Dukung Short Story Kesukaanmu!

1 year ago

CIAYO Blog Short Story Challenge hampir mencapai puncaknya nih bro sis! Dari 100 lebih submisi yang diterima, akhirnya sebanyak 70 lebih submisi lolos kurasi untuk disaring lagi jadi TOP 10. Kesepuluh cerita yang terpilih sudah diumukan di Instagram @CIAYOCOM loh.

Gimana? Punya bro sis ada yang kepilih gak? Penasaran cerita apa saja yang masuk? Ini dia sepuluh cerita terpilih yang bakal rebutan hadiah dikomikin dari CIAYO Comics Platform Komik Indonesia.

(CIAYO Blog)

(CIAYO Blog)

Sedikit spoiler buat bro sis yang belum baca. Kali ini CIAYO Blog Team akan memberikan sinopsis dari cerita yang terpilih. Berikut daftar sinopsis Top 10 Best Stories:

  1. Sibling Rivalry by Rakai Asaju: Semakin jauh dibaca, semakin kelihatan kalau cerpen ini menjanjikan. Banyak bumbu filosofi dikawinkan dengan action lincah. Kearifan lokal yang disajikan bersama kemajuan teknologi juga menarik untuk diikuti.
  2. Karangan Bunga by Chocoabitter: Dengan karakterisasi kuat dan sastra yang memukau, chocoabitter membiarkan kita menyelami dunia seorang mantan narapidana yang baru saja keluar penjara. Setiap pemilihan kata berhasil mencitrakan adegan per adegan yang terjadi dengan cakap.
  3. Penyelam Pikiran by Saya Grad: Karakter biasa, hidup biasa, tapi kemampuan tidak biasa. Walau ini resep yang biasa ditemukan di banyak cerita, tapi Saya Grad mampu membawakannya dengan natural dan tidak tergesa-gesa. Plot twist disampaikan secara tak terduga tapi tetap memuaskan.
  4. Afterlife by Jeremiah Pranajaya: “Apa yang akan terjadi setelah kita meninggal?” ‘Afterlife’, cerpen buah karya Jeremiah Pranajaya ini, menarik kita masuk ke dalam keseharian sepasang kekasih yang mencoba menyingkap rahasia alam baka melalui serangkaian eksperimen dan hasil uji.
  5. One Way Thread by Kuroi Sato: Bagaimana jadinya kalau kau bisa melihat jodoh orang, tapi tidak bisa melihat jodohmu sendiri? Dengan topik yang ringan tapi menarik, cerpen ini disusun dengan plot memuaskan. Tiap detil cerita dimanfaatkan dengan baik oleh sang penulis untuk membangun kisah yang koheren.
(CIAYO Blog)

(CIAYO Blog)

  1. Eversphere by Andry Chang: Dalam cerpen ‘Eversphere’, Andry Chang menuturkan kisah tentang teknologi dan segala kemajuannya dengan apik. Pemilihan diksi juga menarik dan menyegarkan, dengan deskripsi seperlunya tanpa harus bertele-tele.
  2. A Reluctant Hero by Juno Kaha: Lugas dan modern, Juno Kaha sukses menuntun pembacanya dengan diksi yang secara visual mudah dibayangkan. Meski ini hanya cerpen, sifat dan konflik internal karakternya mampu digambarkan secara nyata dan believable. Candaannya juga super oke, nih!
  3. Kepalsuan: Sebuah Antologi by Schadenfreude: Sebuah karya yang mengambil latar belakang elusif, yakni Inggris tahun 1800an. Walau begitu Schadenfreude tidak membiarkan latar belakang cerpen hanya didefinisikan dari angka tahun, karena banyak sekali detil-detil kecil yang mendukung suasana.
  4. Se’eng Pembawa Petaka by Jagatnata Adhipramana: Jagatnata Adhipramana membawa kita melintasi Jawa dengan diiringi adu jotos, intrik pernikahan, dan periuk nasi. Dengan diksi detil dan plot anti-mainstream, cerpen ini layak dibaca. Sampurasun!
  5. Tren by Lumi: Mana yang lebih baik: ikutan hype atau pelihara kebiasaan lama? Dalam cerpen yang berjudul ‘Tren’, dinamika dua sahabat diuji dengan serangkaian peristiwa yang mungkin berujung pada konklusi yang tidak disangka. Tulisan apik dengan plot twist yang cukup oke.

Kesepuluh cerita ini pastinya sudah lewat kurasi dari tim CIAYO Blog. Jadi sudah bisa dipastikan kualitasnya. Oh iya, seperti yang sudah pernah diumumkan, tiga Short Story dengan vote terbanyak akan divisualisasikan menjadi komik yang nantinya ditampilkan di CIAYO Comics. Tentunya ketiga short story itu akan dikurasi kembali oleh tim CIAYO Blog. Hadiahnya menarik loh, bro sis. Pemenang alias juara 1 akan mendapatkan 1 buah tab, sedangkan 2 cerita lainnya dan Top 5 cerpen favorit dengan jumlah love terbanyak akan mendapatkan voucher belanja. Ngiler kan tuh.

(CIAYO Blog)

(CIAYO Blog)

Buat bro sis yang belum kepilih, jangan sedih. Masih ada kesempatan lainnya. Tapi sebelum itu, ayo baca cerita yang masuk dan dukung cerita kesukaanmu dengan memberikan love. Karena satu dukungan dari bro sis, berarti banget buat mereka.

(wajibbaca.com)

(wajibbaca.com)

Nah, tunggu apalagi? Langsung aja ambil handphone kamu dan klik di sini. Terus beri dukungan untuk cerita favorit kalian ya. Siapa tau cerita yang sudah bro sis dukung, akan jadi salah satu koleksi di CIAYO Comics Situs Baca komik Online Gratis.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

https://www.facebook.com/inariipb/

Inari Matsuri, Event Jejepangan Anak IPB

Gak terasa Inari Matsuri (I-M@TS) semakin dekat! I-M@TS sendiri merupakan acara yang diadakan oleh IPB Nihon Arts and Cu.. more

Sumber: youtube.com

Re:Creators, Ketika Author Benar-benar menjadi Tuhan atas Segala Karyanya

Bagaimana kalau karakter dari cerita yang kamu buat muncul di dunia nyata? Re:Creator menggambarkan hal itu lewat cerita.. more

8 Anime Modern yang Layak Tayang di Stasuin TV Indonesia. Mana pilihanmu?

Sejarah penayangan anime di Indonesia sudah sangat lama berlangsung. Mulai dari Dragon Ball, Doraemon, Sailor Moon, Chib.. more

00-d-infinity-war

Di Jepang, Infinity War Kalah Ramai Dibanding Detektif Conan!

Avengers: Infinity War merajai berbagai tangga box office, kecuali di Jepang. Ternyata, film superhero ini kalah melawan.. more

Sumber: youtube

[Review Dragon Ball Super Episode 124] Pengorbanan Gohan, Satu Lagi Justice Trooper yang Tersingkir

Pada episode 124 Dragon Ball Super kali ini berfokus pada pertarungan Song Gohan X Frieza untuk mengalahan Dyspo... more