Saat Komik JENDI Tampil di Mata Najwa

7 months ago

Kiprah Jendi Pangabean, perenang difabel dalam ajang Asian Para Games 2018, patut diberikan apresiasi. Sepanjang pagelaran kompetisi olahraga multi event tersebut, Jendi berhasil mempersembahkan empat medali untuk Indonesia. Keempat medali itu adalah medali perunggu di nomor 100 meter gaya bebas S9, emas di nomor 100 meter gaya punggung S9, perak di nomor 100 meter gaya kupu-kupu S9, serta perunggu di nomor 4×100 meter medley relay 34 poin bersama perenang lain Guntur, Steven Sualang, dan Suriansyah.

Kamu bisa mengenal lebih jauh sosok Jendi lewat komik biografinya yang tayang di CIAYO Comics. Komik JENDI mengisahkan masa kecil seorang Jendi Pangabean hingga ia sukses di masa kini. Kenapa Jendi bisa kehilangan satu kakinya, dan bagaimana Jendi berjuang mengalahkan keterbatasannya, bisa kamu temukan di komik ini.

Baca Juga: Selami Perjuangan Perenang Difabel Lewat Komik JENDI!

Mata Najwa edisi 17 Oktober, mengangkat tema Para Inspirasi. Sumber: Mata Najwa

Mata Najwa edisi 17 Oktober, mengangkat tema Para Inspirasi. Sumber: Mata Najwa

Tahukah kamu, ternyata masih ada lagi hal menarik tentang komik JENDI? Hal itu terungkap di acara Mata Najwa di Trans 7 tanggal 17 Oktober lalu, yang mengangkat tema Para Inspirasi. Dalam acara tersebut, para atlit Asian Para Games diundang oleh sang host Najwa Shihab untuk berbagi pengalaman dan cerita inspiratif mereka. Salah satu dari mereka, adalah Jendi Pangabean.

Saat Najwa tengah berbicara tentang prestasi Jendi, ia sempat menyinggung judul komik JENDI. “Ini komik yang dibuat oleh teman-teman CIAYO,” ujar Najwa. “Ini komiknya bercerita soal kehidupan Jendi dan perjuangan yang dilakukan(nya).” Dalam kesempatan tersebut, cuplikan komik ini pun ditampilkan di layar kaca.

Fahmi Hamka terinspirasi anaknya dalam menggarap komik Jendi. Sumber: Mata Najwa

Fahmi Hamka terinspirasi anaknya dalam menggarap komik Jendi. Sumber: Mata Najwa

Fahmi Hamka, talent manager CIAYO Comics sekaligus penulis cerita komik JENDI turut hadir bersama audiens studio Mata Najwa. Fahmi yang duduk di sebelah dr. Teuku Adifitrian atau yang lebih dikenal sebagai penyanyi Tompi ini turut berbincang bersama Najwa terkait proses pembuatan komiknya.

Fahmi yang baru kali ini bertemu tatap muka langsung dengan Jendi Pangabean mengungkapkan latar belakang serta proses kreatif dari komik JENDI. “Saya sebelum mengontak mas Jendi itu baru tahu kalau anak saya ternyata disabilitas juga, anak saya tuli,” ungkap Fahmi saat ditanya tentang alasan membuat komik tersebut. “Saya pikir, ‘Nanti di masa depan anak saya harus jadi disabilitas yang menginspirasi.’”

Komik JENDI ditayangkan di TV nasional. Sumber: Mata Najwa

Komik JENDI ditayangkan di TV nasional. Sumber: Mata Najwa

“Caranya gimana? Karena anak saya masih satu tahun, jadi dari bapaknya dulu. Saya mau mengangkat teman-teman disabilitas ke dalam cerita komik yang menginspirasi orang-orang,” lanjut Fahmi kemudian menceritakan awal mula pengembangan komik JENDI. “Saya mengontak atlit-atlit Asian Para Games, yang pertama jawab mas Jendi. Akhirnya saya start dari mas Jendi dulu.”

Jendi juga memberikan insight soal proses kreatif penciptaan komik JENDI dari sudut pandangnya sendiri. “Dari tim CIAYO juga, sebelum (komiknya) tayang dilihatin dulu ke saya,” beber Jendi. “Jadi saya tahu jalur ceritanya. ‘Mas Jendi, ini sudah benar belum? Kalau ada yang salah mungkin bisa diperbaiki, kalau sudah oke, oke.’”

Jendi Pangabean terlibat dalam proses penulisan cerita. Sumber: Mata Najwa

Jendi Pangabean terlibat dalam proses penulisan cerita. Sumber: Mata Najwa

Menanggapi komik ini sendiri, Najwa Shihab mengapresiasi adanya media seperti komik JENDI yang mengangkat perjuangan atlit disabilitas, dan juga para difabel secara umumnya. Tentunya komik JENDI juga mengemban misi yang sama seperti Asian Para Games, seperti yang dituturkan oleh Jendi sebelumnya: kaum disabilitas mempunyai hak yang sama di masyarakat. “Masyarakat tidak boleh lagi membedakan kaum disabilitas. Kami sama, kami punya hak yang sama. Kami harus memiliki fasilitas yang sama dengan yang lainnya,” ungkap Jendi.

Hebat sekali ya, prestasi dan perjuangan Jendi? Jadi tunggu apa lagi, kalau kamu belum baca komik JENDI, cepat-cepat baca komik online-nya di CIAYO Comics! Komik JENDI tayang setiap hari Kamis, pukul 18:00 WIB. Jangan lupa untuk subscribe biar nggak ketinggalan update dan notifikasi episode barunya!

Banner Komik Drama

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Ketidak adilan. Para Dewa Di Sekitar Kita. Sumber gambar: thegeekiary.com

Injustice: Saat Superman Kehilangan Akal Sehat Dan Menjadi Diktator

Storyline Injustice menunjukkan jika seseorang punya kekuatan/kekuasaan absolut, dia akan cenderung mengarah menuju dikt.. more

Sumber: IndieWire

The Shape of Water Menang Best Picture, Apakah Pihak Academy Awards Memang Telah Memberikan Keputusan Yang Tepat?

Film drama fantasi arahan sutradara Guillermo Del Toro (Hellboy) ini, diumumkan sebagai pemenang Best Picture A.K.A Film.. more

Keluarga Cemara - Banner

Keluarga Cemara Remake, Keluarga Sederhana versi Masa Kini

“Harta yang paling berharga adalah keluarga“ Kamu kalah kalau baca sambil nyanyi sepenggal kalimat itu!!! Ci.. more

00-jasmine-surkatty

Chit Chat With Jasmine Surkatty, Author Komik Ga Jelas

Jasmine Surkatty, komikus Komik Ga Jelas, baru saja terpilih sebagai salah satu IP yang mewakili Indonesia di Hongkong. .. more

Resident Evil 6 (Sumber: Evil Resource)

Resident Evil 6 Adalah Seri RE yang Buruk? Tidak Juga Kok!

Dan menurut saya, game memanglah harus demikian. Alias, harus bisa membuat kita serius tapi tetap terasa fun di saat yan.. more