Wajib Dicatat Challenger! Tanggal-tanggal Penting CIAYO Comics Challenge Vol. 3

5 months ago
00-d-mechanism

Hari demi hari, CIAYO Comics Challenge Vol. 3 semakin mendekat. Para challenger yang terdiri dari komikus berbakat Indonesia sudah mulai mempersiapkan diri demi memperebutkan hadiah yang nilainya lebih dari 450 juta Rupiah. Nah, apa kamu, sebagai challenger di CIAYO Comics Challenge ini, sudah siap jasmani dan rohani untuk menghadapi challenge di depan mata? Materi komiknya juga gimana, sudah siap?

Baca Juga: Siap Menjajal CIAYO Comics Challenge Vol. 3? Total Hadiahnya 450+ Juta Rupiah!

Setelah membahas peraturan utama serta berbagai contoh cerita bertema Rediscover, sekarang kamu juga harus tahu alur timeline dari CIAYO Comics Challenge Vol. 3 itu sendiri. Nggak lucu kan kalau kamu terlalu asyik bikin komiknya, tapi gagal ikut challenge karena ternyata tanggal submisinya sudah tutup?

Dengan mengetahui tanggal penting CIAYO Comics Challenge Vol. 3, harapannya kamu dan tim ngomik kamu (kalau ada) bisa mulai mempersiapkan diri sematang mungkin. Semakin matang persiapan, semakin keren komik kamu dan makin besar pula kesempatan untuk mendapatkan hadiah utamanya!

Jadi, tanggal mana saja yang harus kamu perhatikan? Cepat ambil kalendermu, boleh kalender betulan atau kalender di ponsel, dan catat tanggal penting CIAYO Comics Challenge Vol. 3 berikut ini.

Tanggal Penting CIAYO Comics Challenge Vol. 3

8 April: Penerimaan Submisi

tanggal penting CIAYO Comics Challenge Vol. 3 submisi

CIAYO Comics Challenge Vol. 3 akan resmi dibuka pada tanggal 8 April 2018. Di tanggal ini, kamu sudah bisa mengupload komik kamu ke website CIAYO Comics. Kamu mau mengerjakan komikmu sebelum submisi challenge dibuka tanggal 8 April? Boleh, kok. Jadi nanti begitu dibuka, kamu bisa langsung upload.

Sebelum mengupload komik kamu, pastikan kamu sudah memahami peraturan utama CIAYO Comics Challenge Vol. 3, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Siap Ikut CIAYO Comics Challenge Vol. 3? Baca Dulu Aturan Mainnya!

Submisi komik yang masuk kemudian akan dikurasi oleh tim editor CIAYO Comics. Submisi yang lolos akan ditayangkan di website dan aplikasi CIAYO Comics. Lalu bagaimana kalau komiknya nggak lolos kurasi? Kamu masih bisa melakukan revisi selama hasilnya diupload sebelum periode submisi ditutup. Jangan lupa berdoa sebelum mengupload submisi komik agar dilancarkan segala sesuatunya!

8 Mei: Penayangan Submisi

tanggal penting CIAYO Comics Challenge Vol. 3 penayangan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, submisi komik yang lolos kurasi tim editor CIAYO Comics akan ditayangkan di website dan aplikasi CIAYO Comics. Di tanggal 8 Mei ini submisi komik challenger sudah bisa dibaca oleh teman-teman pembaca seluruh Indonesia!

Apakah perjalanan challenger selesai sampai di sini saja? Nggak dong. Bagi challenger yang membuat komik Miniseries, harus mengupload chapter baru lagi sampai terkumpul minimal 3 chapter. Selain itu, para challenger juga harus mengumpulkan likes sebanyak-banyaknya dari pembaca.

Dengan mengumpulkan likes, challenger bisa mendapat berbagai keuntungan. Dengan mengumpulkan 8000 likes (Miniseries) dan 4000 likes (One-Shot), challenger berhak mendapatkan voucher belanja sebanyak 200 ribu rupiah tanpa diundi! Selain itu juga akan dipilih 3 juara favorit dari masing-masing kategori. Para juara favorit akan mendapatkan beragam hadiah, mulai dari laptop, konsol game, hingga sepeda motor!

8 November: Submisi Ditutup dan Penjurian Dimulai

tanggal penting CIAYO Comics Challenge Vol. 3 penutupan

Para challenger bebas mengupload submisi komik dan revisi selama periode submisi dibuka. Namun ingat, segala permulaan harus ada akhir. Periode submisi komik untuk CIAYO Comics Challenge Vol. 3 akan ditutup pada tanggal 8 November 2018. Ada 6 bulan periode submisi yang bisa kamu gunakan untuk membuat, mengupload, dan merevisi submisi komik kamu.

Di atas tanggal 8 November, CIAYO Comics nggak akan menerima submisi komik baru lagi. Hal ini harus diperhatikan, terutama bagi challenger yang membuat komik Miniseries. Kasihan kan, kalau pembaca digantung karena komik Miniseries kamu nggak ada lanjutannya gara-gara submisinya sudah ditutup?

Bersamaan dengan penutupan masa submisi, proses penjurian submisi akan dimulai. Tim editor CIAYO Comics bakal bekerja sama dengan jajaran dewan juri untuk menilai submisi komik yang lolos kurasi. Tim juri ini terdiri dari komikus-komikus kenamaan Indonesia yang karyanya sudah terkenal seantero negeri. Siapa saja mereka? Profil mereka akan dibahas di waktu yang akan datang.

Kriteria atau bobot penjurian terdiri dari 80% nilai juri, dan sisa 20% adalah jumlah likes yang berhasil terakumulasi. Meski boobot keduanya berbeda, nilai juri dan akumulasi likes sangat penting dan saling mempengaruhi keputusan akhir. Jadi, maksimalkan submisi kamu sebelum tanggal submisi ditutup!

8 Desember: Pengumuman Pemenang

tanggal penting CIAYO Comics Challenge Vol. 3 pengumuman

Nah, ini dia tanggal yang paling ditunggu-tunggu challenger! Setelah lebih dari 6 bulan, akhirnya pemenang CIAYO Comics Challenge Volume 3 diumumkan pada tanggal 8 Desember 2018! Para pemenang dapat menikmati berbagai hadiah seperti uang tunai, drawing tablet, hingga laptop!

Baca Juga: Ini Dia Hadiah CIAYO Comics Challenge Vol. 3 Untuk Para Pemenang!


Barusan adalah tanggal penting  CIAYO Comics Challenge Vol. 3 yang harus challenger ketahui. Gunakan informasi ini untuk mempersiapkan komik kamu dengan matang. Jika kamu gagal mempersiapkan diri, artinya kamu tengah mempersiapkan diri untuk gagal. Jadi, manfaatkan waktu yang ada untuk memoles komik kamu menjadi yang terbaik!

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

(CIAYO Comics)

Bercanda Bareng Somad dan Teman-Teman di Komik Lieur

Pernah denger tentang Komik Lieur nggak? Dulu pas jaman kecil, pada punya cita-cita jadi apa bro sis? .. more

Game of Thrones (Sumber: giantbomb.com)

Banyak Pelajaran Yang Bisa Dipetik Dari Game of Thrones

Game of Thrones gak hanya seru untuk ditonton seriesnya, tapi ada pelajaran yang bisa diambil dari drama ini. Salah satu.. more

Sumber: Okezone

JKT48: Seniman, Antara Karya dan Seniman itu Sendiri

“Kalau udah jadi orang terkenal, hidup lo bukan milik lo lagi. Hidup lo milik semua orang.” Begitu kata salah satu t.. more

Koe no Katachi (A Silent Voice): Kesempatan Kedua dan Persahabatan

Koe no Katachi (A Silent Voice) adalah anime terbaru yang masuk ke Indonesia pada awal Mei ini, tidak terlalu jauh dari .. more

Pennywise. Sumber: mirror.co.uk

Film IT: Pennywise, Wujud Mimpi Buruk Tiap Anak

Sudah pernah baca novel fiksi karya Stephen King berjudul ‘It’ belum? Nah, Film It sudah dirilis di berbagai negara .. more