Nana Tanpa Suara: Suka-duka Gadis Tuna Rungu di Pedesaan

3 months ago
00-d-nana-tanpa-suara

Seperti apa rasanya hidup di bawah stigma dan pandangan buruk orang lain? Bagaimana rasanya jika tidak ada orang yang memahami diri kamu? Inilah yang dirasakan oleh Nana, gadis tuna rungu yang tinggal di desa bersama ayahnya.

nana tanpa suara

Sumber: CIAYO Comics

Nana sudah menjadi tuna rungu sejak lahir, sehingga membuatnya sulit berkomunikasi dengan orang lain. Ditambah, Nana memiliki rambut gimbal alami yang dianggap orang membawa kesialan.

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Meskipun dipandang rendah oleh warga desa dan bahkan keluarganya sendiri, Nana masih menemukan kenyamanan dari sang ayah, serta Danang yang bekerja pada ayahnya. Saat ayah dan Danang pergi kerja, Nana menghabiskan waktu mengurus rumah serta membuat pahatan kayu.

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Kehidupan sehari-hari Nana ini menjadi premis utama dari komik Nana Tanpa Suara. Komik ciptaan Endar Novianto ini tak hanya menjual drama kehidupan gadis dengan disabilitas, namun juga merepresentasikan sosok Nana yang tuna rungu dengan sangat akurat.

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Nana berkomunikasi dengan bahasa isyarat, yang ditampilkan dengan sangat intuitif. Kamu bisa memahami bagaimana Nana menggunakan bahasa isyarat dengan adanya berbagai alat bantu. Gerakan tangan Nana ditampilkan dengan sangat jelas, dan dibantu dengan instruksi panah untuk menggambarkan gerakan tangan Nana. Mungkin sehabis membaca komik ini, kamu juga bisa belajar bahasa isyarat, lho?

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Tak hanya menampilkan kisah sehari-hari Nana, ternyata komik ini juga menyajikan sebuah kisah petualangan menarik! Meski tuna rungu, Nana ternyata punya kemampuan untuk berbicara dengan benda-benda!

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Di tengah-tengah kehidupan Nana dan kemampuannya berbicara dengan benda, ada satu sosok yang selalu terbayang di kepala Nana. Ia selalu memimpikan sesosok patung kijang bertubuh manusia, yang konon katanya dilihat pula oleh almarhum ibunya. Apa maksud dari sosok kijang itu?

Nantikan kelanjutan komik Nana Tanpa Suara, setiap hari Selasa pukul 19:00 WIB hanya di CIAYO Comics! Jangan lupa juga untuk subscribe biar kamu nggak ketinggalan update episode terbarunya! Kamu punya komik fantasy atau komik slice of life sendiri dan ingin kamu terbitkan? Ikuti CIAYO Comics Challenge Vol. 3 dengan total hadiah 450 juta Rupiah!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Gal Gadot Menyelamatkan Wonder Woman dari Patty Jenkins

Wonder Woman sudah sepantasnya dibuat sempurna. Saya akan menulis review film Wonder Woman garapan Patty Jenkins sesuai .. more

00 d infinity war

Review Avengers: Infinity War – Lubang Hitam Penuh Emosi

Avengers: Infinity War lebih dari sekedar film crossover superhero Marvel yang menegangkan dan menghibur; namun juga pen.. more

Rekomendasi Komik Romantis yang Extraordinary

5 komik romantis ini punya cerita yang sangat extraordinary dan berbeda dengan komik romantis yang biasanya. Penasaran?.. more

Duta Pi, Pemenang CIAYO Comics One Shot Challenge dengan ‘As Long As I Lived’

Setelah diumumkan sebagai pemenang One Shot Challenge Vol. 1, kini saatnya Duta Pi, author dari As Long As I Lived menda.. more