CIAYO Comics ComiConnect Tour 2018, Ajang Kumpul dan Berbagi Ilmu Para Kreator Komik

8 months ago
Sumber: CIAYO Comics

Press Release

CIAYO Comics adalah sebuah platform komik digital yang berisi komik-komik lokal super keren buatan komikus Indonesia dengan berbagai genre, mulai dari action, drama, romance, horror, thriller dan comedy.

Jakarta, 14 Maret 2018 – Platform komik digital asal Indonesia, CIAYO Comics sukses mengadakan seminar bertajuk CIAYO Comics ComiConnect Tour 2018. Acara yang diadakan di  Lo.Ka.Si, Bandung, 10 Maret 2018 ini dihadiri Lebih dari 130 peserta  yang merupakan kreator-kreator komik lokal yang juga didukung oleh komunitas komik lokal di Bandung.

Peserta ComiConnect Tour 2018 di Bandung. ComiConnect akan mengunjungi 11 kota besar di sepanjang tahun 2018. (Sumber: CIAYO Comics)

Peserta ComiConnect Tour 2018 di Bandung. ComiConnect akan mengunjungi 11 kota besar di sepanjang tahun 2018. (Sumber: Pictures)

Untuk mengisi seminar ini, CIAYO Comics menghadirkan scripwriter komik digital Hearbeat, Tessa YP dan komikus kondang Bandung, Sweta Kartika. Sesi pertama dibawakan oleh Tessa YP yang berbagi informasi tentang detail cara membuat karakter protagonis dan antagonis yang menarik. Dilanjutkan oleh Sweta Kartika yang membahas tentang cara menggambar anatomi dan gesture di komik.

Sweta Kartika memberikan materi kepada kreator yang hadir. (Sumber: CIAYO Comics)

Sweta Kartika memberikan materi kepada kreator yang hadir. (Sumber: CIAYO Pictures)

Tessa YP memberikan materi script writing kepada kreator yang hadir. (Sumber: CIAYO Comics)

Tessa YP memberikan materi script writing kepada kreator yang hadir. (Sumber: CIAYO Pictures)

Cerita dan ilustrasi memang menjadi kunci utama dalam menciptakan komik yang mempunyai nilai jual yang tinggi. Itu juga yang ingin CIAYO Comics sampaikan kepada para kreator di seluruh Indonesia. CEO CIAYO Corp, Borton Liew, pada saat menyampaikan sambutannya dalam acara ini menegaskan pentingnya IP bagi para kreator, “Intelectual Property (IP) itu sangat perlu dikembangkan dan di monitor. Karena dari sebuah IP itu kita bisa membuat banyak produk turunan yang menjual. Bahkan komik sendiri itu salah satu turunan IP” ungkapnya.

Borton Liew, CEO CIAYO Comics menjelaskan pentingnya managemenrt Intelectual Property terhadap industri komik Indonesia. (Sumber: CIAYO Pictures)

Borton Liew, CEO CIAYO Comics menjelaskan pentingnya managemenrt Intelectual Property terhadap industri komik Indonesia. (Sumber: CIAYO Pictures)

Tujuan utama diadakan CIAYO Comics Connect ini juga untuk memperkenalkan program CIAYO Comics yang baru, CIAYO Class. Program ini diperuntukan bagi para kreator yang komiknya berpotensi tetapi masih perlu diasah lagi untuk bisa menjadi komik yang menjual. Nantinya, komik-komik dalam program ini akan mendapat masukan dari tim editorial di CIAYO Comics selama tiga bulan sampai layak menjadi komik official di CIAYO Comics. Selain itu CIAYO Comics juga mengumumkan CIAYO Comics Challenge Vol.3 dengan hadiah total 450 juta rupiah.

 Beny Maulana (kiri) menjelaskan tentang program CIAYO Class dan CIAYO Comics Challenge vol.3. (Sumber: CIAYO Pictures)

Beny Maulana (kiri) menjelaskan tentang program CIAYO Class dan CIAYO Comics Challenge vol.3. (Sumber: CIAYO Pictures)

CIAYO Comics ComiConnect Tour 2018 bukan hanya ada di Bandung tapi juga akan mengunjungi 10 kota terpilih di seluruh Indonesia. Kota yang berpotensi memiliki banyak komikus muda berbakat ini diseleksi langsung oleh tim CIAYO Comics. Bandung sebagai pembuka CIAYO Comics ComiConnect Tour 2018 akan disusul oleh Yogyakarta, Makassar, Surabaya, Semarang, Bali, Medan, Aceh, Batam, Tegal dan akan di tutup di CIAYO Comics HQ Jakarta.

Informasi lebih lanjut hubungi:

Michael Tan

Public Relation CIAYO Corp

Michael.tanajo@gmail.com

+6282273170103

About Author

Mictanajos

Mictanajos

I start thinking that everyday I feel blessing from God. And I consider it's a new beginning. Yeah, everything is beautiful.

Comments

Most
Popular

00-d-hantu-indonesia

5 Hantu Indonesia Non Mainstream Untuk Ide Komik Horor Kamu

Hantu Indonesia nggak sekedar kuntilanak, pocong, dan genderuwo saja. Ada hantu nenek pendendam, bola api, manusia putih.. more

Komikus Indonesia Kembali Meraih Penghargaan Silent Manga Audition 8!

Untuk kesekian kalinya komikus Indonesia berhasil meraih penghargaan dalam kompetisi komik internasional Silent Manga A.. more

(Sumber: Youtube)

Wawancara Eksklusif CIAYO Blog Dengan Demian Aditya Sang Illusionist

Bro sis masih inget dong sama Demian? Pesulap yang sekarang lebih terkenal sebagai Illusionist Indonesia ini, sempat ram.. more

coco awards

Coco Masuk 13 Nominasi Annie Awards 2018

Salah satu film animasi yang beruntung masuk nominasi Annie Awards adalah Coco. Gak tanggung-tanggung nih, Coco mendapat.. more

00-d-anak-main-game

Ini 7 Alasan Kolot Orang Tua Melarang Anak Main Game

Pernah ngerasain dilarang main game oleh orang tua? Satu dari tujuh alasan orang tua larang anak main game ini pasti per.. more