Inilah Para Pemenang Lomba Komik Polisi Millennial Road Safety Festival

6 months ago
Lomba Komik Polisi Millennial Road Safety Festival

Pada tanggal 15 Januari hingga 15 Maret lalu, Kepolisian Republik Indonesia bersama dengan grup Author Indonesia dan CIAYO Comics mengadakan Lomba Komik Polisi Millennial Road Safety Festival. Lomba ini diadakan untuk menyambut acara bertajuk sama yang diadakan serentak di seluruh provinsi Indonesia.

Lomba Komik Polisi Millennial Road Safety Festival. Sumber: Festival Kreatif
Lomba Komik Polisi Millennial Road Safety Festival. Sumber: Festival Kreatif

Selama lomba komik ini berlangsung, tercatat lebih dari 100 peserta mengirimkan karya mereka melalui Instagram. Dari seluruh peserta, terpilih 25 besar, kemudian tersisihkan lagi menjadi 10 besar hingga terpilih satu pemenang utama. Tema yang diusung adalah “mewujudkan milenial cinta lalu lintas menuju Indonesia Gemilang.”

Nah, gimana para peserta meramu tema tersebut ke dalam sebuah komik strip yang kekinian namun tetap memiliki pesan bermakna? Biar makin jelas, yuk kita intip karya-karya para pemenang Lomba Komik Polisi Millennial Road Safety Festival berikut ini!

Para Pemenang Lomba Komik Polisi Millennial Road Safety Festival

Likes Terbanyak: Okky Andrian Lola – Cinta Lalu Lintas Demi Keselamatan Bersama

Sumber: Okky Andrian Lola
Sumber: Komik Polisi / Okky Andrian Lola

Komik ini menceritakan sepasang kekasih yang berboncengan motor tengah ditegur oleh seorang polwan cantik. Saat sang polwan bertanya apakah si cowok sudah tidak sayang lagi dengan pacarnya, dia malah berbalik menggoda sang polwan sehingga pacarnya marah. Padahal maksud polwan itu adalah karena pacar si cowok tidak dipakaikan helm.

Juara 4: Septia Indah Rosiana – Cukup, Oma!

Sumber: Septia Indah Rosiana
Sumber: Komik Polisi / Septia Indah Rosiana

Bagi penyuka film Indonesia tentu sangat mengenal karakter Rhoma Irama dan kekasihnya Ani. Dalam komik ini, keduanya kembali bersitegang. Rhoma kecewa karena Ani “meninggalkannya” di tengah jalan. Ternyata keduanya memang benar-benar berhenti di tengah jalan. Mereka pun ditilang polisi karena mengganggu lalu lintas serta tidak mengenakan helm. Juara 4 mendapatkan hadiah uang tunai 500 juta Rupiah.

Juara 3: Juni Kurniyanto – Milenial Keren

Sumber: Juni Kurniyanto
Sumber: Komik Polisi / Juni Kurniyanto

Komik ini menceritakan tentang dua teman yang tengah menikmati makan siang. Saat satu dari mereka membayangkan betapa kerennya pengendara motor gede di luar, temannya memberi tahukan hal-hal yang membuat seorang pengendara motor terlihat lebih keren. Kuncinya adalah dengan membawa kelengkapan saat berkendara serta mematuhi peraturan lalu lintas. Juara 3 mendapatkan hadiah uang tunai 1.5 juta Rupiah.

Juni Kurniyanto yang dikenal sebagai Elkurnia ini salah satu author komik Dilan 1990 loh! Jangan lupa cek karyanya di CIAYO Comics!

Juara 2: Achmad Arsad – Cinta Lalu Lintas Sejak Dini

Sumber: Achmad Arsad
Sumber: Komik Polisi / Achmad Arsad

Komik ini merupakan salah satu episode dari serial komik Naila Syala Lala. Dalam komik ini, Naila diantar oleh ayahnya ke TK, dimana di sana ia belajar tentang pentingnya menaati peraturan lalu lintas. Saat dijemput ayahnya, Naila menceritakan pengalamannya belajar bersama pak polisi. Masalahnya, ayah Naila datang dengan motor tapi tidak pakai helm, sehingga dipelototi pak polisi yang mengajari Naila barusan. Juara 2 mendapatkan hadiah uang tunai 3 juta rupiah.

Juara 1: Bikindong Creative – Ketika Ayah Mengantar Ke Sekolah

Sumber: Bikindong Creative
Sumber: Komik Polisi / Bikindong Creative

Juara 1 dari Lomba Komik Polisi Millennial Road Safety Festival jatuh kepada Bikindong Creative yang membuat komik tentang seorang ayah yang mengajari anaknya tentang berbagai adab berlalu lintas. Komik yang minim unsur komedi ini benar-benar menekankan pentingnya membiasakan diri untuk patuh dan taat pada peraturan, karena nanti akan menjadi sebuah kebiasaan yang dijalankan dari dalam hati. Juara 1 mendapatkan hadiah uang tunai 5 juta rupiah!


Pemenang 10 besar juga akan mendapatkan piagam dan merchandise resmi dari CIAYO Comics, Kepolisian RI, dan Indo Tactical Gear. Penasaran dengan komik-komik 10 besar lainnya? Nantikan di artikel selanjutnya, dan baca langsung komik-komiknya di CIAYO Comics!

Sumber: CIAYO Comics
Sumber: CIAYO Comics

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Extinction - review

Review Film Extinction – Mencoba Bertahan Dengan Misteri

Extinction, film bergenre thriller dan sci-fi buatan Netflix yang siap menghantui mimpi-mimpimu. .. more

00-d-ceo-ciayo-comics

Ini Dia Pemenang CEO CIAYO Comics Untuk Sehari!

Pemenang CEO CIAYO Comics untuk sehari beserta CTO-nya sudah ditemukan! Siapa saja mereka dan program apa saja yang mere.. more

Sumber: comicbook.com

Bukannya Jadi Superhero, 8 Alternatif Batman Ini Malah Jadi Penjahat Kejam!

Mungkin bro sis sudah tahu kalau Batman merupakan salah satu superhero ikonik dan legendaris yang ada di DC Universe. Ta.. more

animasi si nopal

Animasi Si Nopal Viral di Malaysia! Bahenol Banget!

Bahenol, Si Nopal bahenol! Animasi Si Nopal viral di Malaysia karena mempunyai musik yang adiktif dan lucu banget! Pokok.. more

trailer gundala

Trailer Gundala Tampilkan Asal Usul Sancaka Yang Keras

Trailer Gundala tayang untuk pertama kalinya, menampilkan masa lalu dari dua karakter sentral dan seteru abadi Sancaka d.. more