Media Sosial Karakter CIAYO Comics Yang In Character Banget

3 months ago
akun medsos karakter ciayo comics

Author komik tidak hanya dituntut untuk membuat komik yang oke, tapi juga tahu cara memasarkannya kepada para pembaca. Di era internet saat ini, media sosial jadi salah satu cara oke untuk mempromosikan komik. Ada banyak cara untuk mempromosikan komik di media sosial. Misalnya membuat fanpage, mengadakan sesi Q&A bersama pembaca, hingga memposting konten tambahan yang bisa menambah minat pembaca.

Namun ada satu lagi hal unik yang bisa dilakukan author komik dalam mempromosikan komiknya: yaitu membuat akun media sosial untuk karakter komiknya. Secara singkat, author melakukan role play sebagai karakter komiknya dalam berinteraksi dengan pembaca. Aktivitas di media sosialnya bisa berupa posting kegiatan sehari-hari yang sejalan dengan setting komiknya. Ada berbagai keuntungan dalam mempromosikan komik dengan cara ini, salah satunya para pembaca bisa lebih mengenal karakter tersebut serta dunia di dalam komiknya.

Hal ini tidak terbatas dalam dunia komik saja, karena media lain bisa menggunakan strategi yang sama. Ambil contoh anime Carole & Tuesday di atas yang punya akun Instagram resmi yang dikendalikan langsung oleh karakter Carole dan Tuesday. Lewat akun itu, mereka memposting berbagai kejadian dalam animenya lewat sudut pandang mereka sendiri.

Di CIAYO Comics, ada banyak author yang menggunakan strategi serupa dalam mempromosikan komiknya. Penasaran seperti apa akun mereka? Langsung saja cek media sosial karakter CIAYO Comics berikut ini!

Biru (Blue Serenade)

Biru. Sumber: CIAYO Comics
Biru. Sumber: CIAYO Comics

Di akun Instagramnya, Biru tidak malu membagikan kegiatannya sehari-hari. Entah itu main bareng Denisa, ngobrol di kafe bareng Yovan, atau mencoba berbagai baju baru. Kadang-kadang Biru juga suka bikin Q&A session dengan para followernya.

Baca Juga: Menguak Kisah Biru di Blue Serenade Season 2

Erika (Commuting Hearts)

Erika dan Mas Handoko. Sumber: CIAYO Comics
Erika dan Mas Handoko. Sumber: CIAYO Comics

Erika si cewek SMA bucin senantiasa mengisi timeline medsosnya dengan momen mesra bareng Mas Handoko. Kadang-kadang Erika juga membagikan kegalauannya yang berjalan paralel dengan kisah komik Commuting Hearts.

Rika (Rika si Preman Sekolah)

Rika. Sumber: CIAYO Comics
Rika. Sumber: CIAYO Comics

Seperti di dunia nyata (baca: komiknya), Rika di media sosialnya sangat lepas dan ekspresif. Rika nggak malu buat ngomong kasar dan ngacablak di depan para follower dan juga teman-temannya. Sesekali Rika juga mempromosikan komik Pinkmosphere yang dibintangi sang adik, Edo.

(Jam segini kayaknya enak ngebakar petasan di depan rumah warga yang masih tidur)

Baca Juga: Pinkmosphere: Saat Adiknya Rika si Preman Sekolah Jatuh Cinta

Devi (Lovely Demon)

Devi. Sumber: CIAYO Comics
Devi. Sumber: CIAYO Comics

Penasaran nggak sih sama kehidupan setan? Ada bedanya nggak sama kehidupan manusia? Coba pantengin Twitternya Devi yang senang berbagi aktivitasnya mulai dari jajan milk tea sampai kejadian-kejadian lucu lainnya.

Baca Juga: Lovely Demon: Setan Lugu VS Malaikat Penggoda

Daniel (My Heart My Soul)

Daniel dan Milka. Sumber: CIAYO Comics
Daniel dan Milka. Sumber: CIAYO Comics

Siapa bilang “bapak-bapak” nggak bisa main medsos? Di akun Twitternya, Daniel membagikan beberapa keseharian dalam menjadi seorang guru hingga mengurus Milka. Mungkin salah satu post Daniel yang paling berkesan adalah saat dia berbagi pengalaman bercerita pada Milka sebelum dia tidur. Oh ya, kadang-kadang akun Twitter Daniel dibajak Milka juga loh!

Baca Juga: Saat Milka, Gula, dan Natt Membentuk Tim Magical Girls

Asto (Imaginarium)

Asto. Sumber: Imaginarium
Asto. Sumber: Imaginarium

Tadi sudah ada setan yang main Twitter. Sekarang gimana kalau binatang main medsos? Si domba… eh, kambing dari komik Imaginarium, Asto, juga punya akun Twitter. Bedanya, “teman”-nya Grey ini lebih senang shitposting daripada sharing kesehariannya!

Diajeng (Spooky Sweetheart)

Diajeng. Sumber: CIAYO Comics
Diajeng. Sumber: CIAYO Comics

Sekarang giliran kuntilanak yang main Twitter. Diajeng dari komik Spooky Sweetheart juga senang berbagi kesehariannya sebagai seorang hantu. Selain main Twitter, dia juga senang nonton Youtube dan bisa kesal kalau ada anak ingusan main PUBG di kuburan. Hiiii…

Baca Juga: Spooky Sweetheart: Jatuh Cinta Dengan Hantu Cantik?

Gula (Wonder Sweet)

Gula. Sumber: Gula Comic
Gula. Sumber: Gula Comic

Biarpun masih SD, tapi Gula sudah bisa main Twitter loh! Gula banyak membagikan hal-hal yang imut dan lucu seperti makanan manis dan anime. Kalau kamu punya serial anime favorit, boleh direkomendasikan ke Gula ya.

Sally (Wonder Sweet)

Sally. Sumber: Gula Comic
Sally. Sumber: Gula Comic

Sama seperti Gula, Sally juga sudah bisa main Twitter. Tapi bedanya, Sally lebih suka memamerkan kehidupannya yang kelewat mewah dan hipster untuk ukuran anak SD. Gula aja sampai nggak ngerti melihat Twitternya Sally.

Baca Juga: Tips Membuat Komik Sederhana Ala Komikus Wonder Sweet

A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, dan Rachman (Komikman)

D. Sumber: Komikman
D. Sumber: Komikman

Akun Twitter Komikman ternyata cukup unik karena jadi akun pribadi buat 26 adminnya yang berbeda-beda! Ada admin A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, dan Rachman. Loh, admin Z ada nggak sih?

Baca Juga: Komikman, Pengisi Waktu Luang Yang Sekarang Terkenal


Jika kamu memantau posting-posting mereka, kamu bisa melihat bahwa ternyata setiap karakter saling berinteraksi satu sama lain sehingga menghasilkan banyak sekali obrolan dan banter yang menarik dan juga lucu! Misalnya ada Rika yang mengundang Asto ke acara bakar sate kambing di tempatnya, atau Devi ngejahatin admin Komikman.

Interaksi seperti ini pastinya sangat menarik buat disimak, karena bakal lebih menghidupkan karakter komiknya. Konten-konten di luar cerita utama komik bisa membantu pembaca mengenal seperti apa karakter komiknya di luar plot utama.

Akun media sosial karakter CIAYO Comics mana yang menurut kamu paling rame? Apa kamu menemukan akun media sosial karakter CIAYO Comics lainnya? Beri tahu kami di kolom komentar ya!

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Menguak Asal Usul Komik

Kamu-kamu yang suka baca komik udah pada tahu belum asal-usul komik? Tim Blog CIAYO Comics bakal flashback ke masa awal .. more

20 Film Yang Bersaing Di Golden Globe Dengan Kategori Berbeda. Ada Favoritmu?

Tahun ini acara penghargaan untuk insan perfilman dunia yaitu Golden Globe Awards memasuki tahun ke 75. Akan banyak film.. more

00-d-bosan-menjadi-otaku

Bosan Menjadi Otaku? Ini 10 Tanda-tandanya!

Setiap orang pasti pernah merasa jenuh. Bagi para otaku, ada saatnya mereka bosan menjadi otaku. Ini adalah 10 tanda-tan.. more

Film Tim Superhero Wanita: Yakin Kita Sudah Siap Banget Untuk Menyambutnya?

Bagi kamu yang movie maniacs, pastinya sudah mengetahui salah satu rumor panas yang sukses membakar inergeekdom seluruh .. more

Sumber: www.youtube.com

Narratage: Satu Lagi Film Cinta Tak Berbalas

Narratage (baca: Narrataju), sebuah film romantis yang ceritanya diadopsi dari novel terlaris karya Ryo Shimamoto. Film .. more