Wonder Boven Wonder: Serasa Kembali ke Jaman Dulu!

2 years ago

Tuan, Nona, apakah Anda tidak penasaran, kira-kira apa aja yang terjadi 100 tahun yang lalu di Indonesia?

Kalau jaman sekarang kehidupan kita diisi oleh baper, galau, terjebak macet, stress kerjaan, dll. Kira-kira kehidupan 100 tahun yang lalu diisi oleh apa ya? Secara ada perbedaan budaya dan perbedaan teknologi yang sangat timpang.

Dengan segala perbedaan budaya, teknologi, peraturan, keadaan, dan hal-hal menarik lain yang tidak mungkin terjadi hari ini, Wonder Boven Wonder akan mengajak Tuan dan Nona membaca cerita-cerita pendek menarik tentang apa yang mungkin terjadi di Hindia Belanda 100 tahun yang lalu. (Wah serasa kembali ke jaman dulu ya!)

Pelabuhan Tanjung Priuk dan Hotel pada masa kolonial. Wah! realistis banget ya! (CIAYO Comics)

 

1. Siaran di Jam 5

Apa jadinya bila seorang kuli jatuh cinta pada gadis Belanda yang juga merupakan seorang penyiar radio. Dan ia sangat ingin sekali mendengar suara nyanyian gadis yang disukainya itu.

Siaran di Jam 5 (CIAYO Comics)

 

Sayangnya, kuli pelabuhan itu tidak tahu di mana ia harus bisa mendengarkan radio, karena waktu itu radio adalah barang mewah. Apakah ia harus pergi ke restoran yang ada radionya? Apakah ia harus bekerja keras untuk bisa membeli radio? Atau.. ia harus mencuri dari toko elektronik?!

Wah beneran dicuri? Eh, itu radio apa kulkas kok gede banget?! (CIAYO Comics)

 

Tidak sampai di situ, kuli itu juga tidak tahu bagaimana mengoperasikan radio! Nah! Terus gimana? Apakah ia menyerah? Berhasilkah ia mendengarkan suara gadis Belanda yang disukainya itu?

2. Badai Tarakan

Di judul lain ada “Badai Tarakan” yang menceritakan seorang dokter yang melayani dan membangun klinik secara sukarela di pulau Tarakan. Meskipun berniat baik, dokter itu mengalami banyak penolakan dari masyarakat dan orang-orang Belanda sendiri yang menganggap tindakan dokter ini gila, tidak realistis.

Sang dokter “gila” (CIAYO Comics)

 

Salah satunya, seorang anak kecil ikut-ikutan meledek dan melempari klinik itu. Sampai akhirnya anak kecil itu mengetahui apa yang membuat dokter itu bekerja sebagai dokter sukarela. Permasalahan selesai? Belum.

Kenapa mau diusir ya? (CIAYO Comics)

 

Diceritakan juga kedatangan Tentara Kekaisaran Jepang yang menyerang Hindia Belanda, dan pulau Tarakan itu menjadi benteng pertamanya. Orang-orang mulai menjadi korban peperangan, salah satunya adalah.. (Bikin penasaran kan? hihihi)

Badai Tarakan (CIAYO Comics)

3. Kerbau Sakti

Sejauh ini, hanya 2 seri yang sudah tamat. Tapi bakalan ada seri ketiga dari Wonder Boven Wonder loh, yang berjudul Kerbau Sakti. Chapter pertamanya sih baru akan dirilis tanggal 9 Mei nanti. Dari judulnya aja uda bikin penasaran, kira-kira kejutan apa lagi ya yang akan ada di seri ketiga ini? Ah.. jadi ga sabar tanggal 9 Mei.

Siaran di Jam 5, Badai Tarakan, Kerbau Sakti (CIAYO Comics)

Gak heran jika saat membaca komik ini kamu berasa seperti dibawa lagi ke masa lalu. Alur cerita dan art-nya yang sangat orisinil membuat para pembacanya seperti naik mesin waktu. Penasaran? Kira-kira uda siap belum dibawa oleh komik ini kembali ke masa lalu. Kalo uda siap, langsung aja baca disini.

Psst, Mau tau arti dari Wonder Boven Wonder? Dibaca aja yuk, nanti juga tau.. hihi

About Author

Steffi CIAYO

Steffi CIAYO

“All life is an experiment. The more experiments you make the better.” —Ralph Waldo Emerson

Comments

Most
Popular

00-d-komik-jendi

Selami Perjuangan Perenang Difabel Lewat Komik JENDI!

Komik JENDI mengangkat kisah Jendi Pangabean, atlit renang paralimpik yang meraih 5 medali dalam ASEAN Paragames 2017 di.. more

Mengungkap Hal Tabu dalam Anime Cardcaptor Sakura

Cardcaptor Sakura bakal ditayangkan lagi tahun depan loh! Bro sis udah dengar beritanya belum?.. more

Kantor pusat Intel Corporation. Sumber gambar: theinquirer.net

Babak Terbaru Perang Abadi Intel Dan AMD – Core i7 7820X vs Ryzen 7 1700

Intel dan AMD adalah nama dua pemain utama computer processor/microprocessor di dunia ini. Sudah sejak dulu mereka terli.. more

00-d-ponimu-simulcast

Ponimu Siapkan Simulcast Anime Musim Gugur di Indonesia

Ini adalah langkah awal untuk simulcast anime di Indonesia! Tonton anime di Ponimu berbarengan dengan fans di Jepang... more

00-d-persona

Fakta Unik Perjalanan Game Persona, Dulu dan Sekarang

Persona 5 sudah berusia 10 tahun. Mari kita kilas balik bagaimana seri Persona bisa tercipta untuk pertama kalinya... more