Nadira: Saat Akal Sehat Dikalahkan Oleh Cinta Dan Makhluk Gaib Dunia Lain

2 weeks ago
00-d-nadira

Full disclosure: saya tidak suka komik horror.

Tidak hanya komik atau manga tapi semua hiburan audio visual bertema horror, terutama soal makhluk astral alias makhluk halus yang tak bisa terlihat oleh mata, bukanlah genre favorit saya. Alasannya? Saya penakut hehehehe. Visual jelek menjijikkan dari yang  biasanya diberikan oleh genre horror membuat genre ini sama sekali tidak masuk kategori kesukaan alias favorit buat saya.

Nadira merupakan web comic buatan komikus Indonesia bernama Lhim. Jujur saja saya tidak / belum pernah sekalipun membaca web comic Nadira sebelumnya. Alasanya jelas: karena genre yang digunakan web comic ini tidak termasuk favorit saya sebagai pembaca. Jadi saat akan mulai membaca web comic Nadira (karena memang harus dibaca dong sebelum di-review?) tentu saja ekspektasi saya rendah.

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Dalam bayangan saya sebelumnya, saya akan menemukan komik horror dengan visual jijay, seram, dan hal-hal jelek yang bisa bikin terbawa mimpi. Seperti komik horror legendaris jaman dulu berjudul “Siksa Neraka”. Pernah baca? Itu komik seram banget visualnya!

Sumber: Tokopedia

Sumber: Tokopedia

Tapi yang saya alami saat membaca web comic Nadira tidak sesuai dengan ekspektasi saya sebelumnya.

Memang ada visualisasi makhluk halus / setan / demit yang terlihat lumayan bikin saya meringis. Seram sih… Tapi syukurlah (?) tidak se-seram yang saya bayangkan sebelumnya. Yang menarik justru desain-desain karakter manusia di web comic ini. Dan tentu juga plot cerita yang diusung.

Karakter-karakter web comic Nadira. Sumber: Instagram @lhimpape

Karakter-karakter web comic Nadira. Sumber: Instagram @lhimpape

Karena berpotensi bikin spoiler maka disini saya tidak akan secara detil menceritakan tentang plot yang mengiringi web comic buatan Lhim ini. Kamu harus membacanya sendiri melalui apps CIAYO Comics untuk smartphone ataupun lewat web browser PC.

Tapi bisa diceritakan kalau web comic Nadira bercerita tentang bagaimana seseorang yang terlalu melibatkan hal-hal dunia gaib ke dalam kehidupan. Sesuatu yang seharusnya tidak boleh terjadi. Maksud saya, kalau sepasang kekasih ingin agar hubungan mereka langgeng buat apa melakukan ritual dunia gaib dan melibatkan kehadiran makhluk yang tidak lagi berwujud manusia alias roh orang mati?

Ritual gaib penyebab kekacauan. Sumber: CIAYO Comics

Ritual gaib penyebab kekacauan. Sumber: CIAYO Comics

I mean, seriously? Really?

Sedikit banyak hal ini mengingatkan saya akan plot awal anime/manga “Hagane no Renkinjutsushi” alias Full Metal Alchemist. Tapi dengan sentuhan nuansa lokal nusantara. Dengan pendalaman tema di bagian klenik, ilmu hitam/sihir yang memang masih banyak di praktekkan di Indonesia hingga hari ini. Suatu anomali di kehidupan serba modern dan canggih seperti sekarang.

Ritual di anime Full Metal Alchemist. Sumber: Pinterest

Ritual di anime Full Metal Alchemist. Sumber: Pinterest

“Saat sepasang kekasih melakukan ritual untuk menguatkan ikatan cinta mereka dengan melibatkan kehadiran roh seseorang yang sudah meninggal dunia, situasinya menjadi kacau saat si cowok ketakutan di tengah proses ritual tersebut dan akhirnya mengalami kecelakaan. Si cewek kemudian melakukan ritual lain lagi yang melibatkan tumbal nyawa manusia agar si cowok kembali hidup”.

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Walau merasa aneh dengan usaha si cewek yang melakukan ritual memperkuat ikatan cinta dengan melibatkan roh (girl, you’re doing it wrong! *if you know what I mean*) tapi saya rasa memang masih ada tipe cewek maupun cowok model begini di luar sana. Yang tidak pede pada kemampuan diri sendiri sehingga melakukan hal-hal bodoh yang kelak disesali. Dan memperburuk situasi dengan tindakan yang lebih bodoh lagi jika dibandingkan dengan sebelumnya.

Menurut saya author web comic Nadira, Lhim, berhasil menciptakan sebuah komik horror romansa bernuansa anak sekolahan dengan elemen keseraman yang tidak mengganggu mereka-mereka yang secara general tidak suka akan genre horror (seperti saya!). Kisah yang dibangun juga bagus dan dalam beberapa kesempatan membuat gregetan pembaca. Desain karakter seperti Gina yang terlihat lugu tapi menyimpan rahasia sebesar itu atau Adrian yang berkarakter logis, tidak percaya hal-hal gaib namun berteman dengan orang yang berbanding terbalik seperti Gifran membuat segar situasi.

Desain makhluk-makhluk halusnya lumayan seram; tapi mungkin tidak seram sama sekali untuk mereka yang hardcore akan genre horror. Tergantung selera sih memang. Tapi mungkin saya tidak akan tahan membaca hingga chapter terkini kalau web comic Nadira ini kebanyakan berisi visual-visual seram yang bikin merinding.

Baca Juga: Journal of Terror – Komik Horror Sederhana Namun Bernuansa Mencekam

Setan! Sumber: CIAYO Comics

Setan! Sumber: CIAYO Comics

Halloween segera tiba ‘kan? Web comic Nadira cocok dibaca untuk hiburan bernuansa seram di malam Halloween. Dengan cerita dan visual yang oke akan mampu menghibur pembaca. Tidak heran jadinya kalau web comic ini termasuk favorit di kalangan pembaca CIAYO Comics. Author Lhim pasti kelimpungan mengerjakan chapter demi chapter-nya. Semangat ya thor!

Semangat ya, thor! Sumber: CIAYO Comics

Semangat ya, thor! Sumber: CIAYO Comics

Web comic Nadira tersedia secara gratis dan dapat dibaca melalui apps CIAYO Comics yang bisa di-download lewat PlayStore (Android), App Store (iOS) ataupun melalui web browser PC. Plus nantikan juga komik horror CIAYO Comics lain yang berdasarkan game buatan developer Indonesia: “Dreadout”. Tahu judul ini dong? Selain game dan film live action, Dreadout juga siap menghibur dengan format web comic. Hanya di CIAYO Comics!

Have a spooky fun time!

Banner Komik Horror

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber: m.korea.net

Maraknya Tren Film dan Drama Korea yang Diadaptasi dari Komik Webtoon

Setelah melihat banyaknya kesuksesan drama tv maupun film di Korea Selatan yang mengadaptasi cerita dari  komik digital.. more

Internet Café? Hotel? Keduanya benar. Sumber gambar: xperience.link

Warnet di Akihabara Jepang yang Lebih Mirip Hotel daripada Internet Café

Di wilayah Akihabara Jepang, ada internet café (alias warnet) yang bisa berfungsi sebagai hostel/hotel mini untuk turis.. more

Sumber gambar: droid-life.com

Mengenal Mario Kart: Game Balap Legendaris Nintendo yang Akan Muncul di Smartphone

Konfirmasi game terbaru Mario Kart untuk platform smartphone dilakukan Nintendo via akun Twitter resmi mereka. .. more

Astro Boy dan Osamu Tezuka (dailygeekshow.com)

Osamu Tezuka, “The Godfather Of Manga”

Sebagai pecinta komik sejati, Kamu perlu kenalan sama seorang sensei yang keren banget. Siapa dia? Tidak lain dan tidak .. more

00-d-Bad-Times-At-The-El-Royale

Bad Times At The El Royale Memaksa Penonton Untuk Terjaga

Meski dibintangi aktris dan aktor papan atas, Bad Times At The El Royale tidak bisa membuat penonton excited dengan alur.. more