Pakdhe & Geng Bhinneka, Problematika Indonesia yang Dikemas dengan Santai

1 year ago
Sumber : CIAYO Comics

Permusuhan gak selalu jadi penyelesaian terbaik saat kita lagi terpecah belah. Justru, dengan adanya perbedaan dan masalah, kita harus banyak belajar dan lebih dekat. Contohnya kayak warga di Komik Pakdhe & Geng Bhinneka karya Iskandar, Gusti Lipiot, dan Yuda NF ini. Pas banget buat kamu yang mau menambah pengetahuan tentang Indonesia!

Psst, tau gak sih kalau karakter Pakdhe di komik Pakdhe & Geng Bhinneka ini terinspirasi dari Presiden RI ke-7, Bapak Joko Widodo? Selain Pak Jokowi, masih ada beberapa karakter lain dan pastinya nggak ketinggalan empat sekawan yang tergabung dalam Geng yang dinamakan Geng Bhinneka, nih.

Sumber : CIAYO Comics

Sumber : CIAYO Comics

Beberapa waktu terakhir, banyak sekali diadakan imunisasi DPT a.k.a Difteri, Pertusis, Tetanus ya. Komik Pakdhe dan Geng Bhineka juga gak mau kalah. Komik yang berisi tentang budaya Indonesia dengan kemasan yang sederhana namun agak menyentil ini juga ikut membahasnya, loh. Pas lah buat kita belajar.

Banyaknya kasus pengidap difteri ini membuat kamu harus melakukan imunisasi ulan. Takut jarum suntik? Eits, lebih baik sakit sebentar daripada menyakiti orang lain nih. Tuh, bisa jadi tameng, berasa jadi superhero ya!

Sumber : CIAYO Comics

Sumber : CIAYO Comics

Meski sudah melakukan imunisasi ulang bukan berarti kita selalu sehat. Di komik ini juga dijelaskan kalau makan makanan yang tidak bersih juga bisa membawa penyakit buat tubuh. Yuk, coba mulai sekarang kurangi buat jajan diluar ya!

Sumber : CIAYO Comics

Sumber : CIAYO Comics

Selain masalah penyakit difteri yang meresahkan masyarakat Indonesia, ternyata masalah penangkapan ikan dilaut Indonesia juga di baha di komik satu ini. Banyaknya kapal asing yang masuk ke wilayah laut Indonesia ternyata yang menjadi salah satu permasalahan nih. Tapi gimana ya cara untuk mengatasinya?

Sumber : CIAYO Comics

Sumber : CIAYO Comics

Nah, menurut Bu Susi, cara paling efektif adalah dengan menenggelamkan kapal-kapal asing tersebut. Huhu, tapi kasian ya kalau kapalnya ditenggelamkan, kamu setuju gak sama cara ini?

Sumber : CIAYO Comics

Sumber : CIAYO Comics

Meski terkesan kejam, ternyata dengan menenggelamkan kapal-kapal asing tersebut bisa memberikan dampak positif buat Indonesia dan pastinya efek jera. Efektif gak, ya?

Sumber : CIAYO Comics

Sumber : CIAYO Comics

Indonesia juga terkenal menyukai olahraga sepak bola. Hal ini dibuktikan dengan adanya banyak tim dari berbagai daerah. Kalau kamu penggemar sepak bola, pastinya merupakan kepuasan tersendiri untuk mendukung tim favoritmu dengan langsung datang ke stadion, ya.

Sumber : CIAYO Comics

Sumber : CIAYO Comics

Menjaga fasilitas umum merupakan kewajiban setiap warga negara nih, meski sedang asyik mendukung tim idola tetap harus memperhatikan sekitar lho. Baru juga diiperbaiki udah rusak aja stadionnya, kan kasihan sama petugas di sana.

Sumber : CIAYO Comics

Sumber : CIAYO Comics

Nah, jaman sekarang udah nggak susah kok buat ngecek sesuatu ditempat umum seperti ini, karena sudah ada CCTV. Ketauan deh tuh yang ngerusakin bangku di stadion.

Sumber : CIAYO Comics

Sumber : CIAYO Comics

Kamu penggemar makan bubur diaduk atau nggak diaduk nih? Apapun caranya sebenarnya emang nggak masalah ya, tapi ternyata bisa jadi kontroversi sama seperti kalau kamu menyebarkan berita hoax a.k.a belum terbukti kebenarannya. Nah, ada baiknya sebelum menyebarkan suatu berita, kamu cek kebenarannya terlebih dahulu deh.

Sumber : CIAYO Comics

Sumber : CIAYO Comics

Waduh, cuma gara-gara cara makan bubur aja sampai buat orang jadi berantem. Padahal permasalahan ini cukup sepele lho.

Sumber : CIAYO Comics

Sumber : CIAYO Comics

Jangan sampai permasalahan sepele tentang cara makan menjadi perpecahan nih. Tuh, perbedaan itu indah kok, justru perbedaan harus dijadikan sebagai pemersatu nih. Dibawa santai aja ya!

Pokoknya ada banyak pesan yang bisa kamu pelajari dari komik Pakdhe & Geng Bhinneka ya. Biar gak penasaran, langsung aja baca komiknya setiap hari Jumat hanya di CIAYO Comics. Jangan lupa juga subscribes, like dan tinggalkan comment, ya!

About Author

Evita Chandra

Evita Chandra

"If you can dream it, you can do it" - Walt Disney

Comments

Most
Popular

Sumber gambar: littleanimeblog.com

Fist of the North Star & Girls’ Last Tour: Dua Pendekatan Berbeda Untuk Kisah Dunia Post Apocalyptic

Dari begitu banyak judul, di tulisan ini saya akan fokus pada dua judul manga yang sama-sama bertema post apocalyptic na.. more

(Sumber: animefestival.jp)

Nominator Tokyo Anime Award Festival 2018. Ada yang dari Republik Czech!

Ada pula “Tokyo Anime Award Festival” yang sebentar lagi akan digelar di Ikebukuro, Tokyo Jepang. Acara ini sebenarn.. more

100 Tahun RA Kosasih, Pos Indonesia dan AKSI Rilis Prangko Jagoan Indonesia

Kemkominfo melalui Pos Indonesia bersama Asosiasi Komik Indonesia merilis prangko Jagoan Indonesia untuk memperingati 10.. more

Final Fantasy paling fenomenal dalam sejarah Final Fantasy. Sumber gambar: thenerdstash.com

Final Fantasy VII, Bukan Final Fantasy yang Terbaik Tapi Paling Fenomenal

Baru tiga hari di rilis di Jepang, FF VII sudah terjual melebihi 2,3 juta unit. .. more

Koe no Katachi (A Silent Voice): Kesempatan Kedua dan Persahabatan

Koe no Katachi (A Silent Voice) adalah anime terbaru yang masuk ke Indonesia pada awal Mei ini, tidak terlalu jauh dari .. more