cerita yang cocok dengan tema, pastikan konsepnya sesuai dengan genre yang dilombakan. Ada lima genre komik yang dilombakan dalam CIAYO Comics Challenge Vol. 3: Romance, Comedy, Action, Horror, dan Fantasy. Ingat, kombinasi twist dan plot unik, dan dipadukan dengan pemilihan genre yang tepat, juga menjadi penilaian plus bagi juri.

3. Periksa Hal-Hal Teknis!

04-c

Membuat komik untuk ranah webcomic tentu berbeda dengan membuat komik biasa. Maka dari itu, pastikan challenger menyesuaikan spesifikasi komiknya sesuai dengan ketentuan. Dalam CIAYO Comics Challenge Vol. 3, submisi komik mini series dan one shot harus memiliki dimensi lebar menyamping 700px, dan panjang ke bawah minimal 30.000px. Komik kemudian harus di-slice (dipotong) dengan ukuran lebar 700px dan panjang 1000px per slice. Komik harus di-submisi dalam format JPEG dan resolusi 300 dpi.

4. Pahami Perbedaan Tiap Kategori!

05-d

Sebelumnya sudah disinggung kategori komik mini series dan one shot, tapi apa sih maksud dari keduanya?

Jika challenger mengikuti kategori mini series, maka challenger harus menciptakan komik bersambung yang minimalnya tamat dalam 3 episode. Jika komik yang di-submisi tamat sebelum masuk episode 3, maka komiknya tidak masuk ke dalam penilaian. Setiap episode komik mini series ini nggak harus di-submit langsung semuanya sampai tamat, jadi bisa dicicil sesuai kesanggupan.

Sementara dalam kategori one shot, challenger dapat mengirimkan komik yang langsung tamat di episode pertama. Cukup simpel, kan?

5. Komik Harus Original!

06-e

Nah, ini dia poin yang paling penting. Baik komik dalam kategori mini series dan one shot harus original. Artinya adalah komik yang diikutsertakan belum pernah diterbitkan secara komersil dan tidak mengandung konten yang melanggar hak cipta pihak ketiga dan/atau memiliki ikatan hukum dengan pihak ketiga. Kalau komiknya ketahuan melanggar hal tersebut, tentunya akan didiskualifikasi secara otomatis.

***

Nah, apakah author dan challenger sudah memahami lima peraturan penting di atas? Selama mengikuti aturan-aturan tersebut, author dan challenger punya kesempatan besar untuk memenangkan CIAYO Comics Challenge Vol. 3 dan mendapatkan hadiahnya. Bagaimana? Sudah siap untuk me-REDISCOVER kemampuan ngomik dan menantang para author berbakat lainnya?

Jika author dan challenger masih merasa bingung dengan aturan main CIAYO Comics Challenge Vol. 3, berikut ini adalah dokumen lengkap untuk mekaisme, syarat, dan ketentuan yang bisa disimak.

Mekanisme

Periode Challenge

  1. 8 Februari: Pengumuman Challenge
  2. 8 April: Penerimaan submisi
  3. 8 Mei: Penayangan submisi yang lolos kurasi (jika jumlah submisi yang lolos kurasi sudah memenuhi kuota).
  4. 8 November: Penutupan submisi dan mulai periode penjurian.
  5. 8 Desember: Pengumuman pemenang

Persyaratan Peserta

  1. Kompetisi ini terbuka untuk umum dan tidak ada batasan usia.
  2. Maksimal jumlah kreator dalam satu submisi adalah 4 orang, namun submisi cukup menggunakan satu account saja.
  3. Kontributor resmi CIAYO Comics diperbolehkan untuk mengikuti CIAYO Challenge Vol. 3.
  4. Kompetisi ini tertutup untuk karyawan dan keluarga CIAYO Corp.

Mekanisme Submisi

  1. Terdapat 5 pilihan kategori genre yang bisa dipilih: horor, action, romance, comedy, dan fantasy.
  2. Tema: REDISCOVER. Informasi lebih dalam tentang tema Challenge bisa dilihat di sini.
  3. Kategori Challenge dibagi jadi dua: Miniseries dan One-shot.
    • Miniseries adalah komik yang ceritanya dibagi dalam beberapa episode. Satu komik miniseries minimal terdiri dari 3 episode dan cerita harus tamat. Apabila jumlah episode yang dikirim kurang dari 3, maka karya tidak akan diikutkan ke dalam penilaian / penjurian. Masing-masing episode tidak harus diunggah pada waktu yang bersamaan.
    • One-shot adalah komik yang ceritanya selesai dalam satu episode.
  4. Submisi yang diterima adalah submisi yang dikirimkan melalui submit.ciayo.com. Submisi yang dikirim melalui email atau jalur lain otomatis akan ditolak.
  5. Komik memakai format webtoon, ekstensi JPEG, dan resolusi 300 dpi. Dimensinya sebagai berikut:
    • Ukuran per slice: Width 700px, height 1000px, file size max 200kB
    • Minimal 30 slice
  6. Selain komik, terdapat aset pendukung yang juga harus disertakan (format JPEG):
    • Avatar Author: Width 200px, height 200px, file size max 200kB
    • Cover Komik Desktop: Width 1440px, height 400px, file size max 500kB
    • Cover Komik Mobile: Width 640px, height 427px, file size max 500kB
    • Thumbnail Komik: Width 300px, height 300px, file size max 200kB
    • Thumbnail Episode (khusus series): Width 300px, height 300px, file size max 200kB
    • Banner Share Komik: Width 600px, height 315px, file size max 200kB
  7. Dilarang menyinggung SARA, pornografi, dan penggambaran kekerasan yang berlebihan.
  8. Gaya gambar, pewarnaan, dan tools dibebaskan.
  9. Boleh mengirimkan lebih dari 1 karya di dalam 1 genre ataupun di genre yang berbeda.
  10. Komik yang diikutsertakan belum pernah diterbitkan secara komersil dan tidak mengandung konten yang melanggar hak cipta pihak ketiga dan/atau memiliki ikatan hukum dengan pihak ketiga.
  11. Hanya submisi yang lolos kurasi yang akan dipublikasikan di CIAYO Comics sebagai entri CIAYO Challenge Vol. 3.
  12. Challenger yang karyanya tidak lolos kurasi akan dikabari melalui e-mail selambat-lambatnya 5 (lima) hari kerja sejak submisi diterima.
  13. Jika karya tidak lolos kurasi, Challenger diperbolehkan melakukan perbaikan sebelum tanggal batas pengiriman submisi, yaitu tanggal 8 Oktober 2018.

Pemilihan Pemenang CIAYO Comics Challenge Vol. 3

  1. Tidak ada pemisahan genre. Pada periode penilaian, seluruh submisi dari 5 (lima) kategori genre disatukan dan akan dipilih sebanyak 10 (sepuluh) pemenang utama, dengan porsi peniliaian 80% dari juri dan 20% dari pembaca (berupa likes).
  2. Hasil penilaian juri akan dikirimkan melalui e-mail kepada masing-masing Challenger yang berhasil masuk nominasi.
  3. Akan diambil 3 (tiga) juara favorit yang ditentukan dari jumlah like terbanyak dalam periode 8 Mei – 8 November 2018.
  4. Pengumuman pemenang bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
  5. Challenger yang mengirimkan submisi lebih dari satu dapat menang lebih dari satu kali jika karya-karya yang dikirim dapat lolos kurasi dan penilaian juri serta pembaca.

Perihal Revisi

Apabila hendak merevisi karya yang sudah tayang di CIAYO Comics, Challenger dapat mengirimkan permohonan revisi ke submission@ciayo.com dengan mencantumkan [REVISI] pada subjek email. Sertakan keterangan dan slice episode komik yang hendak direvisi. Revisi akan direspon selambat-lambatnya 3 (tiga) hari kerja setelah permohonan diterima.

Syarat dan Ketentuan

Dengan mengirimkan submisi untuk mengikuti CIAYO Comics Challenge Vol. 3 (selanjutnya akan disebut “Challenge”) yang diselenggarakan oleh CIAYO Corp (selanjutnya akan disebut “Penyelenggara”), peserta menyatakan dan menjamin bahwa komik yang diikutsertakan belum pernah diterbitkan secara komersil dan tidak mengandung konten yang melanggar hak cipta pihak ketiga dan/atau memiliki ikatan hukum dengan pihak ketiga.

Peserta juga menyetujui dan mematuhi setiap poin-poin yang ada di bawah ini.

Ketentuan Lainnya

  1. Penyelenggara berhak mendiskualifikasi peserta yang diduga melakukan kecurangan dalam bentuk apapun.
  2. Penyelenggara tidak bertanggung jawab atas gangguan sinyal dan aplikasi yang rusak atau tertunda yang disebabkan karena kegagalan atau kerusakan sistem jaringan provider terkait.
  3. Challenge tidak berlaku bagi karyawan penyelenggara dan keluarganya serta pihak-pihak yang turut terlibat dalam menyelenggarakan Challenge. Di luar itu, kontributor resmi (“official author”) CIAYO Comics tetap diperbolehkan untuk mengikuti Challenge.
  4. Penyelenggara berhak mengubah dan atau memodifikasi syarat dan ketentuan Challenge dari waktu ke waktu dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  5. Setiap materi yang diikutsertakan dan dikirimkan dalam Challenge menjadi hak CIAYO Comics. Penyelenggara berhak untuk menggunakannya sesuai kepentingan CIAYO Comics, termasuk namun tidak terbatas pada kebutuhan promosi, konten, dan marketing di media sosial dan platform CIAYO Comics.
  6. Jika karena alasan apapun pemberian hadiah tidak dapat berjalan sesuai rencana, Penyelenggara memiliki hak untuk memodifikasi ketentuan pemberian hadiah yang senilai dengan hadiah yang telah dijanjikan.
  7. Tidak dipungut biaya apapun dalam mengikuti Challenge. Pajak ditanggung oleh Penyelenggara. Hati-hati penipuan.
  8. Dengan mengikuti Challenge, peserta yang telah diangkat sebagai pemenang memberikan ijin kepada Penyelenggara untuk menggunakan nama, foto dan/atau kemiripannya, untuk ditayangkan dengan tujuan pemasaran dan iklan tanpa kewajiban memberikan kompensasi dalam bentuk apapun kepada peserta (selain hadiah yang sudah ditentukan), baik untuk penggunaan secara terbatas sehubungan dengan Challenge dan/atau untuk kepentingan apapun di media cetak maupun elektronik, termasuk internet tanpa batasan waktu.
  9. Penyelenggara tidak bertanggungjawab atas aplikasi yang hilang, rusak atau tertunda sebagai akibat dari kerusakan, kegagalan dan kejadian serupa lainnya yang terjadi pada jaringan, perangkat keras komputer, atau perangkat lunak komputer.
  10. Penyelenggara berhak untuk mendiskualifikasi peserta yang tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.
  11. Semua karya peserta yang melanggar aturan Challenge akan dianggap gugur dan didiskualifikasi tanpa pemberitahuan sebelumnya. Keputusan ini tidak dapat diganggu gugat.
  12. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi hello@ciayo.com.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

CIAYO Games Sambangi Agate Studio. Ada Apa Ya?

Beberapa waktu lalu, Tim CIAYO Games berkunjung ke Agate Studio. Nggak hanya sharing session, CIAYO Games dan Agate Stud.. more

Sumber: Eze Nkiri

Uwe Boll, Tersangka Utama Gagalnya Adaptasi Film Video Game

Kenapa ada anggapan kalau film adaptasi dari video game selalu jelek? Mungkin alasannya bisa ditanyakan ke sutradara yan.. more

Hasil jarahan perang dari Pasar Komik Bandung 6 (CIAYO Pictures)

Indonesia Harus Mulai Melirik Intellectual Property Sebagai Komoditi Industri

Inilah kekuatan IP yang harus mulai dilirik oleh penggiat industri kreatif. Ada banyak cara untuk memulai untuk membangu.. more

00 dceu desktop

10 Superhero DC Yang Harus Dibuatkan Film Solo-nya

Di samping Batman, Superman dan Wonder Woman, masih banyak superhero DC lain yang harus punya film solo mereka sendiri d.. more

Nusantaranger (Facebook Sweta Kartika)

Komik Sweta Kartika, Kebanggaan Indonesia

Berbicara tentang komik, tentunya tidak lepas dari penciptanya yang sering disebut komikus. Yuk, kenali karya-karya komi.. more