CIAYO Comics Berkolaborasi Dengan Karyakarsa

2 months ago
CIAYO Comics dan platform dukungan kreator Karyakarsa mengumumkan kolaborasi dalam acara Pertemuan Kawan Karya #1 13 September lalu.

Pada tanggal 13 September lalu, CIAYO Comics mengumumkan kolaborasi dengan Karyakarsa, platform dukungan untuk para kreator dan insan kreatif Indonesia. Kerja sama ini diumumkan pada edisi perdana acara Pertemuan Kawan Karya #1 di CoHive D.Lab Jakarta dan disiarkan langsung oleh Strimingin.

Bentuk kerja sama antara CIAYO Comics dengan Karyakarsa ini adalah melalui rilisan konten. “Yang akan pertama kali kita keluarkan bersama CIAYO Comics adalah konten wallpaper,” ungkap Ario Tamat, founder dan CEO Karyakarsa.

Pertemuan Kawan Karya #1 dibawakan langsung oleh Ario Tamat sebagai moderator dan MC. Acara diskusi ini dihadiri narasumber Pandji Pragiwaksono, komedian serta advisor Karyakarsa, ilustrator Mayumi Haryoto, serta business development CIAYO Comics Fahmi Hamka. Sementara itu para peserta Pertemuan Kawan Karya #1 berasal dari berbagai kalangan, mulai dari ilustrator dan komikus, fashion design, Youtuber dan podcaster, musisi, dan lain-lain.

Pandji menjelaskan konsep Customer’s Journey. Sumber: CIAYO Pictures
Pandji menjelaskan konsep Customer’s Journey. Sumber: CIAYO Pictures

Mengusung tema “Hidup Dari Karya,” para narasumber membahas bagaimana cara insan kreatif bisa hidup berkecukupan dengan merilis karya mereka. Mayumi Haryoto mengungkap bagaimana caranya sukses sebagai ilustrator freelance, dan Pandji membuka rahasia untuk merubah seseorang menjadi teman setia yang mau mendukung sebuah karya kreatif.

Sementara itu, Fahmi Hamka menuturkan cara bagaimana CIAYO Comics bisa membantu mensejahterakan para author komik. “(Kami) membantu para author CIAYO Comics untuk ikut berbisnis bareng CIAYO Comics. Tujuannya biar judul-judul komik dan authornya CIAYO Comics bisa ikut sukses,” jelas Fahmi. “Tujuan utama CIAYO Comics saat launching adalah mengakrabkan author dengan pembaca. Logo CIAYO Comics itu maknanya seperti tangan yang saling berkaitan dan membentuk balon (kata komik).”

Baca Juga: Ingin Jadi Author Official? Ini Cara Submisi Komik CIAYO Comics!

Diskusi bersama Karyakarsa dan CIAYO Comics. Sumber: Karyakarsa
Diskusi bersama Karyakarsa dan CIAYO Comics. Sumber: Karyakarsa

Fahmi menjelaskan, bagaimana cara CIAYO Comics menghubungkan komik dengan pembacanya dimulai dari proses submisi, yang kemudian dicocokkan dengan target/segmen pembacanya untuk membangun fans. “Dari komik itu, otomatis menjadi sebuah IP. Dan itu bisa jadi macam-macam,” tambah Fahmi. Saat ini, CIAYO Comics sudah merilis berbagai produk merchandise dari komik-komiknya, serta menerbitkan beberapa komik tersebut di platform luar negeri.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Tim YOLO

Overtale: Kisah Tim YOLO di dunia Fantasi dan Sihir

Overtale bercerita tentang 4 orang Fighter muda bernama Young, Olgan, Lanfroy, dan Oat. Mereka bertarung bersama mengala.. more

00-comiconnect-2018-report

CIAYO COMICONNECT Tour Jakarta: Perhentian Terakhir Tur 11 Kota

CIAYO COMICONNECT Tour Jakarta 2018 sukses diselenggarakan. Seperti apa keseruan event sharing antara kreator komik Indo.. more

The Game Awards 2017. Sumber gambar: variety.com

Menyambut The Game Awards 2017 di Bulan Desember

Ada 102 judul yang mendapatkan nominasi tahun ini. Seperti event sebelumnya juga, ada beberapa kategori yang dapat dipil.. more

00-d-searching

Review Film Searching – Apakah Internet Telah Menghubungkan Kita Dengan Benar?

Searching bercerita tentang seorang ayah bernama David Kim yang mencari tahu keberadaan anaknya, Margot setelah sang ana.. more

Parade tokoh film Studio Ghibli. Sumber gambar: pinterest.com

Film Terbaru Studio Ghibli Baru Akan Rilis Tahun 2020

Dengan deretan film anime mereka yang keren, Studio Ghibli tak heran sering dibanding-bandingkan dengan kompatriot merek.. more