Sekarang Kamu Juga Berkesempatan Jadi Author Official CIAYO Comics!

3 months ago
(CIAYO Comics)

Tidak terasa, CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 2 sudah memasuki tahap penjurian. Juri dan pembaca sudah memilih 10 komik terbaik dari masing-masing genre. Masih ada kesempatan buat jadi author official CIAYO Comics nggak ya?

Dilihat dari kualitas, rupanya kita tidak kalah dari karya-karya komik luar negeri. Kreator-kreator Indonesia juga memiliki talenta yang membanggakan dan patut diperhitungkan, termasuk Kamu. Bagi rekan kreator yang belum sempat berpartisipasi jadi salah satu Challenger dalam CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 1 dan 2, sekarang kalian juga bisa menawarkan karya kepada pihak CIAYO Comics melalui email resmi CIAYO Comics, yaitu submission@ciayo.com.

Tentu saja, mengajukan karya Kamu tidak semudah melewati jalur Challenger. Ada beberapa tahap yang harus dipenuhi sebelum karya komik diloloskan menjadi komik resmi CIAYO Comics, yaitu:

Comic Series

Syarat pra-submission official comic series:

  • Menyiapkan Logline & Plot Point pada body email
  • Menyiapkan contoh visual berupa Character Sheet sekaligus menyediakan 10 panel adegan terbaik yang menggambarkan genre komik tersebut. Contohnya seperti di bawah ini:
Red Deimos (CIAYO Comics)

Red Deimos (CIAYO Comics)

  • Menyiapkan CV dan portofolio.
 Kirimkan ke submission@ciayo.com dengan subject “Proposal Submission: Comic Series Official”
  • Selanjutnya akan dilakukan penilaian oleh tim editor setiap submission komik yang masuk.

Comic Strip

Syarat pra-submission comic strip/yonkoma:

  • Menyiapkan Premis & Logline
  • Menyiapkan contoh visual berupa 3 episode. Satu episode terdiri dari 4-6 panel. Contohnya seperti di bawah ini:
Soekirman Recehan (CIAYO Comics)

Soekirman Recehan (CIAYO Comics)

  • Menyiapkan CV dan portofolio.
 Kirimkan ke submission@ciayo.com dengan subject “Proposal Submission: Comic Strip Official”
  • Selanjutnya, akan dilakukan penilaian oleh tim editor untuk setiap submission komik yang masuk.

1. Apabila seluruh syarat pra-submission sudah dipenuhi, akan dilakukan penilaian oleh editor sesuai SOP yang sudah diterapkan. Seluruh proposal akan dinilai oleh tim editor dengan pertimbangan keunikan premis cerita serta visual dan kuota genre yang tersedia.

2. Jika proses penilaian baik dan mendapat persetujuan, komik akan diangkat menjadi karya kontributor resmi di CIAYO Comics.

Berikut contoh lain proses pembuatan komik Red Deimos:

JUDULNYA

Logline

Satu kalimat yang menggambarkan keseluruhan dari cerita. Mendeskripsikan karakter tanpa menggunakan nama

INCITING INCIDENT

Diawali dengan pengenalan karakter dan penggambaran para protagonis di habitat alaminya. Diakhiri dengan sesuatu yang mengguncang protagonis. Ada sebuah pintu baru terbuka. Awal dari momen yang mengubah hidup.

LOCK IN

Protagonis masuk ke pintu tersebut dan pintunya tertutup. Tidak ada jalan kembali ke kehidupan awalnya. Tahap ini mengarahkan protagonis ke arah baru untuk mencapai objektifnya.

MIDPOINT

Protagonis mengalami cobaan/konflik pertama. Ini bisa high atau low point dalam hidup karakter, tapi bukan klimaks atau poin tertinggi. Membangun jalan menuju puncak utama.

MAIN CULMINATION

Puncaknya. Ibarat game, ini boss nya. Permasalahan utama yang harus dihadapi oleh protagonis sudah berat dan bener-bener serius.

THIRD ACT TWIST

Penyelesaian-penyelesaian masalah yang terbangun selama cerita. Tensinya turun menuju ke akhir cerita.

CONTOH: RED DEIMOS SEASON 1

RED DEIMOS

INCITING INCIDENT

Nero dan kawan-kawannya adalah sekumpulan prajurit Redfang yang ditugaskan mencari buronan bernama Velius Redfang. Saat mencari di hutan, rupanya Velius Redfang menjebak seluruh prajurit dan membunuh semua orang kecuali Nero. Ia mengharap hiburan lebih dari Nero dan meninggalkannya pingsan di tengah mayat teman-temannya yang bergelimpangan.
LOCK IN
Nero diselamatkan oleh Justina dan dimanipulasi agar membalaskan dendam pada Velius. Oleh Fukhoy-ri ia dipersenjatai dengan baju zirah spesial yang sangat mirip dengan milik Velius. Baju zirah tersebut meningkatkan kekuatan Nero berkali lipat, tapi juga sering menghasutnya untuk berbuat jahat. Nero berhasil mengabaikannya dan menggunakan kekuatan itu untuk menyelamatkan orang tak bersalah.
MIDPOINT
Setelah bertemu dan bertarung dengan Velius, Nero diberitahu bahwa Justina hanya memanipulasi mereka semua. Meski mendadak diserang oleh anak buah Justina, Nero berhasil kabur dan mencapai Justina untuk menanyakan kenyataan yang sebenarnya.
MAIN CULMINATION
Justina mengakuinya. Nero sangat marah, tapi Justina berhasil berkelit dan melepaskan sesosok monster untuk melawan Nero sebelum ia menyelinap kabur. Rupanya monster terdiri dari seluruh mayat teman-temannya dan kini menyerang Nero membabi buta. Nero harus mengalahkan mereka meski dengan kesusahan dan sangat terpaksa.
THIRD ACT TWIST
Sementara Nero mengalahkan monster yang diciptakan dari mayat teman-temannya, Justina berhasil kabur untuk melakukan eksperimen lain. Nero dan Fukhoy-ri regroup dan merencanakan balas dengan untuk Justina. Di tempat bekas bertarung dengan Nero, Velius yang tergeletak mendadak membuka mata.

Semua proposal komik akan dievaluasi dengan perhatian yang sama, tapi tentu saja kami tetap mengedepankan kualitas dan keunikan karya supaya CIAYO Comics tetap terjaga. Kalau rekan kreator yakin dengan ide komiknya, jangan ragu-ragu lagi, langsung aja ikutin langkah-langkah di atas untuk dapat kesempatan berkolaborasi dan jadi author official CIAYO Comics.

Buat bro sis yang masih punya unek-unek dan ada yang pengen ditanyain, bisa tanya-tanya lewat email ke hallo@ciayo.com. CIAYO!

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

sumber: CIAYO Pictures

Jonbray Komik: “Di CCC Bisa Sharing Bareng Komikus”

CIAYO Comics Club telah selesai diselenggarakan. Banyak sekali komikus yang datang meramaikan perhelatan ulang tahun CIA.. more

Chammyland - CIAYO Comics

Kangen Nggak Sama Coco, Chips, dan Crocket?

Hi Guys! Masih inget nggak sama Coco, Chips, dan Crocket? Yuk, kita inget-inget lagi karakter Coco, Chips, dan Crocket i.. more

Komikus Samurai X Ditahan Atas Tuduhan Pornografi Anak

Siapa sih yang gak kenal sama anime Samurai X. Kabar buruk datang dari sang author, Nobuhiro Watsuki... more

Surface Book 2 dari Microsoft. Sumber gambar: which.co.uk

Microsoft vs Apple: Usaha Microsoft Mengalahkan Dominasi MacBook Pro Apple Di Kelas Premium Notebook

Di tahun-tahun awal berdirinya Apple Computer, Microsoft belum seperti sekarang. Bahkan boleh dibilang kalau dulu Bill G.. more