Ingin Jadi Author Official? Ini Dia Cara Submisi Komik CIAYO Comics!

5 months ago
00-d-submisi-komik-ciayo-comics

Hei, kamu! Ya, kamu! Apakah kamu seorang ilustrator, penulis, atau keduanya? Apa kamu bermimpi untuk menjadi komikus? Apa kamu sudah punya komik tapi nggak tahu cara menerbitkannya? Kalau jawabannya ya, maka nggak ada salahnya kamu mencoba untuk ngomik bersama CIAYO Comics!

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

CIAYO Comics adalah sebuah platform komik online dengan konten komik yang diciptakan oleh para author komik berbakat di seluruh Indonesia. Saat ini CIAYO Comics menerbitkan ratusan judul komik yang semuanya diciptakan oleh author asli Indonesia.

CIAYO Comics senantiasa mencari komik dengan ide-ide segar dan kualitas bersaing dari segala aspek. Kamu, sebagai author komik ataupun bagian dari tim komikus, berkesempatan penuh untuk bisa menjadi author official CIAYO Comics!

Baca Juga: Siap Menjajal CIAYO Comics Challenge Vol. 3? Total Hadiahnya 450+ Juta Rupiah!

Gimana sih cara submisi komik CIAYO Comics?

Tentukan jenis komik kamu

Sumber: CIAYO Comics

Arif & Imam Polsek Benhil. Sumber: CIAYO Comics

CIAYO Comics menerima dua jenis submisi komik: Comic Series dan Comic Strip. Comic Series adalah komik bersambung dengan cerita dan plot yang terstruktur. Sementara itu, Comic Strip seperti namanya merupakan komik strip dengan jumlah panel yang relatif sedikit serta cerita yang self-contained.

Karena kedua jenis komik memiliki karakteristik yang berbeda, tentunya persyaratan yang diminta tiap kategori pun jelas berbeda. Persyaratan pra-submisi akan dijelaskan di poin selanjutnya.

Siapkan persyaratan yang diminta

Setelah menentukan jenis komik kamu, sekarang kamu tinggal memenuhi persyaratan untuk proses pra-submisi dari kategori bersangkutan. Berikut ini adalah persyaratan pra-submisi dari setiap kategori.

Comic Series

(Sumber : CIAYO Comics)

Blue Serenade. Sumber : CIAYO Comics

  1. Menyiapkan logline dan plot point dalam sebuah power point.
  2. Menyiapkan contoh visual berupa character sheet, sekaligus menyediakan 10 panel adegan terbaik yang menggambarkan genre komik tersebut. Contoh: komik genre romance sebaiknya menyajikan adegan dimana mereka bermesraan atau ketika sedang break up.
  3. Menyiapkan CV dan portofolio.

Comic Strip

Sumber: CIAYO Comics

My Toy Geek Husband. Sumber: CIAYO Comics

  1. Menyiapkan premis dan logline dalam sebuah power point.
  2. Menyiapkan contoh visual berupa 3 episode. 1 episode terdiri dari 4-6 panel.
  3. Menyiapkan CV dan portofolio.

Kirimkan persyaratan pra-submisi!

Sumber : CIAYO Comics

Pakdhe & Geng Bhinneka. Sumber : CIAYO Comics

Pastikan semua persyaratan sudah kamu kumpulkan. Jika sudah lengkap, kamu bisa mengirimkan persyaratan pra-submisi ke email submisi resmi CIAYO Comics di submission@ciayo.com.

Gunakan subject email yang sesuai dengan kategori pra-submisi. Untuk Comic Series, gunakan subject “Proposal Submission: Comic Series Official” dan untuk Comic Strip menggunakan subject “Proposal Submission: Comic Strip Official”

Setiap email pra-submisi akan diperiksa oleh tim editor CIAYO Comics. Tim editor akan menilai pra-submisi dari keunikan premis cerita, kualitas visual, serta kuota genre komik yang tersedia. Jika memenuhi syarat dan memiliki kualitas oke, maka tim editor akan segera menghubungi kamu untuk kemungkinan serialisasi official ataupun melalui CIAYO Class.

Baca Juga: Ini Semua Hal Yang Harus Kamu Tahu Tentang CIAYO Class!

Sederhana, kan?

Premis, Logline, dan Plot Point

Sumber : CIAYO Comics

Spooky Sweetheart. Sumber : CIAYO Comics

Tapi tunggu dulu! Sebelumnya sempat disinggung istilah seperti premis, logline dan plot point. Apa sih arti dari istilah tersebut?

Premis adalah satu kalimat yang menggambarkan inti keseluruhan dari komik kamu. Sementara itu, logline adalah satu paragraf yang menggambarkan keseluruhan cerita dari komik kamu. Jadi intinya, premis dan logline menjelaskan seperti apa cerita komik kamu secara singkat; baik dari satu kalimat maupun satu paragraf.

Sumber: CIAYO Comics

Red Deimos. Sumber: CIAYO Comics

Mari kita ambil contoh dari season pertama komik Red Deimos. Kisanya dapat dijelaskan dengan satu kalimat singkat: “Seorang prajurit mendapatkan baju zirah berkekuatan super untuk mengalahkan buronan yang membunuh rekan seperjuangannya.” Ini disebut dengan premis.

Kemudian, premis tersebut bisa dikembangkan menjadi cerita yang lebih panjang lagi. “Nero merupakan prajurit yang jadi salah satu korban pembantaian oleh buronan bernama Velius Redfang. Ia diselamatkan oleh Justina yang memberikannya baju zirah berkekuatan super. Dengan kekuatannya, Nero memburu Velius, namun Velius mengungkap bahwa Justina menjadi pelaku dibalik semua penderitaan Nero. Nero pun berhasil menghadapi Justina, yang sayangnya mampu meloloskan diri.” Paragraf inilah yang disebut dengan logline.

submisi komik ciayo comics

Sumber: Damian Vargas

Lalu, apa itu plot point? Plot Point adalah poin-poin yang menjelaskan momen penting dalam komik kamu. Momen-momen ini menggerakkan cerita ke arah yang baru, yang nantinya akan selesai dalam ending yang kamu jelaskan dalam premis atau logline.

Untuk lebih jelasnya, coba kamu siapkan bagian intro dan ending dari komik kamu. Kemudian, jelaskan apa saja yang terjadi dalam cerita komik kamu dari bagian intro hingga berujung kepada ending yang ingin kamu raih. Hal-hal tersebut termasuk ke dalam plot point.

Secara sederhana, cerita dibagi ke dalam 5 segmen untuk menjelaskan momen-momen penting dalam plot point. Setiap segmen menjelaskan elemen penting dalam cerita, dan memiliki nuansa dan ketegangan yang berbeda-beda.

Untuk menjelaskan setiap segmen tersebut, mari kita kembali gunakan cerita dari Red Deimos sebagai contoh membangun plot point.

Inciting Incident (Intro)

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Dalam bagian ini, dikenalkan sosok protagonis dan antagonis di kehidupan awal mereka. Kemudian, konflik antara protagonis dan antagonis tercipta, sehingga membuat kehidupan mereka berubah.

Dalam Red Deimos, Nero dan kawan-kawannya adalah sekumpulan prajurit Redfang yang ditugaskan mencari buronan bernama Velius Redfang. Saat mencari di hutan, rupanya Velius Redfang menjebak seluruh prajurit dan membunuh semua orang kecuali Nero. Velius meninggalkan Nero yang pingsan di tengah mayat teman-temannya.

Di sini ditunjukkan bahwa awalnya Nero merupakan seorang prajurit yang hidupnya berubah drastis setelah teman-temannya dibunuh dan ia ditinggalkan sekarat oleh Velius. Di titik ini dikenalkan sosok protagonis (Nero), antagonis (Velius), dan bagaimana konflik tercipta dari pertemuan mereka (Velius membantai Nero dan temannya).

Lock In (Konflik)

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Dalam bagian ini, dijelaskanlah konflik yang harus dihadapi oleh protagonis untuk mewujudkan ending yang hendak dicapai. Di sini, jelaskan kehidupan protagonis dalam kehidupan barunya. Apakah ia menikmatinya? Apakah ia tersiksa dan harus berjuang? Bagaimana ia berusaha memenuhi tujuan yang ingin diraih?

Dalam Red Deimos, Nero diselamatkan oleh Justina dan dimanipulasi untuk membalaskan dendam pada Velius. Oleh Fukhoy-ri ia dipersenjatai dengan baju zirah spesial yang sangat mirip dengan milik Velius. Baju zirah tersebut meningkatkan kekuatan Nero berkali lipat, tapi juga sering menghasutnya untuk berbuat jahat.

Di sini ditunjukkan bahwa Nero sudah memiliki tujuan hidup baru (balas dendam kepada Velius). Untuk memenuhi tujuan tersebut, Nero mendapatkan baju zirah yang ternyata malah menghasutnya untuk berbuat jahat. Ini bisa menjadi salah satu konflik yang menghalangi Nero mencapai tujuannya. Fakta bahwa Nero diam-diam dihasut Justina pun menjadi salah satu sumber konflik tersendiri.

Midpoint/Reveal

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Dalam bagian ini, protagonis telah mencapai titik tengah dari perjalanannya. Namun, di sini protagonis justru mendapatkan pencerahan atau tamparan, bahwa ternyata ada faktor yang tidak ia duga dalam mencapai tujuannya. Entah apakah protagonis ternyata masuk ke dalam jebakan, dikhianati oleh temannya, atau kehilangan seorang teman dan kekasih. Protagonis kemudian dihadapkan oleh pilihan sulit yang akan mempengaruhi tujuan akhirnya.

Dalam Red Deimos, Nero berhasil bertarung kembali dengan Velius. Namun, Nero diberitahu bahwa Justina hanya memanipulasi mereka semua. Bahkan, Nero pun diserang oleh anak buah Justina.

Di titik ini, Nero kemudian dihadapkan pada sebuah dilema: ternyata Velius tidak sejahat yang ia duga, sementara Justina yang menyelamatkannya justru merupakan dalang di balik semua konflik dan penderitaan yang ia hadapi. Nero kemudian dihadapkan pada dua pilihan berbeda: melanjutkan misi balas dendamnya pada Velius, atau menghadapi Justina?

Main Culmination (Klimaks)

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Dalam bagian ini, cerita sudah memasuki momen klimaks atau penghabisan. Protagonis bertemu dengan antagonis terbesar dan terkuat yang belum pernah ia hadapi. Momen klimaks inilah yang menentukan apakah protagonis berhasil memenuhi tujuannya atau tidak.

Dalam Red Deimos, Nero menghadapi Justina untuk menanyakan kenyataan yang sebenarnya. Nero sangat marah karena Justina mengakui hal tersebut, tapi Justina berhasil berkelit dan melepaskan monster yang terdiri dari mayat teman-temannya.

Di sini, Nero sebagai protagonis mendapatkan jawaban dari konflik yang ia hadapi, yakni seluruh penderitaannya memang diakibatkan oleh Justina. Kemudian, Nero juga dipaksa menghadapi tantangan terbesarnya. Selain Justina, Nero juga harus melawan monster yang hidup dari mayat teman-temannya. Inilah ujian terberat yang harus dihadapi Nero, dan apapun hasilnya akan mempengaruhi nasib akhir dari Nero dan karakter lainnya.

Third Act Twist (Ending)

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Dalam bagian ini, protagonis dihadapkan dengan hasil akhir perjuangannya, alias ending apa yang ingin kamu berikan kepadanya. Apakah protagonis berhasil mengalahkan antagonis dan mewujudkan tujuannya? Atau justru ia gagal? Atau malah, ia mendapatkan hasil akhir yang tak terduga? Bagian ending harus menampilkan perubahan sifat yang dihadapi protagonis dan karakter lainnya agar ending memiliki makna.

Dalam Red Deimos, Nero mengalahkan monster yang diciptakan dari mayat teman-temannya, sementara Justina berhasil kabur untuk melakukan eksperimen lain. Nero dan Fukhoy-ri bekerja sama untuk merencanakan balas dendam Justina. Di tempat bekas bertarung dengan Nero, Velius yang tergeletak mendadak membuka mata.

Di sini, terlihat bahwa Nero kini menyadari siapa musuh yang seharusnya ia lawan. Meskipun apa yang ia raih berbeda dengan tujuan awalnya, setidaknya Nero menjadi semakin tangguh dan mantap untuk menghadapi tantangan baru. Fukhoy-ri yang awalnya bekerja sama dengan Justina pun kini berpaling hati dan kini membantu Nero. Nasib Vilius di akhir menjadi sebuah twist yang membuat cerita semakin menarik.


Semoga penjelasan submisi komik CIAYO Comics barusan sudah cukup jelas untuk kamu. Untuk memudahkan kamu menyiapkan semua persyaratan di atas, kamu bisa mendownload slide powerpoint berikut ini yang bisa kamu isi dengan premis, logline, plot point, character sheet, dan informasi lainnya. Kamu bisa mengirimkan slide ini di dalam email pra-submisi, bersama dengan CV dan portofolio kamu.

Download

Klik link untuk mendownload slide di atas

Jika kamu masih merasa bingung, jangan ragu untuk mengirimkan pertanyaan kamu ke email hello@ciayo.com. Kami tunggu submisi komik kamu di submission@ciayo.com!

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

universitas multimedia nusantara desktop

Asyiknya Menonton Animasi Pendek Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara

Universitas Multimedia Nusantara menayangkan 32 film pendek karya mahasiswa prodi film dan animasi. Semuanya menampilkan.. more

00-d-power-rangers

Serial Power Rangers Dibeli Oleh Hasbro

Sebelumnya Saban sudah pernah kehilangan lisensi Power Rangers yang diamnbil oleh Disney pada tahun 2000-an... more

CIAYO Comics One Shot Challenge Diperpanjang Guys!

CIAYO Comics One Shot Challenge diperpanjang, guys!!! Buruan bikin komiknya dan submit!.. more

(Sumber gambar: BGR)

Siapa Best Selling Games & Game Consoles di Jepang Tahun 2017 ?

Jepang memang terkenal dengan video gamesnya. Gak meherankan kalau penjualan video games di Jepang sangat tinggi. Teruta.. more

COPi Bandung Hadirkan Parade One Piece di Setiap Event Jejepangan

Bro sis yang demen sama cosplay, pernah denger COPi Bandung belum? CIAYO Blog sempet ketemu sama salah satu komunitas co.. more