PILKADEW : Pemilihan Kepala Dewa. Nah Lho?!

2 years ago

Bro sis udah pernah baca komik Pilkadew? Komik karya kolaborasi Danar, Dhana, dan Edwin ini bahas tentang politik nggak sih? Kalo di dunia politik selalu ada sikut-sikutan, ‘strategi perang’, dan manuver-manuver yang dilancarkan untuk memenangkan panggung pemilihan, kira-kira di komik Pilkadew ini gimana?

Ternyata Pilkadew adalah kependekan dari Pemilihan Kepala Dewa. Dewa? Serius Dewa? Iya, bener banget. Jadi hirarki para Dewa Yunani tuh nggak terjadi gitu aja. Mereka dipilih sama manusia di sebuah ajang demokrasi untuk milih sang Dewa tertinggi. Nama ajang itu adalah Pilkadew.

Kenalan dulu deh yuk, sama tokoh-tokoh yang ada di komik Pilkadew.

Athena, Dewi Keadilan

Athena (CIAYO Comics)

Athena (CIAYO Comics)

Ares, Dewa Perang

Ares (CIAYO Comics)

Ares (CIAYO Comics)

Aphrodite, Dewi Cinta

Aphrodite (CIAYO Comics)

Aphrodite (CIAYO Comics)

Zeus, Dewa Petir

Zeus (CIAYO Comics)

Zeus (CIAYO Comics)

Ardillez, Manusia Biasa

Ardillez (CIAYO Comics)

Ardillez (CIAYO Comics)

Nike, Pacar Ardillez

Nike (CIAYO Comics)

Nike (CIAYO Comics)

Poseidon, Dewa Laut

Poseidon (CIAYO Comics)

Poseidon (CIAYO Comics)

Hades, Dewa Dunia Bawah

Hades (CIAYO Comics)

Hades (CIAYO Comics)

Apollo, Dewa Matahari

Apollo (CIAYO Comics)

Apollo (CIAYO Comics)

Hermes, Dewa Pengantar Pesan

Hermes (CIAYO Comics)

Hermes (CIAYO Comics)

Dari deretan Dewa-Dewi yang udah dikenalin, ada lima orang yang jadi kandidat Dewa Yunani. Setelah berjalan beberapa kali pemilihan, periode Pilkadew kali ini tampaknya akan berbeda dari periode-periode sebelumnya. Karena kali ini, ada satu kandidat baru yang tidak pernah ikut serta dalam pemilihan.

Setiap Dewa atau Dewi yang jadi kandidat, tentu aja punya kekuatan masing-masing. Dan mereka dikenal oleh manusia. Mereka kerap turun ke dunia manusia untuk membantu manusia atau sekadar berkunjung. Dari mana sih sebenernya inspirasi komik ini? Ini kata Danar, comic writer Pilkadew: “Mitologi Yunani adalah mitologi yang paling gue suka. Para Dewa di situ punya karakter yang bisa dibilang ‘human-like’. Mereka punya emosi, bisa marah, bisa ditipu, dan karakter-karakter manusia pada umumnya gitu deh. Jadi gak terlalu out of reach buat digapai manusia.” Masih berkaitan sama pemilihan umum, ternyata Danar kepikiran cerita ini pas momen pilkada Jakarta.

Di Komik Pilkadew, Danar berkolaborasi sama Dhana sebagai comic artist. Sebelumnya, Dhana juga membuat Komik Trigger Junkie di CIAYO Comics. Dhana tertarik kolaborasi bikin komik sama Danar setelah baca komik one shot The Unfinished Jokes. “Abis Trigger Junkie kelar, dia (Danar) ngajak kolaborasi, dan konsep komik yang dia ajuin menarik banget buat gue. Ini salah satu komik ter fun dan terinovatif yang pernah gue kerjain. Kapan lagi bisa ikutan voting buat karakter favorit masing-masing dan nentuin secara langsung jalan cerita?” kata comic artist baby face ini.

Nah, daripada bro sis penasaran gimana cerita serunya, langsung aja baca Komik Pilkadew. Kalo suka komiknya, jangan lupa subscribe. Kasih comment juga ya buat ngasih masukan ke author.

About Author

Mega

Mega

The dream to become a journalist started in junior high school. Graduating from college, she started a career in TV industry as a broadcaster, reporter, and script-writer. She loves to sing in the shower, dancing with the rain, and let her imagination run wild while reading novel. You can contact her by email: megakardono@gmail.com | Instagram @mariamegayanti | Medium https://medium.com/@megakardono

Comments

Most
Popular

thumb-1

Kamu Penggemar Bleach? Siap-siap Untuk Film Bleach Live Action!

Aksi Ichigo Kurosaki sebagai seorang shinigami akan diwujudkan jadi kenyataan. Film Bleach live action akhirnya tampil l.. more

(Sumber: lostanime.com)

Tribute to Tour de France Event: Ini Dia Daftar Anime Bertemakan Sepeda

engsi kejuaraan Tour de France (TdF) sangat besar dan sangat sayang untuk dilewatkan. Nah, untuk merayakannya event To.. more

Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (Sumber: Variety)

Film Indonesia dari Sumba sampai Praha

Ada dua film di tahun 2017 yang mengangkat Sumba, yaitu "Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak" karya Mouly Surya dan "S.. more

00-d-the-last-kickers

The Last Kickers: Momen Menegangkan Timnas Sepak Bola Indonesia!

The Last Kickers menampilkan perjuangan berat Indonesia di ajang sepak bola AFF CUP 2020. Dengan catatan harus menang, W.. more

bedah film totoro

Ikuti Bedah Film Totoro di Gelar Jepang UI 25!

Gelar Jepang UI dan KAORI Nusantara akan mengadakan acara bedah film Totoro pada tanggal 2 Agustus 2019 di Auditorium Pu.. more