Vandaria Mini Series Challenge: Kompetisi Komik Vandaria Saga X CIAYO Comics!

8 months ago
00-d-vandaria-mini-series-challenge

Pepatah mengatakan, ada banyak jalan menuju Roma. Begitu pula dengan menjadi seorang author komik. CIAYO Comics membuka banyak jalan buat kamu menjadi seorang komikus profesional. Kamu tentu sudah akrab dengan kompetisi CIAYO Comics Challenge Vol. 3. Kali ini, CIAYO Comics punya satu lagi kompetisi komik yang bisa kamu ikuti, yaitu Vandaria Mini Series Challenge!

Baca Juga: Siap Menjajal CIAYO Comics Challenge Vol. 3? Total Hadiahnya 450+ Juta Rupiah!

Semua Yang Harus Kamu Tahu Tentang Vandaria Mini Series Challenge

Apa Itu Vandaria Mini Series Challenge?

Vandaria Mini Series Challenge red deimos

Sumber: CIAYO Comics

Vandaria Mini Series Challenge adalah kompetisi komik mini series yang terbuka untuk tim penulis dan komikus. Kompetisi komik ini menggandeng Vandaria Saga, serial fantasi asli Indonesia yang telah melakukan ekspansi ke media novel, komik, video game, hingga trading card.

Kalau kamu penasaran seperti apa dunia Vandaria Saga, kamu bisa membaca komik Vandaria Saga: Red Deimos di CIAYO Comics! Klik di sini untuk membaca chapter pertamanya.

Baca Juga: Siap-siap, Komik Terbaru Vandaria Saga “Red Deimos” Akan Diluncurkan

Lalu, kenapa kompetisi ini bertema Vandaria Saga? “Vandaria sudah memiliki lore dan world building yang lengkap, sehingga kesempatan kamu para author genre fantasy untuk lolos menjadi official atau cadet CIAYO Comics menjadi semakin lebih besar,” ungkap Borton Liew, CEO dari CIAYO Comics.

Seperti Apa Hadiahnya?

Vandaria Mini Series Challenge ending

Sumber: CIAYO Comics

Seperti yang sudah disinggung di atas, Vandaria Mini Series Challenge merupakan salah satu wadah buat kamu untuk menjadi komikus official atau cadet di CIAYO Comics. Nah, apa keuntungannya menjadi komikus di CIAYO Comics?

Dengan menjadi komikus di CIAYO Comics, kamu bakalan dibayar untuk setiap komik yang terbit di CIAYO Comics. Bahkan jika kamu dikontrak sebagai komikus cadet, kamu masih tetap bakal dibayar!

Baca Juga: Ini Semua Hal Yang Harus Kamu Tahu Tentang CIAYO Class!

Jika kamu dikontrak sebagai cadet, kamu nggak hanya dibayar untuk ngomik, tapi kamu juga akan dibimbing di CIAYO Class. Tim editor CIAYO Comics bakal memandu kamu dalam proses pembuatan komik untuk semakin memantapkan kemampuan ngomik kamu!

Masih ada lagi, loh. Jika komik mini series kamu yang lolos mendapatkan respon hangat dan digemari pembaca CIAYO Comics, maka kamu bisa menjadikan komik kamu sebuah long series hingga 12 episode panjangnya!

Gimana Caranya Ikutan?

Vandaria Mini Series Challenge melindungi

Sumber: CIAYO Comics

Nah, kamu sudah mengenal Vandaria Saga, dan kamu juga sudah tahu seperti apa hadiahnya. Sekarang, gimana caranya ikutan Vandaria Mini Series Challenge? Untuk bisa berpartisipasi, kamu hanya perlu memenuhi persyaratan dan aturan main berikut ini.

  1. Persyaratan utama dari challenge ini adalah author harus terdiri dari minimal 1 orang penulis dan 1 orang komikus.
  2. Semua karya HARUS MELALUI JALUR SUBMISI yaitu diemail ke submission@ciayo.com.
  3. Apa saja yang harus disubmit?
    • Premis
    • Sinopsis
    • Plot
    • Character sheet minimal 4 yang terdiri dari 2 protagonis dan 2 antagonis
    • 3 (tiga) episode final artwork komik dalam format webtoon yang sudah diwarnai dan sudah dilettering.
    • 1 (satu) episode memiliki lebar 700 px dan panjang ke bawah minimal 30.000 px (40-50 panel). Panjang komik ke bawah harus kelipatan 1000 px.
  4. Jika lolos kurasi, maka tim bizdev CIAYO Comics akan menghubungi author untuk negosiasi kontrak menjadi official atau cadet sebelum ditayangkan di CIAYO Comics.
  5. Semua karya mini series yang lolos kurasi akan dikontrak menjadi official atau cadet di CIAYO Comics dan dibayar mulai dari episode 1.
  6. Mini series yang lolos ini juga dapat memperoleh kesempatan untuk dilanjutkan menjadi long series (hingga 12 episode) apabila ceritanya mendukung dan banyak digemari oleh pembaca CIAYO Comics.
  7. Author bebas menentukan judul komik dengan mencantumkan logo Vandaria Saga.
  8. IP judul komik ini adalah sepenuhnya 100% milik author.
  9. CIAYO Comics menyediakan WA Group AUTHOR VANDARIA, sebagai wadah komunikasi antara author dengan loremaster Diharapkan para author dapat mendiskusikan konsep cerita/komiknya kepada loremaster agar cerita komik tersebut selaras dengan shared universe Vandaria.
  10. Karena ide besarnya adalah SANDBOX, maka akan menjadi poin plus apabila para author bisa saling berkolaborasi untuk mengaitkan komiknya dengan komik yang lain (bertukar karakter, budaya, setting lokasi, dsb).
  11. Challenge ini bersifat umum dan bisa diikuti pula oleh seluruh staff CIAYO Corp, Official dan Cadet Contributors.
  12. Style komik yang diharapkan adalah Manga Cell Shading. Sebagai referensi baca komik “Red Deimos” di CIAYO Comics.
  13. Karya yang tidak lolos kurasi editorial CIAYO Comics boleh ditayangkan di platform komik lain.
  14. Jika ada hal-hal yang kurang jelas ingin ditanyakan mengenai aturan main dan world building Vandaria bisa join ke grup WA Author Vandaria di https://chat.whatsapp.com/ESeDYSBtWAP0C0ZjnSQc6Q

Baca Juga: Ingin Jadi Author Official? Ini Dia Cara Submisi Komik CIAYO Comics!

Kenapa Harus Minimal Dua Orang?

Vandaria Mini Series Challenge tim

Sumber: CIAYO Comics

Setelah membaca aturan di atas, mungkin kamu penasaran dengan poin pertama di sana. “Kenapa minimalnya harus ada satu penulis dan satu ilustrator? Kenapa nggak bisa sendirian?”

Hal ini ditujukan untuk mengakomodir masing-masing pihak. Sering kali penulis kesulitan mencari ilustrator untuk mewujudkan ceritanya menjadi komik. Pun ilustrator pun kesulitan mencari sosok yang bisa membuat cerita bagus untuk komiknya.

Selain itu, membentuk tim ilustrator dan penulis dalam membuat komik juga dapat melatih kerja sama. Kekompakan merupakan faktor penting bagi sebuah tim komikus dalam mewujudkan komiknya.

Nah, tunggu apa lagi? Segera kumpulin tim ngomik kamu, ciptakan komik Vandaria yang terunik, dan buktikan kalau kalian bisa jadi komikus pro!

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

(Sumber: jurnalotaku)

Eiichiro Oda: Mangaka dengan Dedikasi yang Extraordinary

Bekerja sesuai passion tentu merupakan hal yang sangat menyenangkan bukan? Namun bukan berarti segalanya mulus-mulus saj.. more

00-d-valthirian-arc-story

Perjalanan Agate di Kancah Industri Game Melalui Valthirian Arc

Prestasi Agate membawa game Valthirian Arc patut diacungi jempol. Seperti apa suka duka dalam pengembangan game RPG ters.. more

00-d-whatsapp-discontinue

WhatsApp Tak Bisa Lagi Digunakan Di Ponsel Tua

WhatsApp baru saja mengumumkan bahwa aplikasi ini akan berhenti beroperasi di beberapa smartphone, seperti iPhone dan An.. more

Pitch Perfect 3. Sumber gambar: pixelcrumb.com

Pitch Perfect 3 Diserbu Ungkapan Kekecewaan Oleh Para Kritikus Film. Kenapa Ya?

Review film Pitch Perfect 3 kebanyakan merupakan ungkapan kekecewaan dan ketidakpuasan akan film tersebut... more

sumber: CIAYO Pictures

Jonbray Komik: “Di CCC Bisa Sharing Bareng Komikus”

CIAYO Comics Club telah selesai diselenggarakan. Banyak sekali komikus yang datang meramaikan perhelatan ulang tahun CIA.. more