Soekirman Recehan : Komik Seorang Tukang Parkir yang Super Gaul

4 months ago
(from : instagram @komiksoekirman)

Belakangan ini fenomena komik strip semakin populer dan mudah diterima di hati masyarakat, khususnya di kalangan anak muda. Dari sisi tema, biasanya para author selalu mengangkat cerita sehari-hari yang tak lepas dari lelucon-lelucon kekinian yang dijamin bikin kalian tertawa terbahak-bahak.

(from : instagram @komiksoekirman)

(from : instagram @komiksoekirman)

(from : instagram @komiksoekirman)

(from : instagram @komiksoekirman)

Nah, kalau kalian aktif di media sosial, pasti kalian tahu banget sama salah satu komik strip paling lucu ini, yaitu Soekirman. Komik ini diprakarsai oleh sebuah studio kreatif lokal bernama Red Sugar Studio. Dibuat oleh tangan dingin dua putra lokal Semarang yakni Yogadanu dan Zainul Moza. Pada komik ini, Yogadanu berperan sebagai story teller dan Zainul Moza sebagai illustrator.

(from : instagram @komiksoekirman)

(from : instagram @komiksoekirman)

Peran utama dari komik lucu ini adalah sosok Soekirman, di mana ia digambarkan sebagai seorang pemuda asli Semarang yang coba mengadu nasib di ibukota dengan menjadi seorang tukang parkir. Isi cerita komik Soekirman pun super kocak dan banyak jokes-jokes kekinian yang tidak lepas diangkat dari kisah sehari-hari di sekitar kita. Mulai dari persahabatan, cinta-cintaan, dan juga cerita ajaibnya tukang parkir yang tiba tiba hilang lalu tiba-tiba datang tanpa diundang. Hahaha

(from : instagram @komiksoekirman)

(from : instagram @komiksoekirman)

Ide awal tercetusnya komik Soekirman yakni pada saat Yoga dan Zainul merasa terusik dengan keberadaan tukang parkir yang cuma ada di Indonesia. Di negara lain, sudah pasti kita gak bakal nemuin tukang parkir. Pikiran out of the box mereka inilah yang kemudian diwujudkan dalam bentuk intellectual property (IP) berupa Soekirman yaitu seorang pemuda yang berprofesi sebagai tukang parkir.

Tujuan pembuatan Soekirman awalnya hanya sekedar untuk mengikuti sebuah kontes sticker pada tahun 2015. Dengan terhimpit banyak deadline yang lain, akhirnya Yogadanu dan Zainul Moza menciptakan 16 pose sticker Soekirman hanya dalam kurun waktu 2 hari. Tak disangka, ternyata sticker Soekirman mendapatkan Juara ke-3 pada kontes tersebut. Namun setelah mendapatkan juara di event itu selama lebih dari 6 bulan, karya mereka tidak menghasilkan apa-apa.

(from : imgrum.org)

(from : imgrum.org)

Setelah itu, Yoga dan Zainul tersadar bahwa ide sosok Soekirman ini bukan hanya sekedar gambar mati/ sticker saja tetapi justru merupakan sebuah karya intellectual property (IP) yang memiliki potensi untuk dikembangkan lebih jauh lagi. Dan sebagai batu loncatan, akhirnya Yoga dan Zainul membawa Soekirman ke ranah yang lebih luas yakni dengan menerjunkan Soekirman berbentuk komik strip, baik di web comic maupun di akun media sosial lainnya seperti Facebook dan Instagram. Bahkan saat ini sudah ada komik cetak Soekirman juga lho.

(from : imgrum.org)

(from : imgrum.org)

(from : imgrum.org)

(from : imgrum.org)

(from : imgrum.org)

(from : imgrum.org)

Selain itu, mereka berdua juga merambah ke dunia merchandising dengan menjual berbagai souvenir bergambar Soekirman seperti baju, topi, sticker, dan sebagainya.

Lalu sebagai tujuan jangka panjangnya, kedua kreator ini memiliki harapan bahwa semoga nantinya Soekirman dapat tumbuh menjadi intellectual property (IP) yang mature, yaitu sebuah IP yang nantinya tidak hanya diciptakan oleh kreator aslinya saja. Tetapi Soekirman nantinya bisa terus tumbuh dan eksis di tangan para kreator baru lainnya, meskipun sang kreator asli telah tiada. Harapan lainnya agar Soekirman juga dapat diangkat menjadi film kartun yang tentunya dengan isi tontonan yang berkualitas untuk anak muda Indonesia.

(from : instagram @komiksoekirman)

(from : instagram @komiksoekirman)

Nah, bagi kalian yang masih penasaran sama cerita Soekirman Recehan, bisa langsung baca komiknya di CIAYO Comics Situs baca komik online gratis. Dijamin deh bakalan ketawa ngakak!

About Author

Patricia Trisnawati

Patricia Trisnawati

Wanita berdarah Jawa ini sejak di bangku kuliah sudah aktif di dunia broadcasting. Baik menjadi penyiar radio di kampus, dan menjadi reporter radio lokal di Jogja. Pernah pula bekerja aktif sebagai reporter, penulis naskah, dan voice over artist di salah satu media televisi swasta ternama. Motto hidupnya adalah "Kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil yang didapat."

Comments

Most
Popular

SM

Jonghyun SHINee Meninggal: Sebuah Pesan Untuk Fandom K-Pop

Malam hari, 18 Desember, menjadi berita yang menggemparkan seisi komunitas K-Pop dan juga dunia musik Korea. Jonghyun, s.. more

Dike - Rian - Melisa (Sumber: ciayo.com)

Ngobrol Sama Artist di Balik Taring Niel dan Rumah Keti

Tim Blog CIAYO Comics berkesempatan ngobrol-ngobrol sama comic artist, juga colorist & background artist Love Has Fangs.. more

Yayoi Kusama. (Sumber: highsnobiety)

Yayoi Kusama: Polkadot Queen Asal Jepang yang Mendunia

Kalau kamu dengar nama Yayoi Kusama, pasti teringat dengan polkadot. Yap, seniman asal Jepang ini termasuk sebagai salah.. more

Sumber: japantimes

Inilah Hal Yang Wajib Dipatuhi Oleh Orang Jepang dan Korea Saat Bekerja

Di Jepang, orang yang bekerja di kantor, biasanya punya budaya untuk makan malam bersama. Wajar memang. Tapi dalam makan.. more

Banner Indonesia Comic Con 2017. Sumber gambar: coroflot.com

Popcon Asia 2017 vs Indonesia Comic Con 2017: Siapa yang Lebih Menarik?

Sama-sama merupakan event pop culture dunia, dengan ragam perpaduan antara East Pop Culture dengan West Pop Culture, mak.. more