Indistopia: Komik Sindiran Untuk Netizen Indonesia

1 month ago
06 indistopia

Pernah membayangkan apa yang terjadi jika suatu hari dunia menjadi terbalik? Bayangkan jika setiap hari adalah hari kebalikan, atau tiba-tiba seisi dunia menjadi dunia Bizarro dari dunia DC Comics. Percaya nggak percaya, inilah yang dialami Giwi dalam komik Indistopia.

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Suatu ketika, Giwi bertemu dengan dukun yang konon bisa membuka portal ke dimensi lain. Karena Giwi meremehkan kemampuannya, sang dukung langsung saja menunjukkan kemampuannya dengan melempar Giwi ke dimensi lain. Begitu sadar, Giwi awalnya nggak melihat perbedaan dengan dunia yang awalnya ia tinggali. Namun, orang-orang di dunia itu bertingkah aneh dan terbalik dari biasanya!

indistopia

Sumber: CIAYO Comics

Giwi merasakan sendiri bagaimana para polisi justru menilang pejalan kaki yang mengganggu premotor di trotoar. Dia dilayani ketus oleh pelayan warteg yang malas menyiapkan makanan. Bahkan Giwi juga dikejar-kejar massa karena dia nggak memberikan uang yang banyak untuk pengamen! Giwi kini harus bertahan hidup dalam dimensi Indistopia: dimana Indonesia ditinggali oleh masyarakat yang tingkahnya sangat buruk!

Kalau kamu akrab dengan komik Kostum, kamu juga pasti bakal langsung akrab dengan Indistopia. Komik Kostum bikinan Haryadhi ini sejak awal memang dikenal dengan kontennya yang senantiasa menggelitik para pembaca, secara halus maupun frontal. Aktif berkarya di media sosial, kini Haryadhi melebarkan sayap Kostum ke platform komik lokal CIAYO Comics lewat Indistopia.

Baca Juga: 17 Komik Anak Bangsa yang Berhasil Mewarnai Media Sosial Milenial Indonesia

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Di dalam Indistopia, Haryadhi nggak memperhalus pesan-pesan yang disampaikan di sini. Sindiran-sindiran tajam dilontarkan lewat sosok masyarakat Indistopia yang merupakan representasi buruk dari sifat-sifat bermasyarakat. Bacalah dua tiga episode komik ini dan bayangkan. Siapa tahu kamu pernah melakukan hal-hal yang muncul di sana?

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Haryadhi nampaknya ingin memberi pesan kepada pembaca, bahwa kemajuan negara Indonesia tidak hanya bergantung kepada pemerintah, namun masyarakatnya juga. Keduanya harus saling bersinergi untuk mewujudkan kehidupan bernegara yang tentram. Namun jika salah satu atau keduanya tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka bukan tidak mungkin Indistopia yang hadir dalam komik ini menjadi kenyataan.

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Penasaran dengan kelanjutan kisah Giwi? Gimana cara dia kembali ke dimensi normal? Pernah ngerasain kejadian yang sama dengan Giwi, atau justru kamu punya pengalaman serupa dengan para penduduk Indistopia? Ikuti terus komik Indistopia, setiap hari Rabu pukul 19:00 WIB, di CIAYO Comics! Kamu juga bisa cek komik komedi dan slice of life lainnya di CIAYO Comics.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Jimmy Kudo, Kapten Majid: Saduran Animanga di Arab dan Eropa

Sebuah karya disadurkan biasanya untuk menyesuaikan karya tersebut dengan tempat dimana dia akan dinikmati. Tapi gimana .. more

Sekuel dari film klasik Robin Williams. Sumber gambar: wallpapermade.com

Jumanji: Welcome to the Jungle – Sekuel Jumanji Yang Tidak Diperlukan?

Apakah Jumanji: Welcome to the Jungle memang sebuah film yang bagus (atau malah lebih bagus dari versi original?) atau t.. more

8 Anime Modern yang Layak Tayang di Stasuin TV Indonesia. Mana pilihanmu?

Sejarah penayangan anime di Indonesia sudah sangat lama berlangsung. Mulai dari Dragon Ball, Doraemon, Sailor Moon, Chib.. more

Belum Hadir di TV, Respon Negatif Muncul Untuk Produce 48

Mnet baru saja mau mencoba proyek idol survival show terbaru di tahun 2018 nanti. Bernama “PRODUCE 48”, acara ini na.. more

Indonesia Punya Nasi Goreng, Jepang Punya Omurice

Sejarah Omurice dimulai di Jepang. Awalnya dikenal sebagai menu di restoran wilayah Ginza Tokyo Jepang yang meng-khususk.. more