Intip Serunya Crazy Rich Authors Workshop di Kantor CIAYO Comics!

1 month ago
00-d-crazy-rich-report

Masih ingat dengan Crazy Rich Authors Workshop yang diadakan CIAYO Comics? Beberapa hari yang lalu, workshop tersebut berhasil diselenggarakan dengan lancar. Penasaran?

Sekedar mengingatkan, Crazy Rich Authors Workshop merupakan serangkaian acara workshop dimana para pesertanya bisa menggali ilmu yang bermanfaat dalam industri komik Indonesia. Workshop yang terdiri dari dua acara terpisah ini memberikan pesertanya hard skill dan soft skill yang dibutuhkan dalam menciptakan komik yang baik dan engaging.

Apa saja yang terjadi di sana? Terus baca halaman ini!

Baca Juga: Workshop Komik Ini Hanya Untuk Crazy Rich Authors!

Day 1-2: Crazy Rich Authors Workshop

Acara pertama dimulai pada hari Sabtu, 13 Oktober, di The Dragon Building Mangga Dua. Hari ini, para peserta fokus mendapatkan ilmu dan teori dari para pembimbing. Mereka mendapatkan materi tentang ilustrasi dan storytelling dari Borton Liew (CEO CIAYO Comics), Beny Maulana (Comics Head Division), Dike Akbar (Author Crush dan Love Has Fangs), Ditta Amelia Saraswati (Author Blue Serenade dan Love Has Fangs), Fahmi Hamka (Talent Manager) Herrad Syafrian (Editor in Chief), Antonia Indri (Author Vandaria Saga), dan Siti Ramadhini (Editor).

Comics Head Division Beny Maulana mengaku senang bisa membagikan ilmu-ilmu pembuatan komik, mulai dari teori hingga prakteknya. “Sebenarnya hal-hal yang disampaikan bisa ditemukan dimana-mana, namun bagaimana kita mengemasnya dan meringkas hal-hal itu menjadi hal yang bermanfaat untuk peserta menjadi tantangan tersendiri,” ungkapnya.

crazy rich authors workshop

Sumber: Borton Liew

Selama acara berlangsung, Beny mengapresiasi antusiasme dan feedback dari para peserta yang aktif mengajukan pertanyaan. “Mereka juga berbagi mengenai motivasi mereka kenapa ingin membuat komik karena kebanyakan mereka masih kuliah dan tidak semuanya berasal dari latar pendidikan seni, namun semuanya memiliki inspirasi dari komik-komik yang pernah mereka baca,” tambahnya.

Sementara itu di hari kedua tanggal 14 Oktober, para peserta diminta untuk mengerjakan tugas-tugas sesuai dengan aspek yang ingin mereka dalami. Entah itu dari sisi ilustrasi maupun penceritaan, para peserta dipisah ke dalam kelas berbeda dan mengerjakan tugas yang diberikan pembimbing. Di akhir acara, setiap karya akan dikupas secara intensif oleh tim editorial CIAYO Comics.

Meskipun para peserta cukup kesulitan mengatur waktu yang terbatas untuk mempersiapkan tugas tersebut, mereka mampu menyajikan karya yang menarik. “Ada beberapa yang menonjol baik dari sisi cerita, maupun dari sisi kemampuan mengubah cerita menjadi komik dengan komposisi dan pembagian adegan yang baik dan menarik,” ungkap Beny.

Day 3: Learning and Sharing with Borton Liew

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Jika di hari pertama dan kedua fokus pada hard skill dalam membuat komik, maka di hari ketiga tanggal 15 Oktober adalah giliran para peserta mempelajari soft skill dalam berkarya. Dipegang langsung oleh CEO Borton Liew, peserta mendapatkan insight yang sangat berharga dalam mengembangkan komik.

Tidak semua peserta dari dua hari sebelumnya bisa mengikuti segmen satu ini (karena bentrok dengan pekerjaan), namun Borton tetap memberikan berbagai macam insight kepada peserta, seperti memahami target pembaca, menangani situasi sulit, menyiapkan mindset positif, problem solving, dan masih banyak lagi. Borton juga mempersilahkan para peserta untuk saling bercerita dan bertanya

Diskusi berlangsung sangat intens dan penuh antusias. Para peserta saling melontarkan pertanyaan dan pengalaman mereka. Begitu pula dengan Borton yang juga membagikan pengalamannya berkecimpung dalam dunia bisnis dan pemasaran. Meski berlangsung dari pagi hingga petang, para peserta tak pernah kehilangan antusiasme untuk belajar dan bertanya. Para peserta mendapatkan ilmu yang sangat berharga lewat pengetahuan lintas disiplin yang sangat bermanfaat dan bisa diterapkan dalam dunia komik.

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Oh ya, di akhir setiap hari, para peserta berkesempatan untuk main ke ruangan kantor CIAYO Corp. Mereka bisa melihat meja kerja para author dan crew CIAYO Comics, CIAYO Games, serta CIAYO Blog. Para peserta juga boleh bertanya tentang aktivitas kantor dari pagi hingga petang.

Bermanfaat Bagi Para Peserta

Lalu, apa kata para peserta Crazy Rich Authors Workshop tentang acara ini? CIAYO Blog berkesempatan untuk bertanya kepada beberapa peserta tentang kesan-kesan mereka.

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Bagi Excel, ia mengikuti Crazy Rich Authors Workshop di hari Sabtu-Minggu untuk berkonsultasi langsung dengan editor CIAYO Comics tentang komik buatannya. Apakah Excel berhasil? “Terpenuhi, bahkan ada sesi khusus membahas cerita,” ungkap Excel.

Excel yang sehari-hari menggarap komik web Risa Comics ini juga membeberkan apa saja yang ia pelajari dalam workshop. “Teknik paneling, pembuatan draft, hingga cara engage Instagram,” terangnya. Excel berharap dari workshop ini ia bisa menyiapkan komiknya sematang mungkin hingga layak masuk submisi CIAYO Comics.

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Lain Excel, lain pula dengan Nao yang ikut sejak hari pertama hingga hari ketiga. Ia tidak menyangka menghabiskan waktu hingga 9 jam untuk belajar dan mengenal industri komik. “Ko Borton bener-bener blak-blakan soal dunia bisnis, kita yang posisinya author/artist beneran dapet gambaran insight yang sangat jelas, gak pake bunga-bunga atas nama passion doang. Semuanya praktek banget,” ungkap Nao.

Nao yang telah berkecimpung dalam dunia perkomikan indie sejak lama ini mengaku ingin mengukur bagaimana skill komiknya bisa diterima platform komik. Ia terkejut dengan berbagai ilmu yang diterima selama workshop. “Yang kita dapet malah lebih ilmu praktek dalam bisnis, problem solving yang pake logika, dan lain-lain.” Materi dari Borton yang disukai oleh Nao adalah tema Reason Over Passion, Customer is King, dan Networking.

Nao berharap dari workshop ini ia bisa semakin matang untuk menyiapkan materi komik yang mampu lolos kurasi official, serta lebih banyak lagi teman-teman komikus yang bisa mengikuti workshop seperti ini. “Soalnya dijamin lebih dari dugaan, walaupun buat yang udah punya pengalaman bertahun-tahun di industri sekalipun. Biar industri komik Indonesia makin melek sama kondisi lapangan yang sebenernya dan dari situ justru makin termotivasi buat berkarya,” ujarnya.

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures


Itu dia keseruan dari acara Crazy Rich Authors Workshop. Terima kasih kepada teman-teman yang sudah ikut meramaikan acara, dan semoga ilmunya bermanfaat!

Nggak sempat ikut workshop ini? Jangan keburu kecil hati, karena kamu juga berkesempatan untuk mengikuti workshop yang sama di kota kamu. Nantikan Workshop God Mode: Cheat Author Tajir Melintir bersama CEO CiAYO Comics, Borton Liew, di 35 kota se-Indonesia!

Sumber: CIAYO Corp.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Sumber gambar: youtube.com

PewDiePie Mencoba Memperbaiki Reputasi dengan Memanfaatkan Drama Logan Paul?

Setidaknya ada dua kejadian besar yang membuat PewDiePie menuai kecaman akibat aksi di channel YouTube dia... more

CIAYO Comics

Komikman, Komik Terabsurd 2017

Kalau ada penghargaan komik terabsurd, mungkin Komikman bisa jadi salah satu nominasinya atau malah pemenangnya. Gimana .. more

Sumber: shutterstock.com

Menyambut Halloween, Berikut Rekomendasi Buku Genre Thriller yang Harus Kamu Baca!

Cerita thriller dan mystery gak cuma bisa bikin kamu penasaran aja, tapi juga mutar otak. Seru banget untuk dibaca saat .. more

00 d kingdom hearts iii

Kingdom Hearts III Mendapatkan Tanggal Rilis dan Soundtrack!

Setelah terkatung-katung hampir belasan tahun, game ketiga dari kolaborasi Disney dan Square Enix; Kingdom Hearts III, m.. more

(Sumber: youtube.com)

Album Terakhir Jonghyun Dirilis, Banyak Pesan Tersirat di Dalamnya

Sebulan setelah kepergiaanya, Jonghyun masih dapat menghibur di dunia entertainment,  karena sebelum kepergian Jonghyun.. more