Indistopia: Komik Sindiran Untuk Netizen Indonesia

3 months ago
06 indistopia

Pernah membayangkan apa yang terjadi jika suatu hari dunia menjadi terbalik? Bayangkan jika setiap hari adalah hari kebalikan, atau tiba-tiba seisi dunia menjadi dunia Bizarro dari dunia DC Comics. Percaya nggak percaya, inilah yang dialami Giwi dalam komik Indistopia.

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Suatu ketika, Giwi bertemu dengan dukun yang konon bisa membuka portal ke dimensi lain. Karena Giwi meremehkan kemampuannya, sang dukung langsung saja menunjukkan kemampuannya dengan melempar Giwi ke dimensi lain. Begitu sadar, Giwi awalnya nggak melihat perbedaan dengan dunia yang awalnya ia tinggali. Namun, orang-orang di dunia itu bertingkah aneh dan terbalik dari biasanya!

indistopia

Sumber: CIAYO Comics

Giwi merasakan sendiri bagaimana para polisi justru menilang pejalan kaki yang mengganggu premotor di trotoar. Dia dilayani ketus oleh pelayan warteg yang malas menyiapkan makanan. Bahkan Giwi juga dikejar-kejar massa karena dia nggak memberikan uang yang banyak untuk pengamen! Giwi kini harus bertahan hidup dalam dimensi Indistopia: dimana Indonesia ditinggali oleh masyarakat yang tingkahnya sangat buruk!

Kalau kamu akrab dengan komik Kostum, kamu juga pasti bakal langsung akrab dengan Indistopia. Komik Kostum bikinan Haryadhi ini sejak awal memang dikenal dengan kontennya yang senantiasa menggelitik para pembaca, secara halus maupun frontal. Aktif berkarya di media sosial, kini Haryadhi melebarkan sayap Kostum ke platform komik lokal CIAYO Comics lewat Indistopia.

Baca Juga: 17 Komik Anak Bangsa yang Berhasil Mewarnai Media Sosial Milenial Indonesia

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Di dalam Indistopia, Haryadhi nggak memperhalus pesan-pesan yang disampaikan di sini. Sindiran-sindiran tajam dilontarkan lewat sosok masyarakat Indistopia yang merupakan representasi buruk dari sifat-sifat bermasyarakat. Bacalah dua tiga episode komik ini dan bayangkan. Siapa tahu kamu pernah melakukan hal-hal yang muncul di sana?

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Haryadhi nampaknya ingin memberi pesan kepada pembaca, bahwa kemajuan negara Indonesia tidak hanya bergantung kepada pemerintah, namun masyarakatnya juga. Keduanya harus saling bersinergi untuk mewujudkan kehidupan bernegara yang tentram. Namun jika salah satu atau keduanya tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka bukan tidak mungkin Indistopia yang hadir dalam komik ini menjadi kenyataan.

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Penasaran dengan kelanjutan kisah Giwi? Gimana cara dia kembali ke dimensi normal? Pernah ngerasain kejadian yang sama dengan Giwi, atau justru kamu punya pengalaman serupa dengan para penduduk Indistopia? Ikuti terus komik Indistopia, setiap hari Rabu pukul 19:00 WIB, di CIAYO Comics! Kamu juga bisa cek komik komedi dan slice of life lainnya di CIAYO Comics.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Your Name/Kimi No Na Wa, anime populer asal Jepang. Sumber: japantimes.co.jp

Your Name/Kimi No Na Wa Akan Dibuatkan Live Action-nya Oleh Hollywood! Bad News or Good News?

Ada kabar baru bagi penggemar dari film anime populer Jepang yang berjudul “Your Name”. Film “Kimi no Na wa” ata.. more

The Other Side. Sumber: CIAYO Comics

Top 10 Komik Horror di CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 2

Berbeda dengan film horror, kayaknya nge-buat komik horror itu lebih susah deh. Bayangin aja, penulis harus membuat kita.. more

Kerja Magang Bukannya Disuruh Fotokopi Malah Disuruh Ngomik, Enak Banget!

Karena ada kok tempat kerja yang nerima anak magang dan ngajarin mereka cara kerja profesional. Wah, di mana tuh? Nih ki.. more

00-d-plot-point

Belajar Premis, Logline, dan Plot Point Lewat Film Populer

Membuat cerita novel atau komik butuh perencanaan. Kamu bisa belajar dari film populer untuk membuat premis, logline dan.. more

The Kasuaris – Episode 4: Cewe Ini Jatah Gw

Ya beginilah enaknya punya teman yang punya Lamborghini juga. Asoy geboy ngebut di jalanan ibukota... more