CIAYO Comics Berkolaborasi Dengan Karyakarsa

7 months ago
CIAYO Comics dan platform dukungan kreator Karyakarsa mengumumkan kolaborasi dalam acara Pertemuan Kawan Karya #1 13 September lalu.

Pada tanggal 13 September lalu, CIAYO Comics mengumumkan kolaborasi dengan Karyakarsa, platform dukungan untuk para kreator dan insan kreatif Indonesia. Kerja sama ini diumumkan pada edisi perdana acara Pertemuan Kawan Karya #1 di CoHive D.Lab Jakarta dan disiarkan langsung oleh Strimingin.

Bentuk kerja sama antara CIAYO Comics dengan Karyakarsa ini adalah melalui rilisan konten. “Yang akan pertama kali kita keluarkan bersama CIAYO Comics adalah konten wallpaper,” ungkap Ario Tamat, founder dan CEO Karyakarsa.

Pertemuan Kawan Karya #1 dibawakan langsung oleh Ario Tamat sebagai moderator dan MC. Acara diskusi ini dihadiri narasumber Pandji Pragiwaksono, komedian serta advisor Karyakarsa, ilustrator Mayumi Haryoto, serta business development CIAYO Comics Fahmi Hamka. Sementara itu para peserta Pertemuan Kawan Karya #1 berasal dari berbagai kalangan, mulai dari ilustrator dan komikus, fashion design, Youtuber dan podcaster, musisi, dan lain-lain.

Pandji menjelaskan konsep Customer’s Journey. Sumber: CIAYO Pictures
Pandji menjelaskan konsep Customer’s Journey. Sumber: CIAYO Pictures

Mengusung tema “Hidup Dari Karya,” para narasumber membahas bagaimana cara insan kreatif bisa hidup berkecukupan dengan merilis karya mereka. Mayumi Haryoto mengungkap bagaimana caranya sukses sebagai ilustrator freelance, dan Pandji membuka rahasia untuk merubah seseorang menjadi teman setia yang mau mendukung sebuah karya kreatif.

Sementara itu, Fahmi Hamka menuturkan cara bagaimana CIAYO Comics bisa membantu mensejahterakan para author komik. “(Kami) membantu para author CIAYO Comics untuk ikut berbisnis bareng CIAYO Comics. Tujuannya biar judul-judul komik dan authornya CIAYO Comics bisa ikut sukses,” jelas Fahmi. “Tujuan utama CIAYO Comics saat launching adalah mengakrabkan author dengan pembaca. Logo CIAYO Comics itu maknanya seperti tangan yang saling berkaitan dan membentuk balon (kata komik).”

Baca Juga: Ingin Jadi Author Official? Ini Cara Submisi Komik CIAYO Comics!

Diskusi bersama Karyakarsa dan CIAYO Comics. Sumber: Karyakarsa
Diskusi bersama Karyakarsa dan CIAYO Comics. Sumber: Karyakarsa

Fahmi menjelaskan, bagaimana cara CIAYO Comics menghubungkan komik dengan pembacanya dimulai dari proses submisi, yang kemudian dicocokkan dengan target/segmen pembacanya untuk membangun fans. “Dari komik itu, otomatis menjadi sebuah IP. Dan itu bisa jadi macam-macam,” tambah Fahmi. Saat ini, CIAYO Comics sudah merilis berbagai produk merchandise dari komik-komiknya, serta menerbitkan beberapa komik tersebut di platform luar negeri.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Hobbs&Shaw_Banner

Walaupun Tidak Seheboh Pendahulunya, Hobbs & Shaw Tetap Laris di Negara Ini

Film Fast & Furious Presents: Hobbs & Shaw yang dibintangi dua aktor laga Hollywood, Dwayne Johnson dan Jason .. more

Game-Game Besar Nintendo Switch Untuk Musim Liburan 2017

Nintendo sebagai salah satu dari tiga nama besar penguasa bisnis video game dunia tentu juga sudah bersiap-siap menyambu.. more

film 2019

Film 2019 Yang Harus Kamu Tunggu Kehadirannya

Tahun 2019 segera tiba. Banyak film blockbuster yang tengah disiapkan penayangannya. Apa saja film 2019 yang patut kamu .. more

00-d-vin-diesel-meme

Vin Diesel Hobi Mengoleksi Meme Dirinya Sendiri

Vin Diesel adalah sosok aktor tangguh namun inspiratif dan juga hangat. Selain itu, dia juga suka mengoleksi meme diriny.. more

Devilman Crybaby: Ketika Iblis Dilawan dengan Kekuatan Iblis

Memperingati 50 tahun karir Go Nagai, anime terbaru Devilman hadir di Netflix. Keras, sadis, dan penuh twist!.. more